Selasa, 02 Oktober 2012

Pedoman Melestarikan Hewan Langka



MODUL SMP/ MTs

PLH VII.1.1.10

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



PETUNJUK GURU


MELESTARIKAN HEWAN LANGKA

PENULIS
:
SUMARYATI, S.Pd
EDITOR
:
DRS. ENDANG HARIS






                                          
MGMP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012




PETUNJUK GURU

Mata Pelajaran 
:
Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas   
:
VII
Semester
:
1
Nomor Modul   
:
PLH VII.1.1.10
Judul Modul
:
Melestarikan Hewan Langka



            A.     Indikator Pembelajaran
            Siswa mendeskripsikan upaya pelestarian hewan-hewan langka di lingkungan sekitar

            B.     Tujuan Pembelajaran
            Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat :
1.    Menyebutkan upaya pelestarian hewan-hewan langka di lingkungan sekitar.
2.    Mengidentifikasi hewan langka yang dilindungi di Indonesia.
 
            C.     Materi, Kegiatan Belajar, Alat dan Sumber Bahan

No
Materi Pokok
Kegiatan Belajar
Alat dan Bahan
Waktu
1

Upaya pelestarian hewan-hewan langka
Belajar mandiri
Diskusi Kelompok
Chart :
jenis-jenis hewan langka yang ada di Indonesia
video :
jenis-jenis hewan langka
2 x 40 menit
2
Identifikasi hewan langka yang dilindungi di Indonesia
Belajar mandiri
Sosialisasi informasi dan diskusi
Chart dan video :
jenis-jenis hewan langka

5
Materi No.
1 s.d 2
Tes Akhir Modul
Tes Objektif
2 x 40 menit

              D.     Penilaian

1. Bentuk Instrumen
a. Tes Objektif Pilihan Ganda
=
15 soal
b. Tes Objektif Uraian
=
5 soal
2. Skor Nilai
a. Skor tiap nomor soal pilihan ganda
=
2


b. Skor ideal soal pilihan ganda
=
2 x 15
=
30
c. Skor tiap nomor soal uraian
=
2


d. Skor ideal soal uraian
=
2 x 5
=
10
e. Total skor ideal    
=
30 + 10
=
40
f. Nilai akhir siswa
=
40/4 x 10
=
100






              3. Kesesuaian Tujuan Pembelajaran dengan Alat Penilaian

No
No Tujuan Pembelajaran
Nomor Soal
Bentuk Instrumen
1.
1
1, 4, 5, 6, 7, 10, 11, 12, 13, 14
PG
2.
1,2
1, 2, 3, 4, 5
Uraian
3.
2
2,3,8,9,15
PG

4.    Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.

           E.     Bahan Pengayaan
1.    Buku Paket Pendidikan Lingkungan Hidup
Penulis         : M. Abas dkk
Penerbit       : Erlangga, Jakarta
Edisi : Pertama, Tahun 2010

2.    Buku Paket .Pendidikan lingkungan Hidup
Penulis         : Kania Ratnawati
Penerbit       : Thursina Bandung
Edisi : Pertama, tahun 2011

3.    Buku Paket  Pendidikan Lingkungan Hidup
Penulis         : Giyarto
Penerbit       : Pakar Raya,Bandung
Edisi            : Pertama, tahun 2009

4.    Website




Tidak ada komentar:

Posting Komentar