MODUL SMP / MTs
PLH VII. 1.1.8
Mata
Pelajaran
|
:
|
PLH
|
Kelas
|
:
|
VII
|
Semester
|
:
|
1 (satu)
|
Waktu
|
:
|
2 x 40 Menit
|
KEGIATAN SISWA
MELESTARIKAN DAN
MEMANFAATKAN SUMBER DAYA
ALAM
Penulis
|
:
|
H. IWAN RIDWAN, S.Pd
|
Penyunting
|
:
|
Drs.
Endang Haris
|
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
A.
PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Melestarikan dan Memanfaatankan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari "bagaimana upaya kita dalam melestariakn dan memanfaatkan sumber daya alam".
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya.
Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 2 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
B. KEGIATAN
BELAJAR
KEGIATAN
1 : Melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam
1.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu
diharapkan dapat melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam.
2.
Materi Pokok :
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus
mempelajari bagaimana melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam.
3.
Uraian Materi
Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Di lingkungan kita
terdapat berbagai jenis sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut akan banyak
memberikan manfaat bagi kehidupan manusia bila selama pemanfaatannya diiringi
dengan upaya-upaya pelestariannya. Mengapa ? karena Sumber daya alam akan habis
atau berkurang fungsinya jika tidak dilestarikan. Karena itu upaya pelestarian
mutlak harus dilakukan agar manfaatnya terus menerus dapat kita peroleh. Tentu
saja, upaya pelestarian terhadap sumber daya alam merupakan wujud tanggung
jawab antar generasi agar manusia dalam kehidupannya akan tetap terus dapat
memanfaatkannya.
Ada beberapa upaya
pelestarian sumber daya alam yaitu sebagai berikut :
a.
membiasakan hemat energi
b.
menggunakan perlatan listrik yang hemat
energi
c.
mengurangi kendaran bermotor
d.
memilih kendaraan yang hemat energi
e.
mendesai rumah yang hemat energi
f.
menggunakan barang yang biasa diisi
ulang, dipakai ulang, dan di daur ulang
g.
mengurangi konsumsi barang yang sulit
hancur bila dibuang
h.
hemat air
i.
membuat sumur resapan dan biopori
j.
tidak memelihara binatang yang
dilindungi
k.
memanfaatkan pekarangan dengan berbagai
jenis tanaman
l.
menjaga kebersihan dan pengolahan sampah
4.
Tugas 1
1. Kegiatan apakah yang dapat dilakukan dirumah yang
mencerminkan upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan ?
2. Kegiatan apakah yang dapat dilakukan di sekolah
yang mencerminkan upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan ?
3.
Sebutkan tiga contoh perilaku yang tidak
mencerminkan upaya pelestarian sumber daya alam dan lingkungan
4.
Mengapa kita harus hemat listrik ?
5.
Sebutkan lima upaya yang dapat kita lakukan untuk
melestarikan sumber daya alam ?
|
5.
Rangkuman
Berbagai upaya
pelestarian sumber daya alam dan lingkungan dapat di lakukan secara individu
atau kelompok masyarakat maupun pemerintah antara lain melalui :
a. konservasi
sumber daya alam
b. mengembangkan
energi alternatif
c. hemat energi
d. mengembangkan
teknologi dan gaya hidup yang ramah lingkungan
e. efisiensi
penggunaan sumber daya alam
C. KUNCI TUGAS
No. Tugas
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
1
|
a.
Menghemat listrik
b. Menggunakan bahan bakar secara hemat
c. Menanam pepohonan di sekitar rumah
|
2
|
Membuat
kebun sekolah yang ditanami berbagai tumbuhan dan apotik
hidup.
|
|
3
|
a. Menebang pohon
sembarangan
b. Memburu binatang yang
langka
c. Boros dalam penggunaan
listrik dan bahan bakar
|
|
4
|
Untuk menghemat penggunaan sumber energi listrik yang
termasuk sumber
daya alam.
|
|
5
|
a. memanfaatkan pekarangan
dengan berbagai jenis tanaman
b. menggunakan perlatan
listrik yang hemat energi
c. tidak memelihara
binatang yang dilindungi
d. menjaga kebersihan dan
pengolahan sampah
|
GLOSARIUM
Biopori
|
Lubang-lubang
di tanah yang berfungsi untuk penyerapan
air.
|
Daur
ulang
|
Kegiatan
mengolah sesuatu menjadi lebih bermanfaat dan berharga
|
Sumber
Daya Alam
|
Segala
sesuatu yang terdapat di alam yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup
|
Sumur
resapan
|
Sumur
yang berasal dari resapan air tanah.
|
DAFTAR PUSTAKA
Abas, M. dkk. 2012. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Abas, M.2008.Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/ MTs. Kelas VII. Tasikmalaya:CV. Multipesona Grafika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar