Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Mencintai Lingkungan



MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8




PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP



KELAS VII SEMESTER 1
PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8






MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)


PETUNJUK GURU

 

MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


Kata Pengantar

 Buku ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Kelas VII Semester 1 dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran Nomor PLHVII.1.1.1 s.d PLH VII.1.1.6 modul tersebut meliputi :
No
Kode Modul
Jumlah Jam
                                     T o p i k
1.
PLH  VII.1.1.7
2 X 40 menit
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
2.
PLH  VII.1.1.8
2 X 40 menit
Melestarikan dan Memanfaatkan  Sumber Daya Alam

Selamat bekerja !

DAFTAR ISI
                                     
Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii



PLH VII.1.1.7

5
PLH VII.1.1.8





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT




PETUNJUK GURU


MANFAAT SUMBER DAYA ALAM

PENULIS
:
DRS.  AHAN SAFARI


DRS. SONI RIVA’I
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS

               
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012




PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas  
:
VII
Semester
:
1
Nomor Modul
:
PLH VII.1.1.7
Judul Modul
:
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar

           A.     Indikator Pembelajaran
Peserta didik dapat menerapkan sikap cinta terhadap lingkugannya
 
           B.     Tujuan Pembelajaran
           Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.    Mencintai lingkungan hidup sekitarnya

            C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
Contoh daftarhal - hal kecil yanag sangat mempengaruhi lingkungan
video :
Mencintai lingkungan sekitarnya
2 x 40 menit
2
Materi no.1
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit

             D.     Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
10 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 10
=
20
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
4


d. Skor ideal soal uraian
=
4 x 5
=
20
e. Total skor ideal   
=
20 + 20
=
40
f. Nilai akhir siswa
=
40/4 x 10
=
100

              3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5
PG
2.
1,2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
6,7,8,9,10
PG

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

            E.      Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : M. Abas dkk
    Penerbit       : Erlangga, Jakarta
    Edisi            : Pertama, Tahun 2010

2. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : H.M.S. Faridy, S.S., Dkk
    Penerbit       : Yudistira, Bogor
    Edisi                        : Pertama, 2010

3. Website
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar