Kamis, 04 Oktober 2012

Tes Menyukai Lingkungan


MODUL SMP/ MTs

PLH VII.2.1.7





MATA PELAJARAN   : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (satu)




TES AKHIR MODUL




PENULIS
:
Dra. IKA KARTIKAWATI
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS




MUSYAWARAH GURU MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012



TES AKHIR MODUL

NO.PLH.VII.2.1.7

Mata Pelajaran
:
PLH
Kelas              
:
VII (Tujuh)
Semester
:
2 (Dua)
Judul Modul 
:
Menyenangi Lingkungan Yang Tidak Tercemar
Waktu
:
2 x 40 menit


Petunjuk Umum

     1.      Yang dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan kegiatan belajar modul PLH.VII.2.1.7
      2.      Banyak soal tes akhir modul ini adalah 20 soal dan harus kamu jawab semua
      3.      Periksa dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
      4.      Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
      5.      Cara menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
      6.      Untuk jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 2 (dua)
     7.      Laporkan pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau jumlah soal kurang
      8.      Periksalah pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas


Petunjuk Khusus

Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 15 Kamu dapat menjawab dengan cara memberi silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul.
Selamat bekerja

A.     PILIHAN GANDA
             Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar !
1.    Lingkungan yang masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi ataupun limbah yang dapat merusak lingkungan merupakan definisi dari….
a.    lingkungan sehat                                                      c.  lingkungan tercemar
b.    lingkungan tidak sehat                                             d.  lingkungan hidup

2.    Yang termasuk ciri-ciri dari lingkungan sehat adalah….
a.    rumah penduduk berjejer rapi                                   c. udara bersih dan segar
b.    kegiatan Jumat Bersih selalu berjalan             d. banyak timbunan sampah

3.    Suatu bahan yang dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktivitas manusia maupun hasil aktivitas alam yang tidak/belum memiliki nilai ekonomis disebut….
a.    Limbah                                                                    c. sampah
b.    Pupuk                                                                      d. kompos

4.    Berikut adalah dampak positif dari lingkungan sehat, kecuali….
a.    udara di sekitar kita bersih nyaman dan segar atau bebas dari polusi
b.    rumah memiliki ventilasi, tempat pembuangan sampah yang terawat
c.    MCK (Mandi Cuci Kakus) dan saluran air tertata dengan baik
d.    manusia dapat mengumpulkan sampah untuk proses daur ulang

5.    Manfaat lingkungan sehat bagi manusia antara lain….
a.    sumber penyakit semakin banyak
b.    air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum
c.    lingkungan menjadi lebih ramai
d.    aktifitas membersihkan lingkungan tidak perlu sesering mungkin

6.    Tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup merupakan….
a.    tujuan membangun manusia Indonesia seutuhnya
b.    tujuan membangun prasarana Indonesia
c.    terlaksananya pembangunan berwawasan lingkungan
d.    terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam

7.    Tiga komponen lingkungan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia adalah….
a.    air, rumah, kendaraan                                               c. air, tanah, udara
b.    air, tanah, makanan                                                  d. sandang, pangan, papan

8.    Lingkungan yang tidak sehat dapat dilihat dari hal-hal berikut ini, antara lain….
a.    udara bersih                                                             c. saluran air tertata dengan baik
b.    terdapat banyak tumbuhan rindang                d. lantai berdebu dan sampah berserakan

9.    Masuknya unsur-unsur atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup manusia disebut….
a.    pencemaran                                                             c. reboisasi
b.    lingkungan hidup                                                       d. lingkungan sehat

10.    Perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan meningkakan kesehatannya disebut perilaku….
a.    Ekonomis                                                                 c. hidup tidak sehat
b.    hidup sehat                                                               d. menyimpang

11.    Merokok merupakan tindakan….
a.    melestarikan lingkungan hidup                                   c. menghormati teman bergaul
b.    menjunjung etika lingkungan                          d. merusak kesehatan tubuh

12.    Salah satu upaya manusia untuk melestarikan lingkungan sekitar kita adalah dengan cara….
a.    mengeksploitasi air semaksimal mungkin
b.    membakar sampah di sekitar rumah
c.    menanam pepohonan di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok
d.    mengubah hutan untuk permukiman
13.    Perilaku siswa di sekolah dalam menciptakan lingkungan yang sehat yaitu….
a.    menempatkan sampah di dalam kelas
b.    menyiram tanaman di taman sekolah
c.    mengikuti lomba membuat taman antar kelas
d.    mengikuti lomba majalah dinding

14.    Menanam pepohonan di sekitar sumber air bermanfaat untuk….
a.  menyerap toksin dan polutan sehingga mata air menjadi bersih
b.  menambah pemandangan yang hijau di dekat sumber mata air
c.  menyerap karbondioksida diubah menjadi zat tepung
d.  mengubah karbon monoksida menjadi senyawa yang bermanfaat

15.    Berikut ini usaha untuk mengurangi pencemaran di lingkungan, yaitu….
a.    melarang pemakaian zat pembasmi hama
b.    mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai
c.    menambahkan mikroorganisme pada bahan makanan
d.    mengendalikan jumlah pencemar agar selalu diketahui jumlahnya

B.       URAIAN
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !

1.    Jelaskan perbedaan antara lingkungan yang sehat dan tidak sehat!
2.    Mengapa penghijauan diperlukan di sekitar kita?
3.    Sebutkan 2 (dua) contoh perilaku sehat di lingkungan sekolah!
4.    Jelaskan pengaruh kebersihan lingkungan dalam proses belajar mengajar di sekolah!
5.    Sebutkan 2 (dua) contoh perilaku yang tidak sehat terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalmu!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar