MODUL
KEGIATAN SISWA
PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII
SEMESTER 1
KTSP 2006
Standar Isi Muatan Lokal
MGMP
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs
KOTA
TASIKMALAYA
2012
MODUL
SMP/MTs
PLH
VII.1.1.1
S.d
PLH
VII.1.1.6
MATA
PELAJARAN : PLH
KELAS
: VII (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)
KEGIATAN
SISWA
PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/MTs
PLH.VII.1.1.1
s.d
PLH.VII.1.1.6
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
KEGIATAN SISWA
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Puji serta syukur penulis panjatkan ke hadlirat Allah
SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul PLH
Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini
memuat 6 (enam) modul untuk mata pelajaran PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1
(satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 12
x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di
luar kelas.
Modul tersebut mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
Pelestarian dan
Pemanfaatan SDA
|
|||
1
|
PLH VII.1.1.1
|
2 X 40 menit
|
Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam
|
2
|
PLH VII.1.1.2
|
2 X 40 menit
|
Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
|
3
|
PLH VII.1.1.3
|
2 X 40 menit
|
Saling Ketergantungan Antara Mahluk Hidup dan Lingkungan
|
4
|
PLH VII.1.1.4
|
2 X 40 menit
|
Manfaat Sumber Daya Alam
|
5
|
PLH VII.1.1.5
|
2 X 40 menit
|
Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam
|
6
|
PLH VII.1.1.6
|
2 X 40 menit
|
Pelestarian Sumber Daya Alam
|
Selamat belajar, ikuti petunjuk berikut !
ii
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
|
ii
|
|
Daftar isi
|
iii
|
|
Petunjuk Bagi Siswa
|
iv
|
|
PLH VII.1.1.1
|
1
|
|
PLH VII.1.1.2
|
7
|
|
PLH VII.1.1.3
|
13
|
|
PLH VII.1.1.4
|
18
|
|
PLH VII.1.1.5
|
24
|
|
PLH VII.1.1.6
|
29
|
iii
PETUNJUK
BAGI SISWA
1
|
Belajar
dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu
dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
|
|
2
|
Belajar
dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau
di luar Kelas
|
|
3
|
Langkah
langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai
berikut :
|
|
a
|
Usahakan
kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau
pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi
esensial/materi pokok/materi utama.
|
|
b
|
Baca
dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan
materi pokoknya dan uraian materinya.
|
|
c
|
Bila
dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan
teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu
tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.
|
|
d
|
Setelah
kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang
tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku
tulis kamu.
|
|
e
|
Periksalah
hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada
jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua
kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak
mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.
|
|
f
|
Bila
dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai
mempelajari modul berikutnya.
|
|
g
|
Urutan
kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari
modul ini.
|
iv
MODUL SMP/MTs
PLH VII.1.1.1
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1
(SATU)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
KEGIATAN SISWA
Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam
PENULIS : RADIX
ZULKARNAEN C., S.Pd
EDITOR : DRS.
ENDANG HARIS
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
A. PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari enam hal yaitu Pertama Norma-Norma
Pelestarian Sumber Daya Alam Kedua Jenis-Jenis
Sumber Daya Alam dan Ketiga Saling
Ketergantungan antara Mahluk Hidup dan Lingkungan Keempat Manfaat Sumber Daya Alam Kelima Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Keenam Pelestarian Sumber Daya Alam.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya.
Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 12 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
1
B.
KEGIATAN BELAJAR
KEGIATAN 1 :
Menjelaskan pengertian norma-norma pelestarian
sumber daya alam
1. Tujuan
Setelah
mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan pengertian norma-norma
pelestarian sumber daya alam dan menjelaskan contoh
norma-norma pelestarian sumber daya alam
2. Materi
Pokok
Untuk mencapai
tujuan diatas kamu harus mempelajari norma-norma pelestarian sumber daya alam.
3. Uraian
Bacalah materi berikut dengan seksama !
Bacalah materi berikut dengan seksama !
NORMA-NORMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata
dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan
kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda mati dan mahluk hidup, yang ada di
muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan dan kebutuhan
hidupnya, seperti uadara, sinar matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Keberadaan sumber daya alam tidak meyebar
secara merata di muka bumi. Oleh karena faktor geografis dan letak astronomis,
jumlah dan kualitas sumber daya alam di tiap wilayah di muka bumi ini teidaklah
sama. Terdapat wilayah dengan sumber daya alam sedikit atau bahkan tidak
memiliki sumber daya alam sama sekali (marginal
region). Pada umumnya, wilayah tropis (dekat dengan khatulistiwa) memiliki
sumber daya alam yang relatif beragam atau lebih kaya. Semakin menjauh dari
khatulistiwa, keanekaragaman sumber daya alamnya semakin terbatas atau sedikit.
Sumber daya alam berperan penting bagi
kelangsungan hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam telah dilakukan sejak
kehidupan manusia kali pertama di muka bumi. Pada masa awal kehidupan di muka
bumi, manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara sederhana, yaitu dengan
cara berburu, mencari tumbuhan atau buah-buahan, dan bercocok tanam sederhana.
Seiring dengan perkembangan zaman, manusia
mampu memanfaatkan sumber daya alam secara lebih luas. Pertambahan populasi
manusia serta perkembangan pengetahuan dan teknologi juga telah mendorong
manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam secara lebih kreatif dan intensif.
Tidak heran manusia semakin mampu menguasai alam, bahkan memanfaatkan alam
denagan cara-cara yang merusak dan tanpa mempertimbangkan kelestariannya.
Indonesia, sebagai salah satu negara dengan
sumber daya alam terbesar di dunia memegang peranan penting dalam pelestarian
sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan di bumi. Namun demikian, kerusakan
lingkungan tetap terjadi, misalnya karena kebakaran hutan, banjir, dan
penangkapan ikan dengan bom ikan. Selain itu, terjadi penurunan kualitas dan
kuantitas sumber daya alam, antara lain karena perubahan fungsi lahan hijau
menjadi lahan terbangun serta terjadi krisis energi.
Berbagai peristiwa tersebut menggambarkan
pemanfaatan sumber daya alam tanpa mempertimbangkan norma (ketentuan)
kelestarian lingkungan hidup. Jika tidak segera diatasi, masalah tersebut akan
menjadi ancaman serius terhadap seluruh umat manusia dan mahluk hidup di bumi.
Oleh karena itu agar, pemanfaatan sumber daya alam dapat berkesinambungan
(berlanjut), maka tindakan eksploitasi harus disertai dengan norma-norma
(ketentuan) pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
Ada beberapa norma yang menjadi dasar bagi
pelestarian lingkungan ini. Dasar
pelestarian ini berasal dari pemerintah yang dalam bentu Undang-Undang Nomor 32
Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, ataupun dari lingkungan atau
tatakrama dan adat istiadat masyarakat sekitar.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya
alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi,
mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.
Pemanfaatan sumber daya alam untuk
pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan sebagai berikut :
1. Manusia sebagai
bagian dari lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya.
Jadi, manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras
dengan lingkungan.
2. Lingkungan tidak
hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk semua organisme.
3. Ketersediaan
sumber daya alam bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian.
Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak
dapat diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
4. Penggunaan sumber
daya pengganti agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses
pemanfaatan kembali (daur ulang).
5. Manusia sebagai
bagian dari lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam
mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab
demi terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.
6. Pemanfaatan
sumber daya alam harus sesuai dengan daya regenerasinya (kemampuan untuk
memperbaharui). Selain itu, manusia sebaiknya mengupayakan pemanfaatan sumber
daya di bawah batas daya regenerasinya.
7. Penerapan
teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tidak merusak kemampuan
sumber daya alam dan keberlanjuta.
4. Tugas 1
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
1.
|
Apa yang kamu ketahui tentang sumber
daya alam itu?
Jawab ..................................................................................................................
|
2.
|
Sebutkan tiga sifat yang membedakan
sumber daya alam biotik dengan sumber daya alam abiotik?
Jawab ..................................................................................................................
|
3.
|
Norma pemanfaatan dan pelestarian
sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata,
memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan
lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya
alam tersebut?
Jawab .................................................................................................................
|
4.
|
Mengapa Sumber daya alam harus
dilestarikan?
Jawab
.................................................................................................................
|
5.
|
Norma pemanfaatan dan pelestarian
sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata,
memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan
lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya
alam tersebut?
Jawab
..................................................................................................................
|
2
5. Rangkuman
Sumber daya alam (natural resource) adalah
semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi
kebutuhan manusia demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda
mati dan mahluk hidup, yang ada di muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh
manusia untuk kepentingan dan kebutuhan hidupnya, seperti uadara, sinar
matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya
alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi,
mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.
3
C. KUNCI TUGAS
No. Tugas
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
|
|
1
|
1
|
Sumber
daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang
nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan
kelangsungan hidupnya.
|
|
2
|
Sumber
daya alam perlu dilestarikan karena Sumber daya alam berperan penting bagi
kelangsungan hidup manusia
|
|
3
|
Sumber
daya alam biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup.
Contohnya Tumbuhan, hewan, dan mikroba (jasad renik). Sedangkan sumber daya
alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk tidak hidup.
Contohnya air, udara, angin, tanah, sinar matahari dan sejenisnya.
|
|
4
|
Pemanfaatan sumber
daya alam untuk pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan
sebagai berikut :
1. Manusia sebagai bagian dari
lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya. Jadi,
manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras dengan
lingkungan.
2. Lingkungan tidak hanya untuk
manusia saja, tetapi juga untuk semua organis- me
3. Ketersediaan sumber daya alam
bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian. Dengan
demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak dapat
diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
4. Penggunaan sumber daya pengganti
agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses pemanfaatan kembali
(daur ulang).
5. Manusia sebagai bagian dari
lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam mengawasi
pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab demi
terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.
|
|
5
|
Undang-Undang Nomor
32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup
|
|
|
|
4
GLOSARIUM
Lingkungan
|
:
|
Segala sesuatu yang ada disekitar kita
|
Marginal Region
|
:
|
Tidak memiliki sumber daya alam
|
Natural resource
|
:
|
Semua unsur tata lingkungan yang nyata dan
berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia
|
Norma
|
:
|
Aturan atau ketentuan yang tidak
tertulis
|
Tropis
|
:
|
Dekat dengan khatulistiwa
|
5
DAFTAR
PUSTAKA
Abas,
M. Dkk. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup
untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Asmara,
Adi. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup SMP/MTs
Kelas VII. Bandung : CV. Atikan Mandiri
6
Kunci Tugas Pados di Lengkapi Pa ..??
BalasHapus