Sabtu, 29 September 2012

Pedoman Jenis-Jenis SDA



                                                                                        PLH VII.1.1.2

MODUL SMP/ MTs




 




MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (Tujuh)
SEMESTER : 1 (Satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


PENULIS        : Drs. Endang Haris
PENYUNTING : Drs. Endang Haris


MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas : VII
Semester  : 1
Nomor Modul : PLH VII.1.1.2
Judul Modul : Jenis-Jenis Sumber Daya Alam


         A.        Indikator Pembelajaran
           Siswa mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam

         B.         Tujuan Pembelajaran
           Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.    Mendefinisikan pengertian sumber daya alam
2.    Menggolongkan macam-macam sumber daya alam dan menunjukan contohnya
3.    Menggolongkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan menunjukan contohnya
4.    Menggolongkan sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui dan menunjukan contohnya

         C.         Materi, Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Pengertian dan Penggolongan Macam-Macam Sumber Daya Alam
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
jenis-jenis sumber daya alam
video :
jenis-jenis sumber daya alam
2 x 40 menit
2
Identifikasi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
Chart dan video :
jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbahrui dan yang tidak dapat diperbaharui

5
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit


            D.        Penilaian
             1. Bentuk Instrumen
 a.    Tes Objektif Pilihan Ganda              = 10 soal
 b.    Tes Objektif Uraian                         =   5 soal
             2. Skor Nilai
             a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda  =    2
             b. Skor ideal soal pilihan ganda           =    2 x 10 = 20
             c. Skor tiap nomor soal uraian             =   4
             d. Skor ideal soal uraian                      =   4 x 5   = 20
             e. Total skor ideal                               =  20 + 20              =   40
             f.  Nilai akhir siswa                             =  40/4 x 10            = 100

             3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5
PG
2.
1, 2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
6,7,8,9,10
PG

  4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan 
       bila   nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari 
       kembali     modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

              E.   Bahan Pengayaan
  1.  Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
       Penulis             : M. Abas dkk
       Penerbit          : Erlangga, Jakarta
       Edisi   : Pertama, Tahun 2010

  2.  Buku Paket ...
       Penulis             :
       Penerbit          :
       Edisi   :

  3.  Website
       http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
   http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
   http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
   http://id.wikipedia.org/wiki/Flora

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar