MODUL
KEGIATAN SISWA
PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII
SEMESTER 1
KTSP  2006
Standar Isi Muatan Lokal
MGMP
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs 
KOTA
TASIKMALAYA
2012
MODUL
SMP/MTs
PLH
VII.1.1.1
S.d
PLH
VII.1.1.6
MATA
PELAJARAN : PLH
KELAS
: VII (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)
KEGIATAN
SISWA
PELESTARIAN DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/MTs
PLH.VII.1.1.1
s.d
PLH.VII.1.1.6
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
KEGIATAN SISWA
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Puji serta syukur penulis panjatkan ke hadlirat Allah
SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul PLH
Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini
memuat 6 (enam) modul untuk mata pelajaran PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1
(satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 12
x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di
luar kelas.
Modul tersebut mencakup:
| 
No | 
Kode Modul | 
Jumlah Jam | 
T o p i k  | 
| 
Pelestarian dan
  Pemanfaatan SDA | |||
| 
1 | 
PLH VII.1.1.1 | 
2 X 40 menit | 
Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam | 
| 
2 | 
PLH VII.1.1.2 | 
2 X 40 menit | 
Jenis-Jenis Sumber Daya Alam | 
| 
3 | 
PLH VII.1.1.3 | 
2 X 40 menit | 
Saling Ketergantungan Antara Mahluk Hidup dan Lingkungan | 
| 
4 | 
PLH VII.1.1.4 | 
2 X 40 menit | 
Manfaat Sumber Daya Alam | 
| 
5 | 
PLH VII.1.1.5 | 
2 X 40 menit | 
Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam | 
| 
6 | 
PLH VII.1.1.6 | 
2 X 40 menit | 
Pelestarian Sumber Daya Alam | 
Selamat belajar, ikuti petunjuk berikut !
ii
DAFTAR ISI
| 
Kata Pengantar | 
ii | |
| 
Daftar isi | 
iii | |
| 
Petunjuk Bagi Siswa | 
iv | |
| 
PLH VII.1.1.1 | 
1 | |
| 
PLH VII.1.1.2 | 
7 | |
| 
PLH VII.1.1.3 | 
13 | |
| 
PLH VII.1.1.4 | 
18 | |
| 
PLH VII.1.1.5 | 
24 | |
| 
PLH VII.1.1.6 | 
29 | 
iii
PETUNJUK
BAGI SISWA
| 
1 | 
Belajar
  dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu
  dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya. | |
| 
2 | 
Belajar
  dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau
  di luar Kelas  | |
| 
3 | 
Langkah
  langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai
  berikut : | |
| 
a | 
Usahakan
  kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau
  pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi
  esensial/materi pokok/materi utama. | |
| 
b | 
Baca
  dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan
  materi pokoknya dan uraian materinya. | |
| 
c | 
Bila
  dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan
  teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu
  tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka. | |
| 
d | 
Setelah
  kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang
  tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku
  tulis kamu. | |
| 
e | 
Periksalah
  hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada
  jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua
  kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak
  mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran. | |
| 
f | 
Bila
  dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai
  mempelajari modul berikutnya. | |
| 
g | 
Urutan
  kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari
  modul ini. | |
iv
MODUL SMP/MTs
PLH VII.1.1.1
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1
(SATU)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
KEGIATAN SISWA
Norma-Norma Pelestarian Sumber Daya Alam
PENULIS : RADIX
ZULKARNAEN C., S.Pd
EDITOR : DRS.
ENDANG HARIS
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
A. PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.  Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini  adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul  pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari enam hal yaitu Pertama Norma-Norma
Pelestarian Sumber Daya Alam Kedua Jenis-Jenis
Sumber Daya Alam dan Ketiga Saling
Ketergantungan antara Mahluk Hidup dan Lingkungan Keempat Manfaat Sumber Daya Alam Kelima Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Keenam Pelestarian Sumber Daya Alam.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya.
Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar  tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 12 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
1
B.
KEGIATAN BELAJAR
KEGIATAN 1 : 
Menjelaskan pengertian norma-norma pelestarian
sumber daya alam 
1.  Tujuan 
Setelah
mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan pengertian norma-norma
pelestarian sumber daya alam dan menjelaskan contoh
norma-norma pelestarian sumber daya alam
2.  Materi
Pokok     
Untuk mencapai
tujuan diatas kamu harus mempelajari norma-norma pelestarian sumber daya alam.
3.  Uraian 
Bacalah materi berikut dengan seksama !
  
Bacalah materi berikut dengan seksama !
NORMA-NORMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM
Sumber daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata
dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan
kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda mati dan mahluk hidup, yang ada di
muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan dan kebutuhan
hidupnya, seperti uadara, sinar matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Keberadaan sumber daya alam tidak meyebar
secara merata di muka bumi. Oleh karena faktor geografis dan letak astronomis,
jumlah dan kualitas sumber daya alam di tiap wilayah di muka bumi ini teidaklah
sama. Terdapat wilayah dengan sumber daya alam sedikit atau bahkan tidak
memiliki sumber daya alam sama sekali (marginal
region). Pada umumnya, wilayah tropis (dekat dengan khatulistiwa) memiliki
sumber daya alam yang relatif beragam atau lebih kaya. Semakin menjauh dari
khatulistiwa, keanekaragaman sumber daya alamnya semakin terbatas atau sedikit.
Sumber daya alam berperan penting bagi
kelangsungan hidup manusia. Pemanfaatan sumber daya alam telah dilakukan sejak
kehidupan manusia kali pertama di muka bumi. Pada masa awal kehidupan di muka
bumi, manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara sederhana, yaitu dengan
cara berburu, mencari tumbuhan atau buah-buahan, dan bercocok tanam sederhana.
Seiring dengan perkembangan zaman, manusia
mampu memanfaatkan sumber daya alam secara lebih luas. Pertambahan populasi
manusia serta perkembangan pengetahuan dan teknologi juga telah mendorong
manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam secara lebih kreatif dan intensif.
Tidak heran manusia semakin mampu menguasai alam, bahkan memanfaatkan alam
denagan cara-cara yang merusak dan tanpa mempertimbangkan kelestariannya.
Indonesia, sebagai salah satu negara dengan
sumber daya alam terbesar di dunia memegang peranan penting dalam pelestarian
sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan di bumi. Namun demikian, kerusakan
lingkungan tetap terjadi, misalnya karena kebakaran hutan, banjir, dan
penangkapan ikan dengan bom ikan. Selain itu, terjadi penurunan kualitas dan
kuantitas sumber daya alam, antara lain karena perubahan fungsi lahan hijau
menjadi lahan terbangun serta terjadi krisis energi.
Berbagai peristiwa tersebut menggambarkan
pemanfaatan sumber daya alam tanpa mempertimbangkan norma (ketentuan)
kelestarian lingkungan hidup. Jika tidak segera diatasi, masalah tersebut akan
menjadi ancaman serius terhadap seluruh umat manusia dan mahluk hidup di bumi.
Oleh karena itu agar, pemanfaatan sumber daya alam dapat berkesinambungan
(berlanjut), maka tindakan eksploitasi harus disertai dengan norma-norma
(ketentuan) pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam.
Ada beberapa norma yang menjadi dasar bagi
pelestarian lingkungan ini.  Dasar
pelestarian ini berasal dari pemerintah yang dalam bentu Undang-Undang Nomor 32
Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, ataupun dari lingkungan atau
tatakrama dan adat istiadat masyarakat sekitar.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya
alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi,
mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.
Pemanfaatan sumber daya alam untuk
pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan sebagai berikut :
1.    Manusia sebagai
bagian dari lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya.
Jadi, manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras
dengan lingkungan.
2.    Lingkungan tidak
hanya untuk manusia saja, tetapi juga untuk semua organisme.
3.    Ketersediaan
sumber daya alam bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian.
Dengan demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak
dapat diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien.
4.  Penggunaan sumber
daya pengganti agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses
pemanfaatan kembali (daur ulang).
5.    Manusia sebagai
bagian dari lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam
mengawasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab
demi terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam.
6.  Pemanfaatan
sumber daya alam harus sesuai dengan daya regenerasinya (kemampuan untuk
memperbaharui). Selain itu, manusia sebaiknya mengupayakan pemanfaatan sumber
daya di bawah batas daya regenerasinya.
7.   Penerapan
teknologi dalam pemanfaatan sumber daya alam agar tidak merusak kemampuan
sumber daya alam dan keberlanjuta.
4.  Tugas 1
    Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
| 
1. | 
Apa yang kamu ketahui tentang sumber
  daya alam itu? 
Jawab .................................................................................................................. | 
| 
2. | 
Sebutkan tiga sifat yang membedakan
  sumber daya alam biotik dengan sumber daya alam abiotik? 
Jawab .................................................................................................................. | 
| 
3. | 
Norma pemanfaatan dan pelestarian
  sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata,
  memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan
  lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya
  alam tersebut? 
Jawab ................................................................................................................. | 
| 
4. | 
Mengapa Sumber daya alam harus
  dilestarikan? 
Jawab
  ................................................................................................................. | 
| 
5. | 
Norma pemanfaatan dan pelestarian
  sumber daya alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata,
  memelihara, mengawasi, mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan
  lingkungan hidup. Sebutkan lima norma pelestarian pemanfaatan sumber daya
  alam tersebut? 
Jawab
  .................................................................................................................. | 
2 
5.  Rangkuman
Sumber daya alam (natural resource) adalah
semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata dan berpotensi untuk memenuhi
kebutuhan manusia demi mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jadi, semua benda
mati dan mahluk hidup, yang ada di muka bumi ini deapat dimanfaatkan oleh
manusia untuk kepentingan dan kebutuhan hidupnya, seperti uadara, sinar
matahari, tumbuhan, hewan, air, dan sebagainya.
Norma pemanfaatan dan pelestarian sumber daya
alam merupakan upaya terpadu dalam memanfaatkan, menata, memelihara, mengawasi,
mengendalikan, memulihkan, dan mengembangkan lingkungan hidup.
3 
 
 C. KUNCI TUGAS
| 
No. Tugas | 
No. Soal | 
Kunci Jawaban | 
|  |  |  | 
| 
1 | 
1 | 
Sumber
  daya alam (natural resource) adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang
  nyata dan berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia demi mempertahankan
  kelangsungan hidupnya. | 
|  | 
2 | 
Sumber
  daya alam perlu dilestarikan karena Sumber daya alam berperan penting bagi
  kelangsungan hidup manusia | 
|  | 
3 | 
Sumber
  daya alam biotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup.
  Contohnya Tumbuhan, hewan, dan mikroba (jasad renik). Sedangkan sumber daya
  alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk tidak hidup.
  Contohnya air, udara, angin, tanah, sinar matahari dan sejenisnya. | 
|  | 
4 | 
Pemanfaatan sumber
  daya alam untuk pelestariannya harus dilakukan dalam norma atau ketentuan
  sebagai berikut : 
1.     Manusia sebagai bagian dari
  lingkungan harus menghargai mahluk hidup lain serta lingkungannya. Jadi,
  manusia diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya alam yang selaras dengan
  lingkungan. 
2.      Lingkungan tidak hanya untuk
  manusia saja, tetapi juga untuk semua organis- me 
3.   Ketersediaan sumber daya alam
  bersifat terbatas, sehingga perlu dilakukan upaya pelestarian. Dengan
  demikian, pemanfaatan sumber daya alam yang bersifat terbatas (tidak dapat
  diperbaharui) harus dilakukan secara hati-hati dan efisien. 
4.    Penggunaan sumber daya pengganti
  agar diusahakan sebaik mingkin dengan melakukan proses pemanfaatan kembali
  (daur ulang). 
5.   Manusia sebagai bagian dari
  lingkungan agar mampu berperan aktif dan bekerja sama dalam mengawasi
  pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab demi
  terciptanya kelestarian dan keseimbangan alam. | 
|  | 
5 | 
Undang-Undang Nomor
  32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup | 
|  |  |  | 
4
GLOSARIUM
| 
Lingkungan            | 
: | 
Segala sesuatu yang ada disekitar kita | 
| 
Marginal Region    | 
: | 
Tidak memiliki sumber daya alam  | 
| 
Natural resource    | 
: | 
Semua unsur tata lingkungan yang nyata dan  
berpotensi untuk memenuhi kebutuhan manusia | 
| 
Norma                     | 
: | 
Aturan atau ketentuan yang tidak
  tertulis | 
| 
Tropis                      | 
: | 
Dekat dengan khatulistiwa | 
5
DAFTAR
PUSTAKA
Abas,
M. Dkk. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup
untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Asmara,
Adi. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup SMP/MTs
Kelas VII. Bandung : CV. Atikan Mandiri
6

 
Kunci Tugas Pados di Lengkapi Pa ..??
BalasHapus