MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 1
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
S.D.
PLH VII.1.1.8
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan
setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada
modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.
Penyimpanan buku tes akhir modul ini
menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.
Siswa yang telah menyelesaikan modul
dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali
kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada
guru untuk disimpan.
3.
Pengerjaan tes akhir modul dengan menggunakan
lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.
Siswa dianggap berhasil mengikuti tes
akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang
dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul
tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.
Buku tes akhir modul ini berisi
perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :
Tes
akhir modul ini mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
|
|
|
Mengembangkan Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
|
7
|
PLH VII.1.1.7
|
2 X 40 menit
|
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
|
8
|
PLH VII.1.1.8
|
2 X 40 menit
|
Melestarikan dan Memanfaatkan
SDA
|
Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !
DAFTAR ISI
hal
|
||
KATA PENGANTAR
|
..............................................................................................................................
|
i
|
DAFTAR ISI
|
..............................................................................................................................
|
ii
|
MODUL PLH VII.1.1.7
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.1.1.8
|
..............................................................................................................................
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.7
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
PENULIS
|
:
|
Drs. AHAN SAPARI
Drs. SONI RIVA’I
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
TES AKHIR MODUL
NO.PLH.VII.1.1.7
Mata Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
1 (Satu)
|
Judul Modul
|
:
|
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Petunjuk Umum
1.
Yang
dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan
kegiatan belajar modul PLH.VII.1.1.7
2.
Banyak
soal tes akhir modul ini adalah 10 soal dan harus kamu jawab semua
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.
Jawablah
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.
Jawaban
soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada
buku tulis khusus tes akhir modul
6.
Cara
menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
7.
Untuk
jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 10 diberi skor 1 (satu)
8.
Laporkan
pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau
jumlah soal kurang
9.
Periksalah
pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas
Petunjuk Khusus
1.
Untuk
soal nomor 1 sampai dengan nomor 10 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi
silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau
pada buku tulis khusus tes akhir modul
Selamat bekerja
!
A. PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang paling
benar !
1.
Membuat
taman di sekolah merupakan wujud kecintaan terhadap...
a.
Lingkungan
sekitar c. Tanaman langka
b.
Tanaman
liar d. Binatang liar dan langka
2.
Kita
menanam tanaman di halaman rumah akan mendapat manfaat sebagai berikut,
kecuali...
a.
Untuk
menjaga keseimbangan alam
b.
Untuk
pelestarian hutan
c.
Untuk
di perdagangkan
d.
Untuk
pelestarian lingkungan
3.
Lingkungan
hidup terdekat yang kita cintai adalah,...
a.
Bioskop c.
Rumah sakit
b.
Mol d.
Rumah
4.
Pelestarian
lingkungan hidup di rumah dapat dilakukan dengan,...
a.
Melakukan
foging nyamuk demam berdarah
b.
Menyimpan
sampah pada tempat yang sudah disediakan
c.
Menanam
tumbuhan di halaman
d.
Menanam
tanaman langka yang mahal
5.
Hal
yang dapat dilakukan sebagai wujud mencintai lingkungan di sekolah adalah, ...
a.
Menanam
tanaman c.
Membuang sampah pada tempatnya
b.
Membuat
kebun sekolah d.
Membuat taman fauna langka
6.
Upaya
mencintai lingkungan di kelas dengan cara, ...
a.
Menutup
hordeng kelas dan menyalakan lampu meskipun cuaca cerah di luar
b.
Menyalakan
AC pagi-pagi meskipun cuaca masih dingin
/ sejuk di luar
c.
Membuat
tugas power point langsung dimasukan ke infukus
d.
Menata
ruangan kelas ada tanaman hidup dan
bebas dari debu dan sampah
7.
Dibawah
ini merupakan cara mengelola sampah yang baik, kecuali,...
a.
Menggunakan
barang-barang yang dapat menghasilkan sampah
b.
Menyediakan
tempat pembangan sampah sementara yang tertutup
c.
Menyediakan
bak/tempat sampah yang tertutup dan terpilah
d.
Mengurangi
penggunaan barang-barang yang dapat menghasilkan sampah
8.
Yang
termasuk masalah lingkungan di sekolah adalah,...
a.
Kantin
yang bersih c. Adanya lapangan futsal
b.
Tidak
adanya guru d. Tidak ada air bersih
9.
Menjaga
dan memelihara lingkungan hidup di sekitar kita merupakan wujud dari sikap kita
terhadap Tuhan Yang Maha Easa, ...
a.
Rasa
benci c.
Rasa setia
b.
Rasa
Syukur d.
Rasa cinta
10.
Salah
satu wujud kecintaan kita kepada lingkungan kota adalah dengan,...
a.
Melakukan
pelestarian sumber daya alam tanbang
b.
Mencanangkan
pembudidayaan hewan langka
c.
Menanam
pohon di taman kota
d.
Ikut
berpartisipasi dalam menerapkan peraturan daerah tentang lingkungan
B. URAIAN
Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan
singkat dan benar !
1.
Sebutkan
4 ( empat ) ciri-ciri lingkungan yang bersih !
2.
Mengapa
untuk mencintai lingkungan harus dimulai dari ruang lingkup yang dekat dengan
kita ?
3.
Bagaimana
cara menciptakan rumah yang sehat dan nyaman ?
4.
Jelaskan
cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencintai lingkungan di sekolah !
5.
Sebutkan
4 ( empat ) ciri- ciri lingkungan kelas yang sehat dan ideal !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar