Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Pemanfaatan Limbah


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.8
S.D.
PLH VII.2.1.12



 
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




KELAS VII SEMESTER 1
PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.8
S.D.
PLH VII.2.1.12



MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)



PETUNJUK GURU




MGMNP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 2 dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran PLH Nomor  VII.2.1.8 s.d PLH VII.2.1.12 modul tersebut meliputi :

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII.2.1.8
2 X 40 menit
Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan
2.
PLH VII.2.1.9
2 X 40 menit
Pembuatan Kompos dari Sampah Organik.
3.
PLH VII.2.1.10
2 X 40 menit
Pelaksanaan Program Kali Bersih
4
PLH  VII.2.1.11
2 X 40 menit
Pelaksanaan Program Langit
5
PLH  VII.2.1.12
2 X 40 menit
Pelaksanaan Progrsm Pantai Lestari

Selamat bekerja !
DAFTAR ISI
Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii



PLH VII.2.1.8

5
PLH VII.2.1.9


PLH VII.2.1.10


PLH VII.2.1.11


PLH VII.2.1.12




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.8


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


PEMANFAATAN LIMBAH DI SEKITAR LINGKUNGAN

PENULIS
:
N. IKA HERTIKA W,S.Pd.
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS

                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas  
:
VII (TUJUH)
Semester
:
2 (DUA)
Nomor Modul
:
PLH VII.2.1.8
Judul Modul
:
Pemanfaatan limbah di  sekitar lingkungan


           A.     Indikator Pembelajaran
        Pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain)  menjadi barang yang bermanfaat.

           B.     Tujuan Pembelajaran
            Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.    Menjelaskan pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.
2.    Mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan kertas daur ulang.

            C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Pengertian dan Penggolongan Macam-Macam limbah sekitar lingkungan.
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
Jenis-jenis limbah sekitar lingkungan.
video :
jenis-jenis limbah sekitar lingkungan.
2 x 40 menit
2
Mendeskripsikan langkah-langkah kertas daur ulang.
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan eksperimen dan diskusi
Kertas bekas, kain bekas, wadah/ember, air, blender.

3
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit


               D.     Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
15 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 15
=
30
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
4


d. Skor ideal soal uraian
=
4 x 5
=
20
e. Total skor ideal   
=
30 + 20
=
50
f. Nilai akhir siswa
=
50/5 x 10
=
100

                3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5,6,7,8,9,10
PG
2.
2
11,12,13,14,15
PG
3
1
16,17,18,19,20
uraian

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

           E.      Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : M. Abas dkk
    Penerbit       : Erlangga, Jakarta
    Edisi            : Pertama, Tahun 2010

2. Buku Paket Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : Kania Ratnawati
    Penerbit       : CV Thursina
    Edisi            : Pertama

3. Website
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar