Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Melestarikan Tanaman Budi Daya





MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.11


MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


MEMANFAATKAN DAN MELESTARIKAN TANAMAN BUDI DAYA


PENULIS
:
WIWIK KADARWATI. S. Pd

:
REVA RISWANTI S.Pd
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS









                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



 PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas  
:
VII
Semester
:
1
Nomor Modul
:
PLH VII.1.1.12
Judul Modul
:
Melestarikan Tanaman Budi Daya


           A.    Indikator Pembelajaran
           Mendeskripsikan tanaman budi daya (tanaman hias dan tanaman obat keluarga/toga).

          B.     Tujuan Pembelajaran
           Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.         Menjelaskan Pengertian pelestarian tanaman budidaya.
2.         Menjelaskan Pengertian  pemanfaatan tananaman budidaya
3.         Menyebutkan contoh tanaman budidaya
4.         Mengelompokan tanaman budidaya menjadi tanaman hias dan tanaman obat.
5.         Membuat contoh bentuk pelestarian tanaman budidaya
6.         Menjelaskan apotek hidup
7.         Mengidentifikasi tanaman hias dan tanaman obat keluarga

           C.    Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Pelestarian tanaman
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
GBR :
Macam pelestarian in situ dan pelestarian exsitu.
video :
jenis-jenis pelestarian tanaman.
2 x 40 menit
2
Budidaya tanaman

Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
GBR dan video :
jenis-jenis budidaya tanaman vegetatif generatif.

3
manfaatan tananaman budidaya (tanaman obat dan hias)
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
GBR :
 Macam-macam tanaman obat dan tanaman hias.
video :
Macam-macam tanaman obat dan tanaman hias.
2 x 40 menit

D.    Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
20 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 20
=
40
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
2


d. Skor ideal soal uraian
=
2 x 5
=
10
e. Total skor ideal   
=
40 + 10
=
50
f. Nilai akhir siswa
=
50/5 x 10
=
100






              3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 2,3,4,5,6,7,8,9,10
PG
2.
1,2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
PG

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

E.     Bahan Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : M. Abas dkk
    Penerbit       : Erlangga, Jakarta
    Edisi            : Pertama, Tahun 2010

2 Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : M. Abas dkk
    Penerbit       : CV Multipesona Grafika
    Edisi            : Tahun 2012.

3. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : Kania    Ratnawati
    Penerbit       : CV Thursina
    Edisi            : Tahun 2002

4. Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup,
    Penulis         : adi Asmara
    Penerbit       : CV Atikan Mandiri
    Edisi            : Tahun 2010.

3. Website

Tidak ada komentar:

Posting Komentar