Minggu, 23 September 2012

Norma SDA


MODUL KEGIATAN SISWA


PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP

KELAS VII
SEMESTER 1

KTSP  2006
Standar Isi Muatan Lokal



MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012



MODUL SMP/MTs

PLH VII.1.1.1
S.d
PLH VII.1.1.6

MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : VII (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)


KEGIATAN SISWA
PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM


MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
                                                       


MODUL SMP/MTs

PLH.VII.1.1.1
s.d
PLH.VII.1.1.6


MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)





KEGIATAN SISWA





MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012


Kata Pengantar

Puji serta syukur penulis panjatkan ke hadlirat Allah SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini memuat 6 (enam) modul untuk mata pelajaran PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 12 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.
Modul tersebut mencakup:

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k



Pelestarian dan Pemanfaatan SDA
1
PLH VII.1.1.1
2 X 40 menit
Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam
2
PLH VII.1.1.2
2 X 40 menit
Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
3
PLH VII.1.1.3
2 X 40 menit
Saling Ketergantungan Antara Mahluk Hidup dan Lingkungan
4
PLH VII.1.1.4
2 X 40 menit
Manfaat Sumber Daya Alam
5
PLH VII.1.1.5
2 X 40 menit
Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam
6
PLH VII.1.1.6
2 X 40 menit
Pelestarian Sumber Daya Alam

Selamat belajar, ikuti petunjuk berikut !
ii



DAFTAR ISI
                                     
Kata Pengantar

ii
Daftar isi

iii
Petunjuk Bagi Siswa

iv
PLH VII.1.1.1

1
PLH VII.1.1.2

7
PLH VII.1.1.3

13
PLH VII.1.1.4

18
PLH VII.1.1.5

24
PLH VII.1.1.6

29

iii




PETUNJUK BAGI SISWA

1
Belajar dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
2
Belajar dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau di luar Kelas
3
Langkah langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai berikut :

a
Usahakan kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi esensial/materi pokok/materi utama.

b
Baca dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan materi pokoknya dan uraian materinya.

c
Bila dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.

d
Setelah kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulis kamu.

e
Periksalah hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.

f
Bila dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai mempelajari modul berikutnya.

g
Urutan kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari modul ini.


iv


MODUL SMP/MTs


PLH VII.1.1.1

MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



KEGIATAN SISWA

Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam



PENULIS : RADIX ZULKARNAEN C., S.Pd
EDITOR : DRS. ENDANG HARIS









MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012


A. PENDAHULUAN

Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.  Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam proses pembelajaran ini  adalah dengan menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul  pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada modul ini kamu akan mempelajari ”Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu mempelajari enam hal yaitu Pertama Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam Kedua Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Ketiga Saling Ketergantungan antara Mahluk Hidup dan Lingkungan Keempat Manfaat Sumber Daya Alam Kelima Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Keenam Pelestarian Sumber Daya Alam.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya. Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar  tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 12 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !

Selamat belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.


1

B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1
Menjelaskan pengertian norma-norma pelestarian sumber daya alam

1.  Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan pengertian norma-norma pelestarian sumber daya alam dan menjelaskan contoh norma-norma pelestarian sumber daya alam

2.  Materi Pokok    
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari norma-norma pelestarian sumber daya alam.

3.  Uraian
     Bacalah materi berikut dengan seksama !

NORMA-NORMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM
 
Sumber daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda mati dan mahluk hidup, yang ada di muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan dan kebutuhan hidupnya, seperti uadara, sinar matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Keberadaan sumber daya alam tidak meyebar secara merata di muka bumi. Oleh karena faktor geografis dan letak astronomis, jumlah dan kualitas sumber daya alam di tiap wilayah di muka bumi ini teidaklah sama. Terdapat wilayah dengan sumber daya alam sedikit atau bahkan tidak memiliki sumber daya alam sama sekali (marginal region). Pada umumnya, wilayah tropis (dekat dengan khatulistiwa) memiliki sumber daya alam yang relatif beragam atau lebih kaya. Semakin menjauh dari khatulistiwa, keanekaragaman sumber daya alamnya semakin terbatas atau sedikit.
Sumber daya alam berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam telah dilakukan sejak kehidupan manusia kali pertama di muka bumi. Pada masa awal kehidupan di muka bumi, manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara sederhana, yaitu dengan cara berburu, mencari tumbuhan atau buah-buahan, dan bercocok tanam sederhana.
Seiring dengan perkembangan zaman, manusia mampu memanfaatkan sumber daya alam secara lebih luas. Pertambahan populasi manusia serta perkembangan pengetahuan dan teknologi juga telah mendorong manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam secara lebih kreatif dan intensif. Tidak heran manusia semakin mampu menguasai alam, bahkan memanfaatkan alam denagan cara-cara yang merusak dan tanpa mempertimbangkan kelestariannya.
Indonesia, sebagai salah satu negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia memegang peranan penting dalam pelestarian sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan di bumi. Namun demikian, kerusakan lingkungan tetap terjadi, misalnya karena kebakaran hutan, banjir, dan penangkapan ikan dengan bom ikan. Selain itu, terjadi penurunan kualitas dan kuantitas sumber daya alam, antara lain karena perubahan fungsi lahan hijau menjadi lahan terbangun serta terjadi krisis energi.
Berbagai peristiwa tersebut menggambarkan pemanfaatan sumber daya alam tanpa mempertimbangkan norma (ketentuan) kelestarian lingkungan hidup. Jika tidak segera diatasi, masalah tersebut akan menjadi ancaman serius terhadap seluruh umat manusia dan mahluk hidup di bumi. Oleh karena itu agar, pemanfaatan sumber daya alam dapat berkesinambungan (berlanjut), maka tindakan eksploitasi harus disertai dengan norma-norma (ketentuan) pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
Ada beberapa norma yang menjadi dasar bagi pelestarian lingkungan ini.  Dasar pelestarian ini berasal dari pemerintah yang dalam bentu Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, ataupun dari lingkungan atau tatakrama dan adat istiadat masyarakat sekitar.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.
Pemanfaatan sumber daya alam untuk pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan sebagai berikut :
1.    Manusia sebagai bagian dari lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya. Jadi, manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras dengan lingkungan.
2.    Lingkungan tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk semua organisme.
3.    Ketersediaan sumber daya alam bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian. Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak dapat diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
4.  Penggunaan sumber daya pengganti agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses pemanfaatan kembali (daur ulang).
5.    Manusia sebagai bagian dari lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab demi terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.
6.  Pemanfaatan sumber daya alam harus sesuai dengan daya regenerasinya (kemampuan untuk memperbaharui). Selain itu, manusia sebaiknya mengupayakan pemanfaatan sumber daya di bawah batas daya regenerasinya.
7.   Penerapan teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tidak merusak kemampuan sumber daya alam dan keberlanjuta.

4.  Tugas 1
    Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !

1.
Apa yang kamu ketahui tentang sumber daya alam itu?
Jawab ..................................................................................................................
2.
Sebutkan tiga sifat yang membedakan sumber daya alam biotik dengan sumber daya alam abiotik?
Jawab ..................................................................................................................
3.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya alam tersebut?
Jawab .................................................................................................................
4.
Mengapa Sumber daya alam harus dilestarikan?
Jawab .................................................................................................................
5.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya alam tersebut?
Jawab ..................................................................................................................

2

5.  Rangkuman
Sumber daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda mati dan mahluk hidup, yang ada di muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan dan kebutuhan hidupnya, seperti uadara, sinar matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.


 C. KUNCI TUGAS

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban



1
1
Sumber daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan kelangsungan hidupnya.

2
Sumber daya alam perlu dilestarikan karena Sumber daya alam berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia

3
Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup. Contohnya Tumbuhan, hewan, dan mikroba (jasad renik). Sedangkan sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk tidak hidup. Contohnya air, udara, angin, tanah, sinar matahari dan sejenisnya.

4
Pemanfaatan sumber daya alam untuk pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan sebagai berikut :
1.     Manusia sebagai bagian dari lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya. Jadi, manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras dengan lingkungan.
2.      Lingkungan tidak hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk semua organis- me
3.   Ketersediaan sumber daya alam bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian. Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak dapat diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
4.    Penggunaan sumber daya pengganti agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses pemanfaatan kembali (daur ulang).
5.   Manusia sebagai bagian dari lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab demi terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.

5
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup




4


GLOSARIUM

Lingkungan          
:
Segala sesuatu yang ada disekitar kita
Marginal Region  
:
Tidak memiliki sumber daya alam
Natural resource  
:
Semua unsur tata lingkungan yang nyata dan
berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia
Norma                   
:
Aturan atau ketentuan yang tidak tertulis
Tropis                     
:
Dekat dengan khatulistiwa

5

DAFTAR PUSTAKA

Abas, M. Dkk. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Asmara, Adi. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas VII. Bandung : CV. Atikan Mandiri

6




1 komentar: