Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Kerusakan Lingkungan




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.1
S.D.
PLH VII.2.1.4

 


PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

 
KELAS VII SEMESTER 1
PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.1
S.D.
PLH VII.2.1.4



MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)



PETUNJUK GURU



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini merupakan Petunjuk Bagi Guru Mata Pelajaran untuk Kelas VII Semester 2 (dua), dalam menggunakan Modul Mata Pelajaran Nomor PLH VII.2.1.1 s.d PLH VII.2.1.4 modul tersebut meliputi :
No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII.2.1.1
2 X 40 menit
Kerusakan dan pencemaran lingkungan
2.
PLH VII.2.1.2
2 X 40 menit
Sumber pencemaran lingkungan
3.
PLH VII.2.1.3
2 X 40 menit
Dampak pencemaran lingkungan
4
PLH VII.2.1.4
2 X 40 menit
Alternatif penanggulangan pencemaran lingkungan

 Selamat bekerja !

                                  

DAFTAR ISI
                    

Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii



PLH VII.2.1.1

5
PLH VII.2.1.2


PLH VII.2.1.3


PLH VII.2.1.4





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.1


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT

GB

PETUNJUK GURU


KERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

PENULIS
:
YANA RUSMANA, S.Pd
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS

                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas  
:
VII
Semester
:
2
Nomor Modul
:
PLH VII.2.1.1
Judul Modul
:
Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan

A.       Indikator Pembelajaran
Siswa menganalisa kerusakan dan pencemaran lingkungan

B.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.   Menjelaskan pengertian kerusakan dan pencemaran lingkungan
2.   Mengkaji jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan
3.   Menyebutkan jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan

C.       Materi, Kegiatan Belajar, Alat dn Sumber Bahan
No.
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1
Menjelaskan pengertian kerusakan dan pencemaran lingkungan
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
Berbagai jenis kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan




   2 x 40 menit
2
Jenis-jenis kerusakan dan pencemaran lingkungan
Belajar mandiri
dan diskusi kelompok
Chart :
Berbagai jenis kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan
3
Materi No. 1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit

D.       Penilaian
1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
15 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 15
=
30
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
4


d. Skor ideal soal uraian
=
4 x 5
=
20
e. Total skor ideal   
=
30 + 20
=
50
f. Nilai akhir siswa
=
50/5 x 10
=
100
  
               3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5,6,7,8
PG
2.
1,2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
9,10,11,12,13,14,15
PG

               4.   Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila   nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

E.        Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis             : M. Abas dkk
    Penerbit           : CV. Multipesona Grafika
    Edisi                : Pertama, Tahun 2008
2. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup
    Penulis             : Kania Ratnawati
    Penerbit           : CV. Thursina
    Edisi                : Pertama, Tahun 2010
3. Website



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar