Kamis, 04 Oktober 2012

Tes Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar

MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12

 

 
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




KELAS VII SEMESTER 1
TES AKHIR MODUL



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9
S.D.
PLH VII.1.1.12

 


MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)


TES AKHIR MODUL




MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
            Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
     1.      Penyimpanan buku tes akhir modul ini menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
   2.      Siswa yang telah menyelesaikan modul dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada guru untuk disimpan.
    3.      Pengerjaan tes akhir modul dengan menggunakan lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
    4.      Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
    5.      Buku tes akhir modul ini berisi perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :

Tes akhir modul ini mencakup:

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k



Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
7
PLH VII.1.1.9
2 X 40 menit
Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar
8
PLH VII.1.1.10
2 X 40 menit
Melestarikan Hewan Langka

PLH VII.1.1.11
2 X 40 menit
Melestarikan Tumbuhan Langka

PLH VII.1.1.12
2 X 40 menit
Memanfaatkan dan Melestarikan Tanaman Budi Daya

Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !



DAFTAR ISI
         
                  


hal
KATA PENGANTAR
..............................................................................................................................
i
DAFTAR ISI
..............................................................................................................................
ii
MODUL PLH VII.1.1.9
..............................................................................................................................

MODUL PLH VII.1.1.10
..............................................................................................................................

MODUL PLH VII.1.1.11
..............................................................................................................................

MODUL PLH VII.1.1.12
..............................................................................................................................




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.9


MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)




TES AKHIR MODUL



PENULIS
:
Drs. ASEP DANI FAUZI
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS




MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



TES AKHIR MODUL

NO.PLH.VII.1.1.9

Mata Pelajaran
:
PLH
Kelas              
:
VII (Tujuh)
Semester
:
1 (Satu)
Judul Modul 
:
Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar
Waktu
:
2 x 40 menit

Petunjuk Umum
     1.      Yang dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan kegiatan belajar modul PLH .VII.1.1.9
      2.      Banyak soal tes akhir modul ini adalah 20 soal dan harus kamu jawab semua
      3.      Periksa dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
      4.      Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
      5.      Jawaban soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada buku tulis khusus tes akhir modul
      6.      Cara menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
      7.      Untuk jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 1 (satu)
     8.      Laporkan pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau jumlah soal kurang
      9.      Periksalah pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas

Petunjuk Khusus
1.        Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 20 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul, Selamat bekerja !

    PILIHAN GANDA
    Pilihlah satu jawaban yang paling benar !

1.      Upaya memelihara lingkungan terdekat yaitu rumah kita dapat di lakukan dengan
A. membentuk tim lingkungan
C. menanam pohon di halaman
B. mengecat tembok
D. mendirikan tempat ibadah

2.      Halaman rumah sering orang mengibarat cermin penghuni rumag, artinya ….
A. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni rumahnya teratur
B. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni semrawut
C. halaman rumah kotor, pasti penghuni rumahnya teratur
D. halaman rumah bersih teratur, pasti penghuni rumahnya tertib

3.      Salah satu kegiatan kebersihan bersama yaitu Jumat bersih, hal itu termasuk memelihara lingkungan …
A. rumah
C. masyarakat
B. sekolah
D. pantai

4.      Dalam memelihara lingkungan kebersihan perlu adanya pembagian tugas, yang termasuk pembagian tugas kebersihan di rumah…
A. Menyapu halaman ruang kelas
C. Menyapu dan membersihkan meja guru
B. menanam pohon sepanjang jalan
D. adik menyiram tanaman di halaman

5.      Kebersihan di lingkungan terdekat dengan kita, yang paling potensial adalah kebersihan
A. diri sendiri
C. di sekolah
B. di rumah
D. di masyarakat

6.      Kerja bakti (bakti sosial) dilakukan oleh seluruh warga dilingkungan itu berupa ….
A. Menghias kelas dalam lomba kebersihan
C. Menyapu dan membersihkan meja guru
B. Mendirikan gapura
D. adik menyapu di halaman

7.      Kita ikut aktif berpartisifasi dengan warga masyarakat dalam memelihara lingkungan dengan tim kebersihan, apabila kita berada di daerah pantai yaitu …
A. menanam pohon bakau/manrove
C. Membuat gapura
B. menyapu dan membersihkan meja guru
D. Ibu menyapu di halaman

8.      Manusia diberkati oleh Yang Maha kuasa berupa ……. untuk mampu bertahan hidupnya dan merubah lingkungan baik kea rah yang lebih baik.
A. insting
C. naluri
B. akal pikiran
D. alami

9.      Sampah yang ada di rumah sering kita abaikan dalam memisahkannya, pada hal sampah dari rumah di kelompokan berupa :
A. plastik dan kertas
C. sisa makanan dan sisa minuman
B. organik dan an organik
D. banyak dan sedikit

10.  Menanami tanaman di rumah, apabila halaman rumah kita sempit, maka media tanaman yang lebih cocok dipergunakan berupa ….
A. tanaman pot
C. tanaman dengan pohon besar
B. tanaman apotek hidup
D. tanaman hiasan gantung

11.  Kebersihan suatu ruanga kelas menjadi tanggung jawab.
A. seluruh siswa dan semua guru
C. Kepala Sekolah dan caraka/pesuruh
B. caraka/pesuruh dan semua TU
D. wali kelas dan siswa di kelas itu

12.  Kebersihan ruangan guru menjadi tanggung jawab.
A. caraka/pesuruh  dan semua guru
C. Kepala Sekolah dan caraka/pesuruh
B. caraka/pesuruh dan semua TU
D. wali kelas dan siswa di kelas itu

13.  Membersihkan selokan, memelihara tananam di halam sekolah dan di luar kelas menjadi tanggung jawab.
A. semua guru
C. caraka/pesuruh
B. semua TU
D. siswa di kelas itu

14.  Dalam meningkatkan kebersihan Sekolah, dilakukan lomba kebersihan antar kelas bisa dilakukan suatu waktu tertentu. Dalam ajang lomba kebersihan antar kelas itu maka setiap hari kelas tersebut harus bersih dan rapih, untuk itu perlu di bentuk ….
A. piket kebersihan kelas
C. piket pencatat ke hadiran siswa
B. piket pencatat tugas guru
D. piket pencatat keuangan kelas

15.  Kita tinggal berada dilingkungan yang banyak pabrik, salah satu partisipasi aktif dalam memelihara lingkungan, agar wilayah kita nyaman, udara bersih dan segar, bersama warga ikut …
A. membangun pos ronda
C. menanam pohon
B. membangun gapura
D. membersihkan got/ solokan

16.  Untuk melakukan kebersihan di lingkungan masyarakat membentuk tim kebersihan, pembentukan tim kebersihan, tidak perlu membentuk organisasi baru tetapi dengan ….
A. mengaktifkan partai politik
C. mengaktifkan organisasi yang ada d masyarakat itu
B. mengaktifkan organisasi profesional
D. mengaktif kan organisasi Darmawanita

17.  Kebersihan bersama melalui bakti sosial  bias dilakukan melalui organisasi atau berupa perintah langsung darI pengurus warga setempat yaitu ….
A. Gubernur
C. Lurah / Kepala Desa
B. Wali Kota / Bupati
D. RW / RT

18.  Dalam pelaksanaan kebersihan bersama kaum laki laki langsung bekerja dilapangan, menanam pohon, membersihkan parit/Selokan, menyapu dan yang lainnya. Kaum perempuan aktif dengan …
A. Memotong rumput
C. membuang sampah dengan menarik gerobak
B. menebang pohon
D. menyediakan makan dan minuman 

19.  Dalam kebersihan sering di lupakan oleh warga masyarakat, dalam memilah dan memilih sampah, pada hal sampah dikelompokan menjadi  tiga bagian diantaranya sampah yang dapat digunakan dan diekonomiskan lansung berupa sampah.
A. daun, ranting pohon
C. pecahan kaca
B. sisa makanan
D. plastik , kertas dan logam 

20.  Sampah yang bias dimanfaatkan langsung oleh tanaman, berupa pupuk alami, berupa sampah.
A. daun, ranting pohon
C. pecahan kaca
B. sisa makanan
D. plastik , kertas dan logam 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar