MODUL SMP/ MTs
PLH VII.1.1.11
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
|
PETUNJUK GURU
MEMANFAATKAN DAN MELESTARIKAN TANAMAN BUDI DAYA
|
|||||||||||
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
PETUNJUK GURU
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Lingkungan Hidup
|
Kelas
|
:
|
VII
|
Semester
|
:
|
1
|
Nomor Modul
|
:
|
PLH VII.1.1.12
|
Judul Modul
|
:
|
Melestarikan Tanaman Budi Daya
|
A. Indikator Pembelajaran
Mendeskripsikan
tanaman budi daya (tanaman hias dan tanaman obat keluarga/toga).
B. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.
Menjelaskan
Pengertian pelestarian tanaman budidaya.
2.
Menjelaskan
Pengertian pemanfaatan tananaman
budidaya
3.
Menyebutkan
contoh tanaman budidaya
4.
Mengelompokan
tanaman budidaya menjadi tanaman hias dan tanaman obat.
5.
Membuat
contoh bentuk pelestarian tanaman budidaya
6.
Menjelaskan
apotek hidup
7.
Mengidentifikasi
tanaman hias dan tanaman obat keluarga
C. Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan
No
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Belajar
|
Alat dan
Bahan
|
Waktu
|
1
|
Pelestarian
tanaman
|
Belajar
mandiri
Diskusi
Kelompok
|
GBR :
Macam
pelestarian in situ dan pelestarian exsitu.
video :
jenis-jenis pelestarian
tanaman.
|
2 x
40 menit
|
2
|
Budidaya
tanaman
|
Belajar
mandiri
Sosialisasi
informasi dan diskusi
|
GBR dan video
:
jenis-jenis budidaya
tanaman vegetatif generatif.
|
|
3
|
manfaatan
tananaman budidaya (tanaman obat dan hias)
|
Belajar
mandiri
Sosialisasi
informasi dan diskusi
|
GBR :
Macam-macam tanaman obat dan tanaman hias.
video :
Macam-macam
tanaman obat dan tanaman hias.
|
2 x 40 menit
|
D.
Penilaian
1.
Bentuk Instrumen
|
|||||
a. Tes
Objektif Pilihan Ganda
|
=
|
20 soal
|
|||
b. Tes
Objektif Uraian
|
=
|
5 soal
|
|||
2. Skor
Nilai
|
|||||
a. Skor
tiap nomor soal pilihan ganda
|
=
|
2
|
|||
b. Skor ideal soal pilihan ganda
|
=
|
2 x 20
|
=
|
40
|
|
c. Skor tiap nomor soal uraian
|
=
|
2
|
|||
d. Skor ideal soal uraian
|
=
|
2 x 5
|
=
|
10
|
|
e. Total skor ideal
|
=
|
40 + 10
|
=
|
50
|
|
f. Nilai akhir siswa
|
=
|
50/5 x 10
|
=
|
100
|
|
3. Kesesuaian
Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian
No
|
No Tujuan
Pembelajaran
|
Nomor Soal
|
Bentuk Instrumen
|
1.
|
1
|
1, 2,3,4,5,6,7,8,9,10
|
PG
|
2.
|
1,2
|
1, 2, 3, 4, 5
|
Uraian
|
3.
|
2
|
11, 12, 13,
14, 15, 16, 17, 18, 19, 20
|
PG
|
4. Siswa
dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai
7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial
untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan
materi itu.
E.
Bahan
Pengayaan
1. Buku Paket Pendidikan
Lingkungan Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
Erlangga, Jakarta
Edisi :
Pertama, Tahun 2010
2 Buku Paket
Pendidikan Lingkungan Hidup,
Penulis :
M. Abas dkk
Penerbit :
CV Multipesona Grafika
Edisi :
Tahun 2012.
3. Buku Paket
Pendidikan Lingkungan Hidup,
Penulis :
Kania Ratnawati
Penerbit :
CV Thursina
Edisi :
Tahun 2002
4. Buku Paket
Pendidikan Lingkungan Hidup,
Penulis :
adi Asmara
Penerbit :
CV Atikan Mandiri
Edisi :
Tahun 2010.
3. Website
Tidak ada komentar:
Posting Komentar