Kamis, 04 Oktober 2012

Tes Mencintai Lingkungan

MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8



PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




KELAS VII SEMESTER 1
TES AKHIR MODUL



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8



MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)


TES AKHIR MODUL



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
            Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.      Penyimpanan buku tes akhir modul ini menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.      Siswa yang telah menyelesaikan modul dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada guru untuk disimpan.
3.      Pengerjaan tes akhir modul dengan menggunakan lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.      Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.      Buku tes akhir modul ini berisi perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :

Tes akhir modul ini mencakup:

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k



Mengembangkan Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
7
PLH VII.1.1.7
2 X 40 menit
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
8
PLH VII.1.1.8
2 X 40 menit
Melestarikan dan Memanfaatkan SDA

Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !



DAFTAR ISI
         
                  


hal
KATA PENGANTAR
..............................................................................................................................
i
DAFTAR ISI
..............................................................................................................................
ii
MODUL PLH VII.1.1.7
..............................................................................................................................

MODUL PLH VII.1.1.8
..............................................................................................................................




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.7
 


MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)




TES AKHIR MODUL




PENULIS
:
Drs. AHAN SAPARI
Drs. SONI RIVA’I
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS




MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012




TES AKHIR MODUL

NO.PLH.VII.1.1.7

Mata Pelajaran
:
PLH
Kelas              
:
VII (Tujuh)
Semester
:
1 (Satu)
Judul Modul 
:
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
Waktu
:
2 x 40 menit

Petunjuk Umum
1.        Yang dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan kegiatan belajar modul PLH.VII.1.1.7
2.        Banyak soal tes akhir modul ini adalah 10 soal dan harus kamu jawab semua
3.        Periksa dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.        Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.        Jawaban soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada buku tulis khusus tes akhir modul
6.        Cara menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
7.        Untuk jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 10 diberi skor 1 (satu)
8.        Laporkan pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau jumlah soal kurang
9.        Periksalah pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas

Petunjuk Khusus
1.        Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 10 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul

Selamat bekerja !

A.   PILIHAN GANDA
    Pilihlah satu jawaban yang paling benar !
1.      Membuat taman di sekolah merupakan wujud kecintaan terhadap...
a.       Lingkungan sekitar                              c.   Tanaman langka
b.      Tanaman liar                                        d.   Binatang liar dan langka

2.      Kita menanam tanaman di halaman rumah akan mendapat manfaat sebagai berikut, kecuali...
a.       Untuk menjaga keseimbangan alam
b.      Untuk pelestarian hutan
c.       Untuk di perdagangkan
d.      Untuk pelestarian lingkungan

3.      Lingkungan hidup terdekat yang kita cintai adalah,...
a.       Bioskop                                               c. Rumah sakit
b.      Mol                                                      d. Rumah

4.      Pelestarian lingkungan hidup di rumah dapat dilakukan dengan,...
a.       Melakukan foging nyamuk demam berdarah
b.      Menyimpan sampah pada tempat yang sudah disediakan
c.       Menanam tumbuhan di halaman
d.      Menanam tanaman langka yang mahal

5.      Hal yang dapat dilakukan sebagai wujud mencintai lingkungan di sekolah adalah, ...
a.       Menanam tanaman                              c.   Membuang sampah pada tempatnya
b.      Membuat kebun sekolah                     d.   Membuat taman fauna langka

6.      Upaya mencintai lingkungan di kelas dengan cara, ...
a.       Menutup hordeng kelas dan menyalakan lampu meskipun cuaca cerah di luar
b.      Menyalakan AC pagi-pagi  meskipun cuaca masih dingin / sejuk di luar
c.       Membuat tugas power point langsung dimasukan ke infukus
d.      Menata ruangan kelas  ada tanaman hidup dan bebas dari debu dan sampah

7.      Dibawah ini merupakan cara mengelola sampah yang baik, kecuali,...
a.       Menggunakan barang-barang yang dapat menghasilkan sampah
b.      Menyediakan tempat pembangan sampah sementara yang tertutup
c.       Menyediakan bak/tempat sampah yang tertutup dan terpilah
d.      Mengurangi penggunaan barang-barang yang dapat menghasilkan sampah

8.      Yang termasuk masalah lingkungan di sekolah adalah,...
a.       Kantin yang bersih                              c.   Adanya lapangan futsal
b.      Tidak adanya guru                              d.   Tidak ada air bersih

9.      Menjaga dan memelihara lingkungan hidup di sekitar kita merupakan wujud dari sikap kita terhadap Tuhan Yang Maha Easa, ...
a.       Rasa benci                                           c. Rasa setia
b.      Rasa Syukur                                        d. Rasa cinta

10.  Salah satu wujud kecintaan kita kepada lingkungan kota adalah dengan,...
a.       Melakukan pelestarian sumber daya alam tanbang
b.      Mencanangkan pembudidayaan hewan langka
c.       Menanam pohon di taman kota
d.      Ikut berpartisipasi dalam menerapkan peraturan daerah tentang lingkungan

B.   URAIAN
     Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !

1.      Sebutkan 4 ( empat ) ciri-ciri lingkungan yang bersih !
2.      Mengapa untuk mencintai lingkungan harus dimulai dari ruang lingkup yang dekat dengan kita ?
3.      Bagaimana cara menciptakan rumah yang sehat dan nyaman ?
4.      Jelaskan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencintai lingkungan di sekolah !
5.      Sebutkan 4 ( empat ) ciri- ciri lingkungan kelas yang sehat dan ideal !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar