Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Alternatif Penanganan Lingkungan




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.4


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


ALTERNATIF PENANGGULANGAN DAN PENANGANAN PENCEMARAN

PENULIS
:
ROSTINI SOFYAN, S.Pd
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS






                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012





PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran 
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas   
:
VII
Semester
:
1
Nomor Modul   
:
PLH VII.2.1.5
Judul Modul
:
Alternatif Penanggulangan dan Penanganan Pencemaran

            A.     Indikator Pembelajaran
Siswa Mencari alternatif penanggulangan pencemaran lingkungan

           B.     Tujuan Pembelajaran
            Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
   1.      Mendeskripsikan penanggulangan pencemaran lingkungan
   2.      Mengidentifikasi penanganan pencemaran tanah, air, udara

           C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

penanggulangan pencemaran lingkungan.
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
penanggulangan pencemaran lingkungan
video :
penanggulangan pencemaran lingkungan
2 x 40 menit
2
Identifikasi penanganan pencemaran tanah, air dan udara.
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
Chart dan video :
Penanganan pencemaran lingkungan

3
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit

             D.    Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
15 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 15
=
30
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
2


d. Skor ideal soal uraian
=
2 x 5
=
10
e. Total skor ideal    
=
30 + 10
=
40
f. Nilai akhir siswa
=
40/3 x 10
=
100






               3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5,7,8
PG
2.
1,2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
9,10,11,12,13,14,15
PG

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

            E.      Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis          : M. Abas dkk
    Penerbit        : Erlangga, Jakarta
    Edisi : Pertama, Tahun 2010

2. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup
    Penulis          : Tatik Wijayanti dkk
    Penerbit        : Prisma Esta Utama, Bandung
    Edisi : Pertama, Tahun 2010

3. Website


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar