MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS VII
SEMESTER 1
PETUNJUK GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL
SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
PETUNJUK
GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 1 dalam menggunakan Modul Mata
Pelajaran PLH Nomor
PLH
VII.1.1.9 s.d PLH VII.1.12 modul tersebut meliputi :
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
1.
|
PLH VII. 1. 1.9
|
2 x 40 menit
|
Memelihara
Lingkungan Hidup Terdekat
|
2.
|
PLH VII. 1. 1.10
|
2 x 40 menit
|
Pelestarian hewan-hewan Langka
|
3.
|
PLH VII. 1. 1.11
|
2 x 40 menit
|
Pelestarian
Tumbuhan Langka
|
4.
|
PLH VII. 1. 1.12
|
2 x 40 menit
|
Melestarikan dab memanfaatkan tanaman budi daya
|
Selamat
bekerja !
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
|
i
|
|
Daftar isi
|
ii
|
|
PLH VII.1.1.9
|
5
|
|
PLH VII.1.1.10
|
||
PLH VII.1.1.11
|
||
PLH VII.1.1.12
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
|
PETUNJUK GURU
MEMELIHARA LINGKUNGAN
HIDUP SEKITAR
PENULIS
|
:
|
DRS. ASEP DANI FAUZI
|
EDITOR
|
:
|
DRS. ENDANG HARIS
|
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII
|
Semester
|
:
|
1
|
Nomor Modul
|
:
|
PLH VII.1.1.9
|
Judul Modul
|
:
|
Memelihara Lingkungan Hidup
Sekitar
|
A.
Indikator Pembelajaran
Siswa dapat Mendeskripsikan pemeliharaan
lingkungan hidup di rumah, sekolah dan sekitarnya
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini,
siswa dapat :
1.
Mengenal dan menjelaskan
lingkungan terdekat dengan dirinya
2.
Memelihara dan langsung mempraktekan kebersihan di
rumah, di sekolah dan di masyarakat
C.
Materi, Kegiatan Belajar, Alat
dan Sumber Bahan
No
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
lingkungan
terdekat dengan dirinya
|
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
|
Chart :
Kondisi
sosial geografi masyarakat
video :
jenis-jenis lingkungan masyarakat
|
2 x 40 menit
|
2
|
kebersihan di rumah, di sekolah dan di lingkungan
sekitarnya
|
Belajar mandiri
Memelihara
dan praktek
|
Chart dan video :
Cara
memelihara, dan membersihkan lingkungan nya
|
|
5
|
Materi No.
1 s.d 2
|
Tes Akhir Modul
|
Tes Objektif
|
2 x 40 menit
|
D.
Penilaian
1. Bentuk Instrumen
|
|||||
a.
Tes Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
20 soal
|
|||
b.
Tes Objektif Uraian
|
=
|
||||
2. Skor Nilai
|
|||||
a.
Skor tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|||
b.
Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 20
|
=
|
40
|
|
c.
Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
||||
d.
Skor ideal soal uraian
|
=
|
=
|
|||
e.
Total skor ideal
|
=
|
=
|
|||
f.
Nilai akhir siswa
|
=
|
40/4 x 10
|
=
|
100
|
|
3.
Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
1
|
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10.
|
PG
|
2.
|
2
|
11,12,13,14,15,16,17,18,19,20
|
PG
|
4.
Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E.
Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan
Lingkungan Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
Erlangga, Jakarta
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
2.
Website
http://
id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam#Pemanfaatan-sumber-daya-alam. http://www.imammurtaqi.com/2012/04/pemanfaatan-sumber-daya-alam.html.
http://tugino230171.wordpress.com/2011/10/29/sumber-daya-alam-pemanfaatannya/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar