MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 1
PETUNJUK
GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
PETUNJUK
GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 2 (dua), dalam menggunakan
Modul Mata Pelajaran Nomor PLH
VII.2.1.6
s.d PLH
VII.2.1.7
modul tersebut meliputi :
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
1.
|
PLH VII.2.1.6
|
2 X 40 menit
|
Peran aktif dalam mengurangi pencemaran lingkungan
|
2.
|
PLH
VII.2.1.7
|
|
Menyenangi
lingkungan yang tidak tercemar
|
Selamat
bekerja !
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
|
i
|
|
Daftar isi
|
ii
|
|
|
||
PLH VII.2.1.6
|
5
|
|
PLH VII.2.1.7
|
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
PETUNJUK GURU
MENGURANGI
PENCEMARAN LINGKUNGAN
PENULIS
|
:
|
LENA SUWARTINI, S.Pd
|
EDITOR
|
:
|
DRS. ENDANG HARIS
|
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan
Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII (TUJUH)
|
Semester
|
:
|
2 (DUA)
|
Nomor Modul
|
:
|
PLH
VII.2.1.6
|
Judul Modul
|
:
|
Mengurangi Pencemaran Lingkungan
|
A. Indikator
Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan
upaya mengurangi pencemaran lingkungan
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Mendeskripsikan
peran aktif mengurangi pencemaran lingkungan
2.
Mengidentifikasi
upaya mengurangi pencemaran lingkungan
C.
Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan
Sumber Bahan
No
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
Mendeskripsikan Peran aktif
mengurangi Pencemaran
|
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
|
Chart :
Pencemaran lingkungan dan
pengrusakan lingkungan
|
2 x 40 menit
|
2
|
Identifikasi upaya mengurangi
pencemaran lingkungan
|
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
|
Chart dan video :
Upaya mengurangi pencemaran
lingkungan
|
|
3
|
Materi No.
1 s.d 2
|
Tes Akhir Modul
|
Tes Objektif
|
2 x 40 menit
|
D.
Penilaian
1.
Bentuk Instrumen
|
||||
a. Tes
Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
15 soal
|
||
b. Tes
Objektif Uraian
|
=
|
5 soal
|
||
2. Skor
Nilai
|
||||
a. Skor
tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|
|
b. Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 15
|
=
|
30
|
c. Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
4
|
|
|
d. Skor ideal soal uraian
|
=
|
4 x 5
|
=
|
20
|
e. Total skor ideal
|
=
|
30 + 20
|
=
|
50
|
f. Nilai akhir siswa
|
=
|
50/5 x
10
|
=
|
100
|
3.
Kesesuaian
Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
2.1.1
|
1, 2,3,4,5,6,7
|
PG
|
2.
|
2.1.2
|
8,9,10,11,12,13,14,15
|
PG
|
3.
|
2.1.1
|
1,2
|
Uraian
|
4.
|
2.1.2
|
3,4,5
|
Uraian
|
4.
Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E. Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan
Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
Erlangga, Jakarta
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
2. Website
http://v3fatmawati.blogspot.com/2011/04/daerah-di-indonesia-penghasil-sumber.html
http://cyborgrizki.wordpress.com/2011/10/12/opec-permintaan-minyak-dunia-menurun/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jasad_renik
http://id.wikipedia.org/wiki/Flora
Tidak ada komentar:
Posting Komentar