PLH
VII.1.1.2
MODUL
SMP/ MTs
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
: 7 (Tujuh)
SEMESTER
: 1 (Satu)
WAKTU
: 2 X 40 MENIT
PETUNJUK
GURU
PENULIS : Drs. Endang Haris
PENYUNTING
: Drs. Endang Haris
MUSYAWARAH
GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA
TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK
GURU
Mata Pelajaran :
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas :
VII
Semester :
1
Nomor Modul : PLH VII.1.1.2
Judul Modul :
Jenis-Jenis Sumber Daya Alam
A. Indikator
Pembelajaran
Siswa mengidentifikasi
jenis-jenis sumber daya alam
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.
Mendefinisikan pengertian sumber daya alam
2.
Menggolongkan macam-macam sumber daya alam dan
menunjukan contohnya
3.
Menggolongkan sumber daya alam yang dapat
diperbaharui dan menunjukan contohnya
4.
Menggolongkan sumber daya alam yang tak dapat
diperbaharui dan menunjukan contohnya
C. Materi,
Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan
No
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
Pengertian
dan Penggolongan Macam-Macam Sumber Daya Alam
|
Belajar
mandiri
Diskusi
Kelompok
|
Chart :
jenis-jenis
sumber daya alam
video :
jenis-jenis
sumber daya alam
|
2
x 40 menit
|
2
|
Identifikasi
sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui
|
Belajar
mandiri
Sosialisasi
informasi dan diskusi
|
Chart dan
video :
jenis-jenis
sumber daya alam yang dapat diperbahrui dan yang tidak dapat diperbaharui
|
|
5
|
Materi
No.
1 s.d 2
|
Tes
Akhir Modul
|
Tes
Objektif
|
2 x 40
menit
|
D. Penilaian
1. Bentuk
Instrumen
a.
Tes Objektif Pilihan Ganda = 10 soal
b.
Tes Objektif Uraian =
5 soal
2. Skor
Nilai
a.
Skor tiap nomor soal pilihan ganda =
2
b.
Skor ideal soal pilihan ganda =
2 x 10 = 20
c.
Skor tiap nomor soal uraian =
4
d.
Skor ideal soal uraian =
4 x 5 = 20
e.
Total skor ideal =
20 + 20 = 40
f.
Nilai akhir siswa =
40/4 x 10 = 100
3.
Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan
Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
1
|
1, 2,3,4,5
|
PG
|
2.
|
1, 2
|
1, 2, 3,
4, 5
|
Uraian
|
3.
|
2
|
6,7,8,9,10
|
PG
|
4.
Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir
modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan
bila nilai masih kurang dari
7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari
kembali modul
tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
E. Bahan
Pengayaan
1. Buku
Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
Erlangga, Jakarta
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
2. Buku
Paket ...
Penulis :
Penerbit :
Edisi :
3. Website
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar