Kamis, 04 Oktober 2012

Tes Mengurangi Pencemaran

MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7



PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP


KELAS VII SEMESTER 2
TES AKHIR MODUL



MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6
S.D.
PLH VII.2.1.7

  

 
MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 2 (dua)


 TES AKHIR MODUL

 

MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar

Buku ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
            Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.      Penyimpanan buku tes akhir modul ini menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.      Siswa yang telah menyelesaikan modul dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada guru untuk disimpan.
3.      Pengerjaan tes akhir modul dengan menggunakan lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.      Siswa dianggap berhasil mengikuti tes akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.      Buku tes akhir modul ini berisi perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :
Tes akhir modul ini mencakup:

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k



Mencegah Terjadinya Pencemaran Lingkungan
6
PLH VII.2.1.6
2 X 40 menit
Mengurangi Pencemaran Lingkungan
7
PLH VII.2.1.7
2 X 40 menit
Menyukai Lingkungan Yang Tidak Tercemar

Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !



DAFTAR ISI
         
                  


hal
KATA PENGANTAR
..............................................................................................................................
i
DAFTAR ISI
..............................................................................................................................
ii
MODUL PLH VII.2.1.6
..............................................................................................................................

MODUL PLH VII.2.1.7
..............................................................................................................................




MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.6



MATA PELAJARAN  : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)

 
TES AKHIR MODUL
 

PENULIS
:
LENA SUWARTINI, S.Pd
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS

 
MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



TES AKHIR MODUL

NO.PLH.VII.2.1.6

Mata Pelajaran
:
PLH
Kelas              
:
VII (Tujuh)
Semester
:
2 (Dua)
Judul Modul 
:
Mengurangi Pencemaran Lingkungan
Waktu
:
2 x 40 menit


Petunjuk Umum
     1.      Yang dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan kegiatan belajar modul PLH.VII.2.1.6
      2.      Banyak soal tes akhir modul ini adalah 15 soal dan harus kamu jawab semua
      3.      Periksa dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
      4.      Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
      5.      Jawaban soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada buku tulis khusus tes akhir modul
      6.      Cara menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
      7.      Untuk jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 2 (dua)
     8.    Laporkan pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau jumlah soal kurang
      9.      Periksalah pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas

Petunjuk Khusus
1.      Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 15 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi silang (x) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul
 Selamat bekerja

A.       PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar !
1.    Salah satu peran siswa dalam melestarikan lingkungan hidup di sekolah adalah....
a.    membuat tempat sampah untuk disimpan di rumah
b.    menyiram tanaman di sekitar rumah
c.    mengikuti lomba kebersihan antar kelas
d.   mengikuti lomba kebersihan antar RW

           2.    Bentuk peran aktif kita dalam mencegah pencemaran lingkungan di masyarakat adalah....
a.       membuang sampah ke sungai
b.      gotong royong membersihkan sungai
c.       menanam tanaman di kebun
d.      mengikuti lomba RW siaga

            3.    Berikut ini yang tidak termasuk fakta atau isu permasalahan lingkungan adalah....
a.       pemanasan global                          
b.      krisis energi 
c.       penyuluhan lingkungan
d.      penumpukan sampah 
    
           4.    Kegiatan pertanian yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan adalah....
a.         pembajakan sawah                              
b.         pengairan sawah
c.         penggemburan tanah
d.        penggunaan pestisida

            5.    Kegiatan berikut yang tidak mengganggu lingkungan hidup adalah....
a.       penebangan pohon yang sudah tua
b.      penggunaan pestisida yang berlebihan
c.       menanam pohon
d.      kebakaran hutan

           6.    Manfaat jalur hijau bagi lingkungan perkotaan adalah....
a.         menyerap polusi udara dari kendaraan
b.         mempercantik kota
c.         sebagai pertunjukan bunga hias
d.        mempersempit jalur lalu lintas

           7.    Pada umumnya sungai-sungai di kota mengalami pencmaran karena....
a.         dijadikan tempat pemandian umum
b.         menjadi tempat pembuangan limbah industri
c.         tidak ada tempat untuk pembuangan sampah
d.        terletak dekat dengan pasar

8.    Tina membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus            barang belanja. Kegiatan Tina termasuk ke dalam kegiatan....
a.         reduce                                       
b.         reuse
c.         replace
d.        recycle

9.    Salah satu kegiatan reuse adalah....
a.         mengurangi kertas tisu dengan sapu tangan
b.         memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah
c.         mengolah sampah organik menjadi kompos
d.        melakukan pemisahan sampah

10.     Usaha untuk mendaur ulang barang-barang yang telah digunakan disebut....
a.         reuse                                             
b.         reduce
c.         recycle
d.        replace                                       

           11.     Berikut ini yang tidak termasuk  upaya untuk mendukung gerakan hemat energi adalah....
a.         mengganti lampu pijar dengan lampu heamat energi
b.         menggunakan kembali bekas limbah cuci, mandi untuk menyiram toilet
c.         menyalakan televisi seperlunya
d.        memasang lampu di setiap sudut ruangan

          12.     Kegiatan mengganti pemakaian suatu barang atau memakai barang alternatif yang sifat nya lebih ramah lingkungan dan dapat dipakai berulang kali disebut....
a.         reuse                                              
b.         replace  
c.         recycle 
d.        reduce

        13.     Berikut ini yang tidak termasuk  upaya untuk  untuk mengurangi karbondioksida di udara             adalah....
a.         sosialisasi bersepeda
b.         reboisasi
c.         memilah sampah
d.        memberlakukan siste jam three in one

          14.     Berikut ini adalah cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat pemakaian kertas             kecuali....
a.         menghemat penggunaan tisu
b.         menggunakanserbet kain
c.         memanfaatkan kedua sisi kertas
d.        mendaur ulang sampah

           15.     Proses pengelolaan limbah menjadi suatu barang baru yang bernilai ekonomis disebut...
a.         pengawetan
b.         fermentasi
c.         pengeringan
d.        daur ulang

B.        URAIAN
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
1.         Sebutkan peran aktif kita dalam rangka mencegah pencemaran lingkungan di lingkungan Rumah?
2.         Sebutkan 2 contoh kegiatan manusia yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan !
3.    Tuliskan 2 contoh bentuk partisipasi kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan Masyarakat
4.         Apa yang di maksud dengan reuse?
5.         Sebutkan 2 contoh upaya dalam mengurangi pencemaran karbondioksida di udara !  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar