MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.1
S.D.
PLH VII.2.1.4
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 1
PETUNJUK
GURU
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.1
S.D.
PLH VII.2.1.4
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
PETUNJUK GURU
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 2 (dua), dalam menggunakan
Modul Mata Pelajaran Nomor PLH
VII.2.1.1 s.d PLH VII.2.1.4 modul tersebut meliputi :
No
|
Kode
Modul
|
Jumlah
Jam
|
T
o p i k
|
1.
|
PLH VII.2.1.1
|
2 X 40 menit
|
Kerusakan dan pencemaran
lingkungan
|
2.
|
PLH VII.2.1.2
|
2 X 40 menit
|
Sumber pencemaran
lingkungan
|
3.
|
PLH VII.2.1.3
|
2 X 40 menit
|
Dampak pencemaran
lingkungan
|
4
|
PLH VII.2.1.4
|
2 X 40 menit
|
Alternatif penanggulangan
pencemaran lingkungan
|
Selamat
bekerja !
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
|
i
|
|
Daftar isi
|
ii
|
|
|
||
PLH VII.2.1.1
|
5
|
|
PLH VII.2.1.2
|
|
|
PLH VII.2.1.3
|
|
|
PLH VII.2.1.4
|
|
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.1
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
PETUNJUK GURU
KERUSAKAN DAN
PENCEMARAN LINGKUNGAN
PENULIS
|
:
|
YANA RUSMANA, S.Pd
|
EDITOR
|
:
|
DRS. ENDANG HARIS
|
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII
|
Semester
|
:
|
2
|
Nomor Modul
|
:
|
PLH VII.2.1.1
|
Judul Modul
|
:
|
Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan
|
A.
Indikator
Pembelajaran
Siswa menganalisa kerusakan dan pencemaran lingkungan
B.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, siswa
dapat :
1.
Menjelaskan pengertian kerusakan dan pencemaran
lingkungan
2.
Mengkaji
jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan
3.
Menyebutkan jenis-jenis kerusakan dan pencemaran
lingkungan
C.
Materi,
Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan
No.
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Belajar
|
Alat dan Bahan
|
Waktu
|
1
|
Menjelaskan pengertian
kerusakan dan pencemaran lingkungan
|
Belajar mandiri
Diskusi
Kelompok
|
Chart :
Berbagai jenis kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan
|
2 x 40 menit
|
2
|
Jenis-jenis
kerusakan dan pencemaran lingkungan
|
Belajar mandiri
dan
diskusi kelompok
|
Chart :
Berbagai jenis kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan
|
|
3
|
Materi No. 1 s.d 2
|
Tes Akhir Modul
|
Tes Objektif
|
2 x 40 menit
|
D.
Penilaian
1. Bentuk Instrumen
|
||||
a.
Tes Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
15 soal
|
||
b.
Tes Objektif Uraian
|
=
|
5 soal
|
||
2. Skor Nilai
|
||||
a.
Skor tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|
|
b.
Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 15
|
=
|
30
|
c.
Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
4
|
|
|
d.
Skor ideal soal uraian
|
=
|
4 x 5
|
=
|
20
|
e.
Total skor ideal
|
=
|
30 + 20
|
=
|
50
|
f.
Nilai akhir siswa
|
=
|
50/5 x 10
|
=
|
100
|
3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan
Alat Penilaian
No
|
No
Tujuan Pembelajaran
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Instrumen
|
1.
|
1
|
1, 2,3,4,5,6,7,8
|
PG
|
2.
|
1,2
|
1, 2, 3, 4, 5
|
Uraian
|
3.
|
2
|
9,10,11,12,13,14,15
|
PG
|
4.
Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E.
Bahan
Pengayaan
1.
Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
Penulis : M. Abas dkk
Penerbit : CV. Multipesona Grafika
Edisi : Pertama, Tahun
2008
2.
Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup
Penulis : Kania Ratnawati
Penerbit : CV. Thursina
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
3.
Website
Tidak ada komentar:
Posting Komentar