Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Mengurangi Pencemaran




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7





PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP




KELAS VII SEMESTER 1
PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7



MATA PELAJARAN   : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)



PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 2 (dua), dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran Nomor PLH VII.2.1.6 s.d PLH VII.2.1.7 modul tersebut meliputi :
No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH  VII.2.1.6
2 X 40 menit
Peran aktif dalam mengurangi pencemaran lingkungan
2.
PLH VII.2.1.7

Menyenangi lingkungan yang tidak tercemar

Selamat bekerja !
                                                        DAFTAR ISI
Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii



PLH VII.2.1.6

5
PLH VII.2.1.7





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


MENGURANGI PENCEMARAN LINGKUNGAN

PENULIS
:
LENA SUWARTINI, S.Pd
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS

                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas  
:
VII (TUJUH)
Semester
:
2 (DUA)
Nomor Modul
:
PLH VII.2.1.6
Judul Modul
:
Mengurangi Pencemaran Lingkungan

A.     Indikator Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan upaya mengurangi pencemaran lingkungan

B.     Tujuan Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan peran aktif mengurangi pencemaran lingkungan
2.      Mengidentifikasi upaya mengurangi pencemaran lingkungan


C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Mendeskripsikan Peran aktif mengurangi Pencemaran
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
Pencemaran lingkungan dan pengrusakan lingkungan
2 x 40 menit
2
Identifikasi upaya mengurangi pencemaran lingkungan
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
Chart dan video :
Upaya mengurangi pencemaran lingkungan

3
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit


D.     Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
15 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 15
=
30
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
4


d. Skor ideal soal uraian
=
4 x 5
=
20
e. Total skor ideal   
=
30 + 20
=
50
f. Nilai akhir siswa
=
50/5 x 10
=
100


3.    Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
2.1.1
1, 2,3,4,5,6,7
PG
2.
2.1.2
8,9,10,11,12,13,14,15
PG
3.
2.1.1
1,2
Uraian
4.
2.1.2
3,4,5
Uraian

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

E.      Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : M. Abas dkk
    Penerbit       : Erlangga, Jakarta
    Edisi            : Pertama, Tahun 2010

2. Website
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora
   



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar