MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 2
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 2
(dua)
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan
setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada
modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.
Penyimpanan buku tes akhir modul ini
menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.
Siswa yang telah menyelesaikan modul
dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali
kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada
guru untuk disimpan.
3.
Pengerjaan tes akhir modul dengan
menggunakan lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.
Siswa dianggap berhasil mengikuti tes
akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang
dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul
tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.
Buku tes akhir modul ini berisi
perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :
Tes
akhir modul ini mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
|
|
|
Mencegah Terjadinya Pencemaran
Lingkungan
|
6
|
PLH VII.2.1.6
|
2 X 40 menit
|
Mengurangi Pencemaran
Lingkungan
|
7
|
PLH VII.2.1.7
|
2 X 40 menit
|
Menyukai Lingkungan Yang
Tidak Tercemar
|
Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !
DAFTAR ISI
hal
|
||
KATA PENGANTAR
|
..............................................................................................................................
|
i
|
DAFTAR ISI
|
..............................................................................................................................
|
ii
|
MODUL PLH VII.2.1.6
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.2.1.7
|
..............................................................................................................................
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.6
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
PENULIS
|
:
|
LENA SUWARTINI, S.Pd
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
TES AKHIR MODUL
NO.PLH.VII.2.1.6
Mata Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
2 (Dua)
|
Judul Modul
|
:
|
Mengurangi Pencemaran Lingkungan
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Petunjuk Umum
1.
Yang
dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan
kegiatan belajar modul PLH.VII.2.1.6
2.
Banyak
soal tes akhir modul ini adalah 15 soal dan harus kamu jawab semua
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.
Jawablah
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.
Jawaban
soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada
buku tulis khusus tes akhir modul
6.
Cara
menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
7.
Untuk
jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 2 (dua)
8.
Laporkan
pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau
jumlah soal kurang
9.
Periksalah
pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas
Petunjuk Khusus
1. Untuk
soal nomor 1 sampai dengan nomor 15 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi
silang (x) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau
pada buku tulis khusus tes akhir modul
Selamat bekerja
A.
PILIHAN
GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar
!
1.
Salah
satu peran siswa dalam melestarikan lingkungan hidup di sekolah adalah....
a.
membuat
tempat sampah untuk disimpan di rumah
b.
menyiram
tanaman di sekitar rumah
c.
mengikuti
lomba kebersihan antar kelas
d.
mengikuti
lomba kebersihan antar RW
2.
Bentuk
peran aktif kita dalam mencegah pencemaran lingkungan di masyarakat adalah....
a.
membuang
sampah ke sungai
b.
gotong
royong membersihkan sungai
c.
menanam
tanaman di kebun
d.
mengikuti
lomba RW siaga
3.
Berikut
ini yang tidak termasuk fakta atau isu permasalahan lingkungan adalah....
a.
pemanasan
global
b.
krisis
energi
c.
penyuluhan
lingkungan
d.
penumpukan
sampah
4.
Kegiatan
pertanian yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan adalah....
a.
pembajakan
sawah
b.
pengairan
sawah
c.
penggemburan
tanah
d.
penggunaan
pestisida
5.
Kegiatan
berikut yang tidak mengganggu lingkungan hidup adalah....
a.
penebangan
pohon yang sudah tua
b.
penggunaan
pestisida yang berlebihan
c.
menanam
pohon
d.
kebakaran
hutan
6.
Manfaat
jalur hijau bagi lingkungan perkotaan adalah....
a.
menyerap
polusi udara dari kendaraan
b.
mempercantik
kota
c.
sebagai
pertunjukan bunga hias
d.
mempersempit
jalur lalu lintas
7.
Pada
umumnya sungai-sungai di kota mengalami pencmaran karena....
a.
dijadikan
tempat pemandian umum
b.
menjadi
tempat pembuangan limbah industri
c.
tidak
ada tempat untuk pembuangan sampah
d.
terletak
dekat dengan pasar
8.
Tina
membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik
pembungkus barang belanja.
Kegiatan Tina termasuk ke dalam kegiatan....
a.
reduce
b.
reuse
c.
replace
d.
recycle
9.
Salah
satu kegiatan reuse adalah....
a.
mengurangi
kertas tisu dengan sapu tangan
b.
memanfaatkan
botol-botol bekas untuk wadah
c.
mengolah
sampah organik menjadi kompos
d.
melakukan
pemisahan sampah
10.
Usaha
untuk mendaur ulang barang-barang yang telah digunakan disebut....
a.
reuse
b.
reduce
c.
recycle
d.
replace
11.
Berikut
ini yang tidak termasuk upaya untuk
mendukung gerakan hemat energi adalah....
a.
mengganti
lampu pijar dengan lampu heamat energi
b.
menggunakan
kembali bekas limbah cuci, mandi untuk menyiram toilet
c.
menyalakan
televisi seperlunya
d.
memasang
lampu di setiap sudut ruangan
12.
Kegiatan
mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifat nya
lebih ramah lingkungan dan dapat dipakai berulang kali disebut....
a.
reuse
b.
replace
c.
recycle
d.
reduce
13.
Berikut
ini yang tidak termasuk upaya untuk untuk mengurangi karbondioksida di udara adalah....
a.
sosialisasi
bersepeda
b.
reboisasi
c.
memilah
sampah
d.
memberlakukan
siste jam three in one
14.
Berikut
ini adalah cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat pemakaian kertas kecuali....
a.
menghemat
penggunaan tisu
b.
menggunakanserbet
kain
c.
memanfaatkan
kedua sisi kertas
d.
mendaur
ulang sampah
15.
Proses
pengelolaan limbah menjadi suatu barang baru yang bernilai ekonomis disebut...
a.
pengawetan
b.
fermentasi
c.
pengeringan
d.
daur
ulang
B.
URAIAN
Isilah
pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
1.
Sebutkan peran aktif kita dalam rangka
mencegah pencemaran lingkungan di lingkungan Rumah?
2.
Sebutkan 2 contoh kegiatan manusia yang
memiliki dampak negatif terhadap lingkungan !
3. Tuliskan 2 contoh bentuk partisipasi
kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan Masyarakat
4.
Apa yang di maksud dengan reuse?
5.
Sebutkan 2 contoh upaya dalam mengurangi
pencemaran karbondioksida di udara !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar