MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 1
PETUNJUK
GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
PETUNJUK GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup untuk
Kelas VII Semester 1 dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran Nomor PLHVII.1.1.1
s.d PLH VII.1.1.6 modul tersebut meliputi :
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T
o p i k
|
1.
|
PLH VII.1.1.7
|
2 X 40 menit
|
Mencintai
Lingkungan Hidup Sekitar
|
2.
|
PLH VII.1.1.8
|
2 X
40 menit
|
Melestarikan dan
Memanfaatkan Sumber Daya Alam
|
Selamat
bekerja !
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
|
i
|
|
Daftar isi
|
ii
|
|
|
||
PLH VII.1.1.7
|
5
|
|
PLH VII.1.1.8
|
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
PETUNJUK GURU
MANFAAT SUMBER
DAYA ALAM
PENULIS
|
:
|
DRS.
AHAN SAFARI
|
|
|
DRS. SONI RIVA’I
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII
|
Semester
|
:
|
1
|
Nomor Modul
|
:
|
PLH VII.1.1.7
|
Judul Modul
|
:
|
Mencintai Lingkungan Hidup
Sekitar
|
A.
Indikator Pembelajaran
Peserta
didik dapat menerapkan sikap cinta terhadap lingkugannya
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini,
siswa dapat :
1.
Mencintai
lingkungan hidup sekitarnya
C.
Materi, Kegiatan Belajar, Alat
dan Sumber Bahan
No
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
Pelestarian
dan pemanfaatan sumber daya alam
|
Belajar
mandiri
Diskusi
Kelompok
|
Chart :
Contoh
daftarhal - hal kecil yanag sangat mempengaruhi lingkungan
video :
Mencintai
lingkungan sekitarnya
|
2 x 40 menit
|
2
|
Materi no.1
|
Tes Akhir Modul
|
Tes Objektif
|
2 x 40 menit
|
D.
Penilaian
1. Bentuk Instrumen
|
||||
a.
Tes Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
10 soal
|
||
b.
Tes Objektif Uraian
|
=
|
5 soal
|
||
2. Skor Nilai
|
||||
a.
Skor tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|
|
b.
Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 10
|
=
|
20
|
c.
Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
4
|
|
|
d.
Skor ideal soal uraian
|
=
|
4 x 5
|
=
|
20
|
e.
Total skor ideal
|
=
|
20 + 20
|
=
|
40
|
f.
Nilai akhir siswa
|
=
|
40/4 x 10
|
=
|
100
|
3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran
dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
1
|
1, 2,3,4,5
|
PG
|
2.
|
1,2
|
1, 2, 3, 4, 5
|
Uraian
|
3.
|
2
|
6,7,8,9,10
|
PG
|
4.
Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E. Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan
Lingkungan Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
Erlangga, Jakarta
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
2. Buku Paket Pendidikan
Lingkungan Hidup,
Penulis :
H.M.S. Faridy, S.S., Dkk
Penerbit :
Yudistira, Bogor
Edisi : Pertama, 2010
3. Website
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar