MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.7
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
PENULIS
|
:
|
Dra. IKA KARTIKAWATI
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
TES AKHIR MODUL
NO.PLH.VII.2.1.7
Mata Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
2 (Dua)
|
Judul Modul
|
:
|
Menyenangi Lingkungan Yang Tidak
Tercemar
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Petunjuk Umum
1.
Yang
dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan
kegiatan belajar modul PLH.VII.2.1.7
2.
Banyak
soal tes akhir modul ini adalah 20 soal dan harus kamu jawab semua
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.
Jawablah
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.
Cara
menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
6.
Untuk
jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 20 diberi skor 2 (dua)
7.
Laporkan
pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau
jumlah soal kurang
8.
Periksalah
pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas
Petunjuk Khusus
Untuk soal nomor
1 sampai dengan nomor 15 Kamu dapat
menjawab dengan cara memberi silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap
benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul.
Selamat bekerja
A. PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar
!
1.
Lingkungan yang
masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi ataupun limbah yang dapat
merusak lingkungan merupakan definisi dari….
a. lingkungan sehat c. lingkungan tercemar
b. lingkungan tidak sehat d. lingkungan hidup
2.
Yang termasuk ciri-ciri
dari lingkungan sehat adalah….
a.
rumah penduduk
berjejer rapi c.
udara bersih dan segar
b.
kegiatan Jumat
Bersih selalu berjalan d.
banyak timbunan sampah
3.
Suatu bahan yang
dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktivitas manusia maupun hasil
aktivitas alam yang tidak/belum memiliki nilai ekonomis disebut….
a.
Limbah c. sampah
b.
Pupuk d. kompos
4.
Berikut adalah dampak
positif dari lingkungan sehat, kecuali….
a.
udara di sekitar
kita bersih nyaman dan segar atau bebas dari polusi
b.
rumah memiliki
ventilasi, tempat pembuangan sampah yang terawat
c.
MCK
(Mandi Cuci Kakus) dan saluran air tertata dengan baik
d.
manusia dapat
mengumpulkan sampah untuk proses daur ulang
5. Manfaat lingkungan sehat bagi manusia antara lain….
a.
sumber penyakit semakin banyak
b.
air menjadi lebih
bersih dan aman untuk diminum
c.
lingkungan
menjadi lebih ramai
d.
aktifitas
membersihkan lingkungan tidak perlu sesering mungkin
6.
Tercapainya
keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup merupakan….
a.
tujuan membangun
manusia Indonesia seutuhnya
b.
tujuan membangun
prasarana Indonesia
c.
terlaksananya
pembangunan berwawasan lingkungan
d.
terkendalinya
pemanfaatan sumber daya alam
7.
Tiga komponen
lingkungan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia adalah….
a.
air, rumah,
kendaraan c. air, tanah, udara
b.
air, tanah,
makanan d. sandang, pangan, papan
8.
Lingkungan yang
tidak sehat dapat dilihat dari hal-hal berikut ini, antara lain….
a.
udara bersih c. saluran air tertata dengan baik
b.
terdapat banyak
tumbuhan rindang d.
lantai berdebu dan sampah berserakan
9.
Masuknya unsur-unsur
atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan,
gangguan kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup manusia disebut….
a.
pencemaran c. reboisasi
b.
lingkungan hidup d. lingkungan sehat
10.
Perilaku-perilaku
yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan
meningkakan kesehatannya disebut
perilaku….
a.
Ekonomis c. hidup tidak sehat
b.
hidup sehat d. menyimpang
11.
Merokok
merupakan tindakan….
a.
melestarikan
lingkungan hidup c.
menghormati teman bergaul
b.
menjunjung etika
lingkungan d. merusak kesehatan tubuh
12.
Salah satu upaya manusia untuk melestarikan lingkungan
sekitar kita adalah dengan cara….
a.
mengeksploitasi
air semaksimal mungkin
b.
membakar sampah
di sekitar rumah
c.
menanam pepohonan
di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok
d.
mengubah
hutan untuk permukiman
13.
Perilaku siswa
di sekolah dalam menciptakan lingkungan yang sehat yaitu….
a.
menempatkan
sampah di dalam kelas
b.
menyiram tanaman
di taman sekolah
c.
mengikuti lomba
membuat taman antar kelas
d.
mengikuti lomba
majalah dinding
14.
Menanam
pepohonan di sekitar sumber air bermanfaat untuk….
a. menyerap
toksin dan polutan sehingga mata air menjadi bersih
b. menambah
pemandangan yang hijau di dekat sumber mata air
c. menyerap
karbondioksida diubah menjadi zat tepung
d. mengubah
karbon monoksida menjadi senyawa yang bermanfaat
15.
Berikut ini
usaha untuk mengurangi pencemaran di lingkungan, yaitu….
a.
melarang
pemakaian zat pembasmi hama
b.
mengolah limbah
sebelum dibuang ke sungai
c.
menambahkan
mikroorganisme pada bahan makanan
d.
mengendalikan
jumlah pencemar agar selalu diketahui jumlahnya
B. URAIAN
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar
!
1.
Jelaskan
perbedaan antara lingkungan yang sehat dan tidak sehat!
2.
Mengapa
penghijauan diperlukan di sekitar kita?
3.
Sebutkan
2 (dua) contoh perilaku sehat di lingkungan sekolah!
4.
Jelaskan
pengaruh kebersihan lingkungan dalam proses belajar mengajar di sekolah!
5.
Sebutkan
2 (dua) contoh perilaku yang tidak sehat terhadap lingkungan di sekitar tempat
tinggalmu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar