Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Memelihara Lingkungan




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12





PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




KELAS VII SEMESTER 1
PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012





 MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12




MATA PELAJARAN   : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)



PETUNJUK GURU

 

MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar


Buku ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 1 dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran PLH Nomor PLH VII.1.1.9 s.d PLH VII.1.12 modul tersebut meliputi :
 No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII. 1. 1.9
2 x 40 menit
Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat
2.
PLH VII. 1. 1.10
2 x 40 menit
Pelestarian hewan-hewan Langka
3.
PLH VII. 1. 1.11
2 x 40 menit
Pelestarian Tumbuhan Langka
4.
PLH VII. 1. 1.12
2 x 40 menit
Melestarikan dab memanfaatkan tanaman budi daya

Selamat bekerja !

DAFTAR ISI
Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii



PLH VII.1.1.9

5
PLH VII.1.1.10


PLH VII.1.1.11


PLH VII.1.1.12





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT




PETUNJUK GURU


MEMELIHARA LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR

PENULIS
:
DRS. ASEP DANI FAUZI
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS

                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012




PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran 
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas   
:
VII
Semester
:
1
Nomor Modul   
:
PLH VII.1.1.9
Judul Modul
:
Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar

           A.     Indikator Pembelajaran
Siswa dapat Mendeskripsikan pemeliharaan lingkungan hidup di rumah, sekolah dan sekitarnya

           B.     Tujuan Pembelajaran
            Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.         Mengenal dan menjelaskan lingkungan terdekat dengan dirinya
2.         Memelihara dan langsung mempraktekan kebersihan di rumah, di sekolah dan di masyarakat

           C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

lingkungan terdekat dengan dirinya
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
Kondisi sosial geografi masyarakat
video :
jenis-jenis lingkungan masyarakat
2 x 40 menit
2
kebersihan di rumah, di sekolah dan di lingkungan sekitarnya

Belajar mandiri
Memelihara dan praktek
Chart dan video :
Cara memelihara, dan membersihkan lingkungan nya

5
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit


             D.     Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
20 soal
b. Tes Objektif Uraian
=

2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 20
=
40
c. Skor tiap nomor soal uraian
=



d. Skor ideal soal uraian
=

=

e. Total skor ideal    
=

=

f. Nilai akhir siswa
=
40/4 x 10
=
100






              3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1,2,3,4,5,6,7,8,9,10.
PG
2.
2
11,12,13,14,15,16,17,18,19,20
PG

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

            E.     Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis          : M. Abas dkk
    Penerbit        : Erlangga, Jakarta
    Edisi : Pertama, Tahun 2010

2. Website
http:// id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam#Pemanfaatan-sumber-daya-alam.         http://www.imammurtaqi.com/2012/04/pemanfaatan-sumber-daya-alam.html.  http://tugino230171.wordpress.com/2011/10/29/sumber-daya-alam-pemanfaatannya/.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar