MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.9
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 2
(DUA)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
PETUNJUK GURU
PEMANFAATAN
LIMBAH DI SEKITAR LINGKUNGAN
PENULIS
|
:
:
|
ERMALASARI, S.Pd
LISTI NAZIAH SUROYA, S.Pd
|
EDITOR
|
:
|
DRS. ENDANG HARIS
|
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata
Pelajara
|
:
|
Pendidikan
Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII (TUJUH)
|
Semester
|
:
|
2 (DUA)
|
Nomor
Modul
|
:
|
PLH VII.2.1.9
|
Judul
Modul
|
:
|
Pembuatan Kompos dari
Sampah Organik
|
A. Indikator Pembelajaran
Siswa mendeskripsikanlangkahpembuatankompospupukorganik
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskankomposlimbahorganik
2.
Mendeskripsikanlangkah-langkahpembuatankomposlimbahorganik
C. Materi, Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan
No
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
Pengertian dan
Penggolongan Macam-Macam limbah sekitar
lingkungan.
|
Belajar
mandiri
Diskusi
Kelompok
|
Chart :
Jenis-jenis limbah sekitar lingkungan.
video :
jenis-jenis limbah sekitar lingkungan.
|
2 x
40 menit
|
2
|
Mendeskripsikan langkah-langkah kertas daur ulang.
|
Belajar
mandiri
Sosialisasi
informasi dan eksperimen dan diskusi
|
Kertas bekas, kain bekas, wadah/ember, air, blender.
|
|
3
|
Materi No.
1 s.d 2
|
Tes Akhir
Modul
|
Tes Objektif
|
2 x 40 menit
|
D. Penilaian
1.
Bentuk Instrumen
|
||||
a.
Tes Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
15 soal
|
||
b.
Tes Objektif Uraian
|
=
|
5 soal
|
||
2. Skor Nilai
|
||||
a.
Skor tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|
|
b.
Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 15
|
=
|
30
|
c.
Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
4
|
|
|
d.
Skor ideal soal uraian
|
=
|
4 x 5
|
=
|
20
|
e.
Total skor ideal
|
=
|
30 + 20
|
=
|
50
|
f.
Nilai akhir siswa
|
=
|
50/5 x 10
|
=
|
100
|
3. Kesesuaian
Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan
Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
1
|
1, 2,3,4,5,6,7,9,10,15
|
PG
|
2.
|
1,2
|
1, 2, 3, 4, 5
|
Uraian
|
3.
|
2
|
8,11,12,13,14
|
PG
|
4. Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E. Bahan Pengayaan
1. Buku Paket
Pendidikan Lingkungan Hidup 1
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
CV.Multipesona
Edisi :
Pertama, Tahun 2008
2. Buku Paket PendidikanLingkunganHidupKelas VII SMP/MTs
Penulis :
TatikWijayati, M.Pddkk
Penerbit :
PrismaEstaUtama
Edisi : Pertama, Tahun 2010
3. Website
Tidak ada komentar:
Posting Komentar