MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.8
S.D.
PLH VII.2.1.12
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS
VII SEMESTER 2
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.8
S.D.
PLH VII.2.1.12
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 2
(dua)
TES
AKHIR MODUL
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini berisi serangkaian soal untuk tes akhir modul. Tes akhir modul dilaksanakan
setelah siswa melaksanakan kegiatan belajar dan menyelesaikan tugas-tugas pada
modul tertentu sudah mencapai hasil yang baik.
Tes akhir modul ini pengelolaanya sebagai berikut :
1.
Penyimpanan buku tes akhir modul ini
menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran.
2.
Siswa yang telah menyelesaikan modul
dengan baik, dapat mengikuti tes akhir modul yang hasilnya diserahkan kembali
kepada guru untuk diperiksa. Sedangkan buku tes kemudian dikembalikan kepada
guru untuk disimpan.
3.
Pengerjaan tes akhir modul dengan
menggunakan lembar jawaban atau buku tulis tersendiri.
4.
Siswa dianggap berhasil mengikuti tes
akhir modul bilai nilai minimal telah mencapai 7,5 dan bila nilai masih kurang
dari 7,5 yang bersangkutan perlu diremidial untuk mempelajari kembali modul
tersebut, khususnya yang berhubungan dengan materi itu.
5.
Buku tes akhir modul ini berisi
perangkat tes untuk modul Kelas VII Semester 1 sebagai berikut :
Tes
akhir modul ini mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
|
|
|
Penanggulangan
Pencemaran Lingkungan
|
1
|
PLH VII.2.1.8
|
2 X 40 menit
|
Pemanfaatan limbah di lingkungan sekitar
|
2
|
PLH VII.2.1.9
|
2 X 40 menit
|
Pembuatan kompos dari sampah organik
|
3
|
PLH VII.2.1.10
|
2 X 40 menit
|
Pelaksanaan program kali bersih
|
4
|
PLH VII.2.1.11
|
2 X 40 menit
|
Pelaksanaan program lanngit biru
|
5
|
PLH VII.2.1.12
|
2 X 40 menit
|
Pelaksanaan pantai lestari
|
Selamat bekerja, ikuti petunjuk selanjutnya !
DAFTAR ISI
hal
|
||
KATA PENGANTAR
|
..............................................................................................................................
|
i
|
DAFTAR ISI
|
..............................................................................................................................
|
ii
|
MODUL PLH VII.2.1.8
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.2.1.9
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.2.1.10
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.2.1.11
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL PLH VII.2.1.12
|
..............................................................................................................................
|
|
MODUL SMP/ MTs
PLH VII.2.1.8
|
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : 7
(TUJUH)
SEMESTER : 1
(satu)
TES
AKHIR MODUL
PENULIS
|
:
|
N. IKA HERTIKA W., S.Pd
DODI SISWANTO, S.Pd
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU
MATA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
TES AKHIR MODUL
NO.PLH.VII.2.1.8
Mata Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII (Tujuh)
|
Semester
|
:
|
2 (Dua)
|
Judul Modul
|
:
|
Pemanfaatan Limbah Sekitar
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Petunjuk Umum
1.
Yang
dapat mengikuti tes akhir modul ini adalah kamu yang telah menyelesaikan
kegiatan belajar modul PLH.VII.2.1.8
2.
Banyak
soal tes akhir modul ini adalah 15 soal dan harus kamu jawab semua
3.
Periksa
dan bacalah soal-soal tes akhir modul sebelum kamu menjawabnya
4.
Jawablah
terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap lebih mudah
5.
Jawaban
soal di tulis pada lembar jawaban tersendiri (yang telah disediakan) atau pada
buku tulis khusus tes akhir modul
6.
Cara
menjawab adalah sesuai dengan petunjuk khusus
7.
Untuk
jawaban yang benar nomor 1 sampai dengan nomor 15
diberi skor 2 (dua), untuk jawaban yang benar dari nomor 16 sampai dengan
15 masing-masing soal diberi skor 4(empat).
8.
Laporkan
pada Guru/ Pengawas bila kamu menemukan tulisan soal yang kurang jelas atau
jumlah soal kurang.
9.
Periksalah
pekerjaan kamu sebelum diserahkan pada guru/pengawas.
Petunjuk Khusus
1.
Untuk
soal nomor 1 sampai dengan nomor 15 Kamu dapat
menjawab dengan cara memberi silang (X) pada pilihan jawaban yang kamu anggap
benar pada lembar jawaban atau pada buku tulis khusus tes akhir modul.
2.
Untuk soal nomor
16 sampai 20 jawablah pertanyaan-pertanyaannya dengan jawaban yang singkat dan
jelas.
Selamat bekerja
A.
PILIHAN
GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar
!
1. Kegiatan
pemanfaatan kembali suatu barang atau produk
melalui kegiatan atau proses tambahan tertentu disebut...........
a.
reduce
b.
reuse
c.
replace
d.
recycle
2.
Salah
satu kegiatan reuse
adalah...............
a.
mengurangi
penggunaan kertas
b.
memanfaatkan
botol bekas untuk wadah
c.
mengolah sampah
organik menjadi kompos
d.
melakukan
pemisahan sampah
3.
Pengertian
reduse dalam pengelolaan sampah adalah
a.
mengurangi jumlah
sampah
b.
mendaur ulang
sampah
c.
pemakaian kembali
barang yang masih bisa dipakai
d.
mengganti barang
yang kita gunakan denga barang yang ramah lingkungan.
4.
Ita
membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus
barang belanja.
Kegiatan Ita termasuk ke dalam kegiatan............
a.
reduce
b.
reuse
c.
replace
d.
recycle
5.
Hal-hal
berikut adalah cara untuk mengelola sampah dari tempat pembuangannya,
kecuali.....................
a.
membuang
sampah dalam kemasan plastik yang tertutup
b.
menghindari
tempat sampah menjadi sarang binatang
c.
membakar
sampah yang menumpuk di tong sampah
d.
memisahkan
sampah kering dengan sampah basah
6.
Berikut
ini yang termasuk ke dalam sampah organik adalah.........
a.
botol
plastik
b.
kaleng
bekas
c.
karet
d.
makanan
sisa
7.
Yang
termasuk sampah an organik adalah....
a.
kulit
jeruk
b.
nasi
yang sudah basi
c.
botol
plastik
d.
ampas
kelapa
8.
Di
bawah ini merupakan penyebab tingginya gunungan sampah di tempat pembuangan
akhir, kecuali....
a.
sampah
yang dihasilkan masyarakat belum dikelola dengan dan dipisahkan
b.
banyaknya
jumlah penduduk suatu daerah
c.
kurangnya
kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan sampah
d.
pemerintah
tidak pernah memperhatikan masalah pengelolaan sampah
9.
Memanfaatkan
kain-kain bekas untuk kerajinan tangan ke dalam kegiatan ....
a.
reuse
b.
recycle
c.
replace
d.
reduce
10.
Mengurangi
pencemaran lingkungan adalah tanggung-jawab....
a.
masyarakat
b.
pemerintah
c.
pelajar
d.
polisi
hutan
11.
Pada
pembuatan kertas daur ulang tujuan perendaman kertas yang telah disobek-sobek
adalah...........
a.
kertas
menjadi lunak
b.
kertas
menjadi basah
c.
agar
tinta pada kertas hilang
d.
kertas
menjadi lengket
12.
Kertas
yang telah direndam kemudian diblender. Sebaiknya dilakukan.................
pemblenderan.
a.
1 kali
b.
2 kali
c.
3 kali
d.
4 kali
13.
Pemblenderan
bubur kertas dilakukan selama .................
a.
5
menit
b.
3
menit
c.
1
menit
d.
10
menit
14.
Bubur kertas yang
diperoleh dari pemblenderan selanjutnya dilakukan..........
a.
pencucian
b.
pengeringan
c.
pemampatan
d.
pengepakan
15.
Proses
perendaman pada pembuatan kertas daur ulang dapat dibantu dengan proses ...
untuk mempercepat proses peresapan air.
a.
pengadukan
b.
perebusan
c.
penyaringan
d.
filtrasi
B. URAIAN
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Jelaskan
apakah yang dimaksud dengan sampah !
2.
Jika
tidak diurus dan dikelola dengan baik sampah dapat mengakibatkan ....
3.
Jelaskan
apakah yang dimaksud dengan reduce ?
4.
Tulis
salah satu contoh kegiatan reduce !
5. Mengumpulkan
kertas bekas, majalah dan surat kabar bekas
untuk didaur ulang termasuk
kegiatan....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar