MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12
|
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 1
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan
setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada
modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.
Penyimpanan buku tes akhir modul ini
menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.
Siswa yang telah menyelesaikan modul
dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali
kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada
guru untuk disimpan.
3.
Pengerjaan tes akhir modul dengan menggunakan
lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.
Siswa dianggap berhasil mengikuti tes
akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang
dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul
tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.
Buku tes akhir modul ini berisi
perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :
Tes
akhir modul ini mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
|
|
|
Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
|
7
|
PLH VII.1.1.9
|
2 X 40 menit
|
Memelihara Lingkungan
Hidup Sekitar
|
8
|
PLH VII.1.1.10
|
2 X 40 menit
|
Melestarikan Hewan Langka
|
|
PLH VII.1.1.11
|
2 X 40 menit
|
Melestarikan Tumbuhan
Langka
|
|
PLH VII.1.1.12
|
2 X 40 menit
|
Memanfaatkan dan
Melestarikan Tanaman Budi Daya
|
Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !
DAFTAR ISI
hal
|
||
KATA PENGANTAR
|
..............................................................................................................................
|
i
|
DAFTAR ISI
|
..............................................................................................................................
|
ii
|
MODUL PLH VII.1.1.9
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.1.1.10
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.1.1.11
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.1.1.12
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.9
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
PENULIS
|
:
|
Drs. ASEP DANI FAUZI
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
TES AKHIR MODUL
NO.PLH.VII.1.1.9
Mata Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
1 (Satu)
|
Judul Modul
|
:
|
Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Petunjuk Umum
1.
Yang
dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan
kegiatan belajar modul PLH .VII.1.1.9
2.
Banyak
soal tes akhir modul ini adalah 20 soal dan harus kamu jawab semua
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.
Jawablah
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.
Jawaban
soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada
buku tulis khusus tes akhir modul
6.
Cara
menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
7.
Untuk
jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 1 (satu)
8.
Laporkan
pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau
jumlah soal kurang
9.
Periksalah
pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas
Petunjuk Khusus
1.
Untuk
soal nomor 1 sampai dengan nomor 20 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi
silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau
pada buku tulis khusus tes akhir modul, Selamat bekerja !
PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang paling benar !
1.
Upaya memelihara
lingkungan terdekat yaitu rumah kita dapat di lakukan dengan
A. membentuk tim lingkungan
|
C. menanam pohon di halaman
|
B. mengecat tembok
|
D. mendirikan tempat ibadah
|
2.
Halaman
rumah sering orang mengibarat cermin penghuni rumag, artinya ….
A. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni rumahnya teratur
|
B. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni semrawut
|
C. halaman rumah kotor, pasti penghuni rumahnya teratur
|
D. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni rumahnya tertib
|
3.
Salah satu
kegiatan kebersihan bersama yaitu Jumat bersih, hal itu termasuk memelihara
lingkungan …
A. rumah
|
C. masyarakat
|
B. sekolah
|
D. pantai
|
4.
Dalam memelihara
lingkungan kebersihan perlu adanya pembagian tugas, yang termasuk pembagian
tugas kebersihan di rumah…
A. Menyapu halaman ruang kelas
|
C. Menyapu dan membersihkan meja guru
|
B. menanam pohon sepanjang jalan
|
D. adik menyiram tanaman di halaman
|
5.
Kebersihan
di lingkungan terdekat dengan kita, yang paling potensial adalah kebersihan
A. diri sendiri
|
C. di sekolah
|
B. di rumah
|
D. di masyarakat
|
6.
Kerja bakti
(bakti sosial) dilakukan oleh seluruh warga dilingkungan itu berupa ….
A. Menghias kelas dalam lomba kebersihan
|
C. Menyapu dan membersihkan meja guru
|
B. Mendirikan gapura
|
D. adik menyapu di halaman
|
7.
Kita ikut aktif
berpartisifasi dengan warga masyarakat dalam memelihara lingkungan dengan tim
kebersihan, apabila kita berada di daerah pantai yaitu …
A. menanam pohon bakau/manrove
|
C. Membuat gapura
|
B. menyapu dan membersihkan meja guru
|
D. Ibu menyapu di halaman
|
8. Manusia diberkati oleh Yang Maha kuasa berupa …….
untuk mampu bertahan hidupnya dan merubah lingkungan baik kea rah yang lebih
baik.
A. insting
|
C. naluri
|
B. akal pikiran
|
D. alami
|
9. Sampah yang ada di rumah sering kita abaikan dalam
memisahkannya, pada hal sampah dari rumah di kelompokan berupa :
A.
plastik dan kertas
|
C.
sisa makanan dan sisa minuman
|
B.
organik dan an organik
|
D.
banyak dan sedikit
|
10. Menanami tanaman di rumah, apabila halaman rumah kita
sempit, maka media tanaman yang lebih cocok dipergunakan berupa ….
A.
tanaman pot
|
C.
tanaman dengan pohon besar
|
B.
tanaman apotek hidup
|
D.
tanaman hiasan gantung
|
11. Kebersihan suatu ruanga kelas menjadi tanggung jawab.
A.
seluruh siswa dan semua guru
|
C.
Kepala Sekolah dan caraka/pesuruh
|
B.
caraka/pesuruh dan semua TU
|
D.
wali kelas dan siswa di kelas itu
|
12. Kebersihan ruangan guru menjadi tanggung jawab.
A.
caraka/pesuruh
dan semua guru
|
C.
Kepala Sekolah dan caraka/pesuruh
|
B.
caraka/pesuruh dan semua TU
|
D.
wali kelas dan siswa di kelas itu
|
13. Membersihkan selokan, memelihara tananam di halam
sekolah dan di luar kelas menjadi tanggung jawab.
A.
semua guru
|
C.
caraka/pesuruh
|
B.
semua TU
|
D.
siswa di kelas itu
|
14. Dalam meningkatkan kebersihan Sekolah, dilakukan lomba
kebersihan antar kelas bisa dilakukan suatu waktu tertentu. Dalam ajang lomba
kebersihan antar kelas itu maka setiap hari kelas tersebut harus bersih dan
rapih, untuk itu perlu di bentuk ….
A.
piket kebersihan kelas
|
C.
piket pencatat ke hadiran siswa
|
B.
piket pencatat tugas guru
|
D.
piket pencatat keuangan kelas
|
15. Kita tinggal berada dilingkungan yang banyak pabrik,
salah satu partisipasi aktif dalam memelihara lingkungan, agar wilayah kita
nyaman, udara bersih dan segar, bersama warga ikut …
A.
membangun pos ronda
|
C.
menanam pohon
|
B.
membangun gapura
|
D.
membersihkan got/ solokan
|
16. Untuk melakukan kebersihan di lingkungan masyarakat
membentuk tim kebersihan, pembentukan tim kebersihan, tidak perlu membentuk
organisasi baru tetapi dengan ….
A.
mengaktifkan partai politik
|
C.
mengaktifkan organisasi yang ada d masyarakat itu
|
B.
mengaktifkan organisasi profesional
|
D.
mengaktif kan organisasi Darmawanita
|
17. Kebersihan bersama melalui bakti sosial bias dilakukan melalui organisasi atau berupa
perintah langsung darI pengurus warga setempat yaitu ….
A.
Gubernur
|
C.
Lurah / Kepala Desa
|
B.
Wali Kota / Bupati
|
D.
RW / RT
|
18. Dalam pelaksanaan kebersihan bersama kaum laki laki
langsung bekerja dilapangan, menanam pohon, membersihkan parit/Selokan, menyapu
dan yang lainnya. Kaum perempuan aktif dengan …
A.
Memotong rumput
|
C.
membuang sampah dengan menarik gerobak
|
B.
menebang pohon
|
D.
menyediakan makan dan minuman
|
19. Dalam kebersihan sering di lupakan oleh warga
masyarakat, dalam memilah dan memilih sampah, pada hal sampah dikelompokan
menjadi tiga bagian diantaranya sampah
yang dapat digunakan dan diekonomiskan lansung berupa sampah.
A.
daun, ranting pohon
|
C.
pecahan kaca
|
B.
sisa makanan
|
D.
plastik , kertas dan logam
|
20. Sampah yang bias dimanfaatkan langsung oleh tanaman,
berupa pupuk alami, berupa sampah.
A.
daun, ranting pohon
|
C.
pecahan kaca
|
B.
sisa makanan
|
D.
plastik , kertas dan logam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar