Jumat, 28 September 2012

Kerusakan Lingkungan



MODUL KEGIATAN SISWA


PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP

KELAS VII
SEMESTER 2

KTSP  2006
Standar Isi Muatan Lokal



MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012



MODUL SMP/MTs

PLH VII.2.1.1
S.d
PLH VII.2.1.4

MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : VII (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)


KEGIATAN SISWA
MEMECAHKAN MASALAH PENCEMARAN


MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan modul pembelajaran ini.
Buku ini memuat 4 (empat) modul untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas VII (tujuh) Semester 2 (dua). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 8 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar dii luar kelas.
Modul tersebut mencakup :

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII.2.1.1
2 x 40 menit
Kerusakan dan pencemaran lingkungan
2.
PLH VII.2.1.2
2 x 40 menit
Sumber pencemaran lingkungan
3.
PLH VII.2.1.3
2 x 40 menit
Dampak pencemaran lingkungan
4.
PLH VII.2.1.4
2 x 40 menit
Alternatif penanggulangan pencemaran lingkungan
            Selamat belajar ! ikuti petunjuk berikut :



DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..................................................................................................................
i
Daftar isi ............................................................................................................................
ii
PLH VII.2.1.1 ..................................................................................................................

PLH VII.2.1.2 ..................................................................................................................

PLH VII.2.1.3 ..................................................................................................................

PLH VII.2.1.4 ..................................................................................................................



PETUNJUK BAGI SISWA
1
Belajar dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
2
Belajar dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau di luar Kelas
3
Langkah langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai berikut :

a
Usahakan kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi esensial/materi pokok/materi utama.

b
Baca dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan materi pokoknya dan uraian materinya.

c
Bila dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.

d
Setelah kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulis kamu.

e
Periksalah hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.

f
Bila dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai mempelajari modul berikutnya.

g
Urutan kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari modul ini.




MODUL SMP/MTs


PLH VII.2.1.1

MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : VII (TUJUH)
SEMESTER : 2 (DUA)
WAKTU : 2 X 40 MENIT


KEGIATAN SISWA
KERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN


PENULIS : YANA RUSMANA, S.Pd
EDITOR : Drs. ENDANG HARIS



MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012



A.  PENDAHULUAN

Alhamdulillah kita bisa kembali untuk belajar Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Modul ini merupakan modul yang pertama pada Semester 2 di kelas VII pada tahun pelajaran 2012/2013.
Pada modul ini kalian akan mempelajari Pencemaran Lingkungan dengan  topik kerusakan dan pencemaran lingkungan.
Dengan mempelajari tujuan tersebut kamu perlu mempelajari dua hal yaitu :
1.         Menjelaskan pengertian kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan
2.         Mengkaji jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini, kamu bisa mempergunakan buku paket PLH kelas VII bila kamu memilikinya. Bila kamu tidak memiliki buku paket tersebut, kamu meminjam kepada teman-temanmu atau melalui internet, koran, majalah, radio atau TV yang berkaitan dengan topik tersebut.
Semoga kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh-sungguh. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 2 x 40 menit atau 2 x jam pelajaran.
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !


Selamat belajar ! Semoga kamu berhasil dengan baik.


B.  KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1 : Menganalisa kerusakan dan pencemaran lingkungan

1.      Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan pengertian kerusakan dan pencemaran lingkungan

2.      Materi Pokok      
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari pengertian kerusakan dan pencemaran lingkungan

3.      Uraian
Simaklah materi pencemaran berikut ini !

Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari lingkungannya. Baik lingkungan sosial ataupun lingkungan alam. Hampir semua aktivitas manusia bergantung pada lingkungan. Lingkungan memiliki pengertian sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan biotik (mahluk hidup) dan lingkungan abiotik (benda mati).
Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.

A.          Kerusakan Lingkungan
Masalah lingkungan adalah ulah manusia dalam kegiatannya yang mengancam manusia dan lingkungan hidupnya. Tidak sedikit kegiatan manusia yang berdampak terhadap rusaknya lingkungan hidup, seperti :

1.         Penebangan hutan secara liar
2.         Perburuan liar
3.         Merusak hutan bakau
4.         Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman
5.         Membuang sampah sembarangan
6.        Membuat bangunan di daerah aliran sungai (DAS)
7.  Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan
8.         Pembakaran hutan
9.         Kegiatan penambangan
10.         Pembakaran sampah

Pencemaran Sampah    

Kerusakan lingkungan jenis lain adalah pengotoran terhadap lingkungan atau pencemaran lingkungan.

B.           Pencemaran Lingkungan

Semakin meningkatnya jumlah populasi manusia, menyebabkan semakin banyak timbulnya permasalahan di lingkungan sekitar kita. Salah satu permasalahan yang timbul adalah pencemaran lingkungan. Menurut Undang-Undang Lingkungan hidup No. 4 Tahun 1982, menyebutkan bahwa pencemaran adalah masuk atau dimasukannya mahluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan-tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya. Tidak semua zat atau komponen yang masuk kedalam lingkungan dikatakan sebagai zat pencemar atau polutan. Berikut beberapa kriteria suatu zat dikatakan sebagai polutan :
1.    Jika jumlahnya melebihi jumlah normal
2.    Jika berada pada waktu yang tidak tepat
3.    Jika berada pada tempat yang tidak tepat.

Sedangkan zat pencemar memiliki sifat sebagai berikut :
1.    Merusak sementara tetapi jika telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi
2.    Merusak dalam jangka waktu lama, contohnya Pb (timbal) tidak merusak jika konsentrasinya rendah, tapi jika dalam jangka waktu yang lama Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat merusak.

Untuk mengetahui apakah suatu lingkungan tercemar atau tidak, atau untuk mengetahui seberapa besar kadar pencemaran dalam lingkungan dapat dilihat darii parameter sebagai berikut :
1.     Parameter kimia
Parameter ini meliputi kandungan karbondioksida (CO2), tingkat keasaman (pH), dan kadar logam-logam berat dalam lingkungan tersebut.
2.     Parameter fisik
Dapat dilihat dari suhu, warna, rasa, bau dan radioaktivitas pada lokasi tersebut
3.     Parameter biologi
Dapat dilihat dari ada tidaknya mikroorganisme (bakteri E. coli, virus, bentos, plankton) dalam wilayah tersebut
4.     Parameter biokimia
Dapat dilihat dari BOD (Biological Oxygen Demand)/ kebutuhan oksigen secara biologis.
4.     Tugas 1  
1.   Jelaskan apa yang di maksud dengan lingkungan !
            2.   Apa yang dimaksud dengan lingkungan biotik dan lingkungan abiotik, berikan pula contohnya !
            3.   Sebutkan lima kegiatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan !
4.   Sebutkan tiga kriteria zat pencemar !
5.   Hal apa saja yang menjadi parameter kimia pada pencemaran lingkungan ?

5.   Rangkuman
         1.   Berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua     benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.
           2.   Kegiatan manusia yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan adalah : penebangan hutan secara  liar, pembakaran hutan, perusakan hutan bakau, pemanfaatan SDA secara berlebihan dll
           3.   Menurut UU No.4 Tahun 1982 disebutkan bahwa pencemaran adalah masuk atau dimasukannya mahluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain kedalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan-tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi dengan peruntukannya.
          4.   Kriteria zat pencemar adalah : jumlahnya melebihi batas normal, berada pada  waktu yang tidak tepat, berada pada tempat yang tidak tepat
       5.   Parameter pencemaran terdiri dari parameter kimia (kandungan karbondioksida (CO2), tingkat keasaman (pH), dan kadar logam-logam berat), parameter biologi (ada tidaknya mikroorganisme), parameter biokimia (dilihat dari BOD), parameter fisika (rasa, bau, warna)

C. KUNCI JAWABAN

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban
1.
1.
segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung ataupun tidak langsung
2.
Lingkungan biotik adalah mahluk hidup, meliputi manusia, hewan, tumbuhan
Lingkungan abiotik adalah benda mati yang dapat mempengaruhi aktivitas mahluk hidup seperti suhu, air, cahaya matahari
3.
11.  Penebangan hutan secara liar
12.  Merusak hutan bakau
13.  Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman
14.  Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan
15.  Pembakaran hutan
4.
jumlahnya melebihi batas normal, berada pada  waktu yang tidak tepat, berada pada tempat yang tidak tepat
5.
kandungan karbondioksida (CO2), tingkat keasaman (pH), dan kadar logam-logam berat


GLOSARIUM

Abiotik
Benda mati atau benda tak hidup, tidak memiliki ciri-ciri kehidupan
Biotik
Mahluk hidup secara keseluruhan beserta proses-prosesnya baik manusia, hewan, tumbuhan
Parameter
Ukuran tertentu yang dipergunakan untuk menentukan ambang batas pengukuran
populasi
Kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu
polutan
Zat-zat, unsur, energi atau komponen yang menyebabkan lingkungan tercemar
pH
Derajat keasaman suatu zat
Bentos
Hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar perairan
Plankton
Hewan dan tumbuhan kecil yang melayang-layang di dalam air



KEGIATAN 2 : Menganalisa kerusakan dan pencemaran lingkungan
 
            1.    Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat mengkaji jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan

            2.      Materi Pokok
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan

3.      Uraian

Jenis-jenis Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan

            A.    Kerusakan lingkungan
Berdasarkan faktor penyebabnya, bentuk kerusakan lingkungan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
1.      Kerusakan lingkungan akibat peristiwa alam
Yaitu bentuk kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi secara alami. Misalnya :
a.          Gunung meletus
b.         Tsunami
c.          Gempa bumi, ialah getaran yang terjadi akibat dari dalam bumi
d.         Erosi dan abrasi
            2.      Kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia
Yaitu kerusakan lingkungan yang  disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Seperti :
a.          Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, tanah, air dan suara)
b.         Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase dan dampak pengrusakan hutan
c.          Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan

           B.     Pencemaran Lingkungan
Jenis-jenis pencemaran/polusi dapat dibedakan berdasarkan tempat terjadinya, bahan pencemarnya, serta tingkat pencemaran. Berikut akan dibahas satu persatu jenis-jenis pencemaran lingkungan.
            a.       Pencemaran lingkungan berdasarkan tempat terjadinya, dibedakan menjadi :

1.     Pencemaran udara, pencemaran ini  terjadi saat komponen udara berada dalam jumlah di atas ambang normal dan membahayakan lingkungan. Yang menjadi polutan pada karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2) atau asap kendaraan bermotor.
Pencemaran Udara

2.     Pencemaran air yaitu masuknya zat pencemar kedalam lingkungan perairan yang menyebabkan kualitas air menurun. Pencemaran/polusi air dapat disebabkan oleh pembuangan limbah industri, sampah organik, tumpahan minyak bumi di laut, pupuk pertanian yang terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi. Air yang tercemar memiliki ciri bau menyengat, warnanya keruh dan kehitam-hitaman.

Pencemaran Air

3.     Pencemaran tanah yaitu masuknya zat pencemar kedalam lingkungan tanah sehingga mengakibatkan kualitas tanah menurun. Polusi ini disebabkan oleh penggunaan pupuk berlebih, sampah-sampah plastik yang sukar hancur, detergent, insektisida.
Pencemaran Tanah

           4.      Pencemaran suara, disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, radio/tape recorder yang berbunyi keras.
            b.      Pencemaran lingkungan berdasarkan zat pencemarnya, dibedakan menjadi :
           1.      Pencemaran kimiawi, yaitu zat pencemarnya berupa zat-zat kimia seperti zat raddioaktif, logam (Hg,   Pb, As, Cd, Cr, dan Hi), pupuk anorganik, pestisida dan detergent
       2.      Pencemaran biologi, zat pencemarnya berupa mikroorganisme seperti bakteri Escherichia coli , Salmonella thyposa, Entamoeba coli.
           3.      Pencemaran fisika, zat pencemarnya berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet.
            c.       Pencemaran lingkungan berdasarkan tingkat pencemarannya
Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu :
         1.      Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain
            2.      Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit kronis
          3.      Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besar sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian.

            4.      Tugas 2
          1.      Kerusakan lingkungan salah satunya bisa disebabkan karena kegiatan manusia, sebutkan beberapa jenis kerusakan Lingkungan yang di akibatkan oleh kegiatan manusia  tersebut !
            2.      Apakah yang menyebabkan terjadinya tanah longsor ?
            3.      Jelaskan jenis-jenis pencemaran berdasarkan tempat terjadinya !
            4.      apa yang akan terjadi jika menggunakan pupuk secara berlebihan ?
            5.      menurut WHO tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu 
                  (lamanya) kontak, sebutkanlah jenis pencemaran berdasarkan tingkat pencemaranya!

            5.      Rangkuman
           1.      Berdasarkan faktor penyebabnya, bentuk kerusakan lingkungan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu : kerusakan lingkungan akibat peristiwa alam dan kerusakan lingkungan akibat kegiatan manusia
          2.      Pencemaran lingkungan berdasarkan tempat terjadinya dibedakan menjadi 4 jenis yaitu pencemaran udara,pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara
         3.      Pencemaran lingkungan berdasarkan jenis zat pencemarnya/polutannya dibedakan menjadi 3 yaitu pencemaran kimia, pencemaran fisika dan pencemaran biologi
            4.      Pencemaran lingkungan berdasarkan tingkat pencemarannya
Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu :
1.    Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain
2.    Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit kronis
3.    Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besar sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian.

KUNCI JAWABAN

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban
2.
1.
a.    Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, tanah, air dan suara)
b.    Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase dan dampak pengrusakan hutan
c.    Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan
2.
Penebangan hutan secara liar, gempa tektonik, curah hujan yang tinggi
3.
a.    Pencemaran udara :masuknya zat pencemar kedalam lingkungan udara sehingga menyebabkan kualitas udara menurun
b.    Pencemaran air : masuknya zat pencemar ke dalam perairan yang menyebabkan kualitas air menurun
c.    Pencemaran tanah : masuknya zat pencemar ke dalam lingkungan tanah yang menyebabkan kualitas tanah menurun
d.   Pencemaran suara : disebabkan oleh suara-suara yang keras
4.
Jika terakumulasi dapat menyebabkan terjadinya eutrofikasi/ dapat mencemari lingkungan perairan
5.
a.     Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain
b.     Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit kronis
c.     Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besar sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian


GLOSARIUM

Abrasi
Pengikisan tanah oleh gelombang laut
Anorganik
Berhubungan dengan benda-benda mati atau selain manusia, hewan, tumbuhan
Ekosistem
Hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya
Erosi
Pengikisan lapisan permukaan tanah oleh air
Eutrofikasi
Proses perkembangbiakan tumbuhan air (ganggang) yang sangat cepat
Insektisida
Senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh serangga
Pestisida
Bahan kimia yang digunakan untuk menahan pertumbuhan atau mematikan hama
Polusi
Pencemaran, kontaminasi lingkungan/ekosistem alami  yang disebabkan adanya kegiatan manusia

DAFTAR PUSTAKA

Asmara, Adi. (2010). Lingkunganku Sahabatku. Bandung : CV. Atikan Mandiri.
Abas, Mohamad., Dkk. (2008). Pendidikan Lingkungan Hidup. Tasikmalaya : CV. Multipesona    Grafika.
Sudarmono. (2010). Panduan Belajar Kelas 7 SMP. Yogyakarta : Primagama.
Ratnawati, Kania. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs. Bandung : CV. Thursina.

Website



Tidak ada komentar:

Posting Komentar