Jumat, 28 September 2012

Memelihara Lingkungan Hidup


MODUL KEGIATAN SISWA
PELAJARAN
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS VII
JILID 3

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA                                                                                                   
KTSP 2006
 Standar Isi Muatan Lokal

                                                                                                                                                                   

MGMP  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
                                                       
                                       

             
              
MODUL SMP/MTs
                                             
PLH VII.1.1.9
S.D
 PLH VII.1.1.12


MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)

KEGIATAN SISWA

 
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012


Kata Pengantar


Buku ini memuat 4 (empat) modul untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas 7 (Tujuh) Semester 1 (satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 8 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.

Modul tersebut mencakup:No

Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII.1.1.09
2x 40 menit
Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat
2.
PLH VII.1.1.10
2x 40 menit
Pelestarian hewan-hewan Langka
3.
PLH VII.1.1.11
2x 40 menit
Pelestarian Tumbuhan Langka
4.
PLH VII.1.1.12
2x 40 menit
Melestarikan dan memanfaatkan tanaman budi daya

            Selamat belajar ! ikuti petunjuk berikut :




 DAFTAR ISI
        
Kata Pengantar

i
Daftar isi

ii
PLH VII.1.1.09

1
PLH VII.1.1.10

5
PLH VII.1.1.11

9
PLH VII.1.1.12

13







 ii

PETUNJUK BAGI SISWA

1
Belajar dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
2
Belajar dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau di luar Kelas
3
Langkah langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai berikut :

a
Usahakan kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi esensial/materi pokok/materi utama.

b
Baca dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan materi pokoknya dan uraian materinya.

c
Bila dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.

d
Setelah kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulis kamu.

e
Periksalah hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.

f
Bila dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai mempelajari modul berikutnya.

g
Urutan kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari modul ini.


iv


MODUL SMP/MTs
PLH VII.1.1.9

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN LINGKUNGA HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
WAKTU : 2 X 40 MENIT





KEGIATAN SISWA

MEMLIHARA LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR
     


                                                 PENULIS   : DRS. ASEP DANI FAUZI 
                                                 EDITOR    : DRS. ENDANG HARIS






MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012


A. PENDAHULUAN
Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.  Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam proses pembelajaran ini  adalah dengan menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul  pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada modul ini kamu akan mempelajari ”Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu mempelajari empat hal yaitu Pertama Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat Kedua Pelestarian Hewan Langka Ketiga Pelestarian Tumbuhan Langka Keempat Melestarikan dan Memanfaatkan Tanaman Budi Daya.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya. Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar  tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 8 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.


 1

B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1     : Membiasakan diri dalam pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Alam
1.        Tujuan
Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat (rumah, Sekolah dan Sekitarnya)

2.        Materi Pokok
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari pemeliharaan lingkungan hidup terdekat

3.        Uraian
MEMELIHARA LINGKUNGAN HIDUP TERDEKAT

Setiap Makhluk Hidup, terutama manusia telah dikarunia Tuhan atas kemampuan untuk bertahan hidup (survivel). Dengan akal dan budinya manusia memanfaatkan dan mengubah keadaan lingkungan sekitar untuk pemenuhan kehidupannya.
Perilaku manusia memanfaatkan lingkungan menyebabkan perubahan lingkungan baik secara cepat atau secara lambat. Perubahan tersebut dampaknya akan dirasakan oleh manusia itu dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian upaya pemeliharaan, perlindungan, pengawetan dan melestarikan lingkungan sekitar, untuk keseimbangan alam dan manfaatnya bagi generasi berikutnya.
 Untuk melestarikan Sumber Daya Alam, harus kita mulai dari yang hal kecil lebih dahulu, umpamanya memelihara kesehatan diri pribadi yang merupakan sumber yang sangat potensial, memelihara rumah (tempat tinggal mu), kemudian lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Untuk lebih jelas kita bahas di bawah ini .
                                                
1.      MEMELIHARA LINGKUNGAN RUMAH
Rumah sebagai tempat tinggal merupakan kebutuhan primer, memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul, tempat berlindung , tempat istirahat, tempat bersosialisasi dan tempat membina keluarga. Apakah kamu sudah memperhatikan suasana di rumahmu ? sudah rapih ? sudah bersih ? bagaimana upaya memelihara keadaan rumah kita, diantaranya :


a.    Rajin Membersihkan di Dalam Rumah
Membersihkan pakaian, melap perabotan rumah, menyapu lantai dan mencucinya, mengepel lantai dan membersihkan debu yang mesti dilakukan setiap hari agar kebersihan tetap terjaga, karena kebersihan pangkal kesehatan. Yang sering dilupakan membuang kotoran bekas makan dan minum tidak kepada tempatnya, dan dibiasakan sebelum dibuang sampah dipisahkan sampah organik dan sampah an organik.

Gb. Melibatkan Keluarga Dalam Membiasakan Diri Membersihkan Rumah Merupakan Salah Upaya Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan

b.    Rajin Membersihkan Halaman Rumah
Halaman rumah di ibaratkan cermin isi penghuni rumah halaman rumah yang bersih dan terpelihara, maka dapat dikatakan isi penghuni rumah senang terhadap kebersihan, dan sebaliknya halaman rumah yang kotor, gersang, tidak terpelihara maka menunjukan penghuni rumah  itu tidak teratur semrawut. Untuk menyejukan dan menjaga agar udara segar dan sejuk perlu ditanami tumbuhan, baik mengunakan pot, polybag atau
Gb. Pembentukan Kareakter Peduli Lingkungan Dapat Kita Lakukan di Tengah Masyarakat Melalui Kerja Bakti Bersih Lingkungan Pekarangan Rumah

               mengunakan pot, polybag atau dengan cara digantung disesuaikan dengan kondisi Rumah.    
       Tanaman yang di pelihara tidak perlu mahal bias berupa apotek hidup, warung hidup atau   
       tanaman bunga, disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kita.
c.   Membersihkan dan Merawat tanaman
Tanaman yang kita pelihara perlu kita bersihkan dari tanaman rumput, daun yang mongering atau yang patah, membersihkan solokan dan sanitasinya. Dalam perawatan tanaman yang kita pelihara perlu dijaga dari hama, penyiraman dan pemberian pupuk.

d.      Menetapkan Tugas Piket dalam Keluarga
Dalam  keluarga perlu memberikan pembagian tugas dalam memelihara lingkungan rumah kita, secara bersama – sama membersihkan dari dalam rumah sampai luar rumah, sebagai contoh yang menyapu lantai dalam rumah Kakak, menyapu halaman rumah adik, menyiram tanaman Ibu dan membersihkan selokan bapak dan sebagainya.
 2

1.      MEMELIHARA LINGKUNGAN SEKOLAH    
Sekolah tempat kita menuntut Ilmu, berkumpul dan bermain. Sekolah yang kita cintai harus senantiasa pelihara di jaga lingkungannya agar tetap bersih asri dan nyaman, agarkebersihan sekolah terjaga dengan baik menjadi tanggung jawab semua orang yang terlibat di dalamnya. Dan kebersihan kelas menjadi tanggungjawab Wali kelas dan siswa yang ada dalam kelas itu.

a.      Membentuk Piket Kelas
Lingkungan kelas kita terjaga, terawat, bersih, indah dan nyaman, maka semua yang terlibat di kelas itu sama-sama untuk memeliharanya. Dan untuk melaksanakan pemelihara lingkungan kelas  dibentuklah tim secara bergiliran membagi regu piket kebersihan, agar kebersihan secara kompak dan bertanggung jawab yang tidak melaksanakan piket harus diberi sanksi yang tegas.

b.      Melakukan Kebersihan Bersama dan Penyedian Tempat Sampah
Dalam memelihara lingkungan yang bersih dan terawat  diperlukan kebersamaan, untuk itu sekolah bersama – sama guru, karyawan, dan siswa melakukan kebersihan, seperti Jumat bersih dilakukan sebelum jam pelajaran di mulai, atau dilakukan pada waktu dan hari tertentu membersihakan lingkungan sekolah senantiasa rapi bersih dan rindang. Setiap kelas diwajibkan adanya tanaman yang dipelihara dalam kelas, atau di halaman kelas, dan wajib merawat dan memeliharanya. Dan sekolah mewajibkan semua halaman ruangan untuk memelihara tanaman serta merawatnya.
Semua kotoran dan sampah bekas pemeliharaan tanaman harus di buang ke tempat sampah dengan cara pensortiran, pemilihan sampah organik dan an organik  sehingga tempat sampah terbagi 3 kelompok, bisa di daur ulang , dijadikan kompos dan dibuang/dibakar/dikubur. Dengan tersedianya tempat sampah kita membuang sampah sembarangan.


a.    Lomba Kebersihan Kelas
Salah satu ajang yang tepat dalam memmbentuk karakter siswa yang rajin, giat dan selalu menjaga dan memelihara kebersihan dalam kelas atau lingkungan sekolah, perlu dilakukan penilaian lomba kebersihan  kelas baik secara rutin maupun secara tertentu dalam suasana yang kondusif, diharapkan setiap kelas mampu menampilkan kelas yang terbaik.

Gb. Lomba Kebersihan Kelas Merupakan Media Pembentukan Pribadi Peduli Lingkungan Yang Dapat Dikembangkan di Sekolah


1.      MEMELIHARA LINGKUNGAN MASYARAKAT
Masyarakat adalah kumpulan dari setiap keluarga yang membentuk suatu kelompok dalam wilayah dan lingkungan tertentu.  Memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar masyarakat sangat penting karena lingkungan yang terjaga dan terpelihara dengan baik, maka satu kesatuan lingkungan masyarakat seluruhnya menjadi baik.
Upaya memelihara lingkungan masyarakat, dan ikut aktif didalamnya berupa kegiatan pembentukan tim lingkungan bersih, ikut aktif dalam gotong royong kebersihan (bakti sosial)

a. Tim lingkungan bersih
Pembentukan tim  bukan berarti membentuk organisasi baru, tetapi mengaktifkan dan menoptimalkan organisasi yang ada di masyarakat, kita bias ikut aktif didalamya bersam warga lain terus memelihara kebersihan lingkungan, apabila kita berada di lingkungan masyarakat pedesaan aktif bersama warga menanam  pohon di sepanjang jalan, menjaga kebersihan saluran air,  membersihkan rumput dan pohon yang  tidak di perlukan, bersama warga membuang sampah. Apabila kita berada di lingkungan masyarakat perkotaan atau daerha Pabrik/Industri, bersama warga ikut aktif membersihan saluran air dan selokan, menanam pohon yang dapat menyerap pencemaran udara, bersama warga ikut  menanam tanaman di sepanjang jalan kecil dengan pot bunga atau tanaman gantung/hias, membiasakan memelihara kebersihan jalan yang menuju rumah kita. Apabila kita berada di wilayah pantai ikut aktif bersam warga membersihkan sanitasi saluran air, ikut aktif menjaga pantai dari sampah/kotoran,  ikut aktif menam pohon bakau dan mangrove agar abrasi air Lut tidak banyak mengikis daratan.

b.  Melakukan Kerja Bakti   
Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memelihara lingkungan di sekitar kita melalui kerja bakti, yang di dukung oleh semua warga, setiap orang terlibat.
Kerja Bakti bisa dilakukan melalui organisasi maupun secara tugas langsung dari pengurus Warga baik dari RT atau dari RW, kegiatan kerja bakti (bakti Sosial) seluruh warga aktif, kaum laki-laki bisa langsung ke lapangan membersihkan atau menanam pohon, kaum perempuan ada yang menyapu atau menyediakan makanan dan minuman untuk warga masyarakat.
Kerja Bakti di antaranya : Menenanam pohon di sepanjang jalan dan memebrsikan rumput dan saluran air, membangun tempat umum Mesjid, Pos Ronda, Gapura, tempat ibadah lainya, mendirikan rumah warga yang tidak mampu (miskin) dan sebagainya.
                   3                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
4. Tugas 1
Jawablah pertanyaan in dengan benar !
1.      Sebutkan minimal 3 fungsi rumah ?
2.      Menjaga dan memelihara kebersihan sekolah menjadi tanggungjawab siapa ?
3.      Apa saja jenis jenis sampah ?
4.      Setelah sampah terkumpul di pilih dan dipisahkan menjadi 3 kelompok apa saja ?
5.      Sebutkan 3 cara untuk melestarikan lingkungan hidup di sekolah ?

5.    Rangkuman
a.       Memelihara lingkunga rumah
·         Upaya memelihara lingkurang rumah dilakukan denga cara :
·         Membersihkan dalam rumah
·         Membersihkan halaman rumah
·         Memelihara tanaman di halaman rumah
·         Pembagian tugas kebersihan
b.      Memelihara lingkungan sekolah
·         Melakukan pembagian piket kebersihan kelas
·         Melakukan kebersihan bersama dan penyedian tempat sampah
·         Lomba kebersihan kelas
c.       Memelihara Lingkungan masyarakat sekitar
·         Membentuk tim lingkungan bersih
·         Kerja Bakti (Bakti Sosial)

 
C. KUNCI TUGAS

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban



1
1
a. Tempat berlindung
b. Tempat istirahat
c. Tempat bersosialisasi
d. Tempat membina keluarga

2

         Seluruh warga sekolah yang terlibat langsung di sekolah itu.

3

         Organik dan an organik

4

         a. di daur ulang
b. dijadikan kompos
c. dibuang/dibakar/dikubur

5

         a. Membentuk piket kebersihan ruangan kelas sekaligus memelihara tanaman di 
          area ruangan kelas
b. Kebersihan kelas bersama sama dikoordinir wali kelas
c. Kebersih sekolah bersama-sama dipimpin oleh kepala sekolah contoh jumat 
    bersih

 4
DAFTAR PUSTAKA

Abas, M. dkk.  2012. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Adi Asmara. 2010. Lingkungan ku Sahabatku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs kelas VII. Bandung: CV. Antika Mandiri.
Wijayanti Tatik. 2010. Lingkungan Hidup Kelas VII SMP/MTs. Bandung: Prisma Esta Utama.

Website

5














Tidak ada komentar:

Posting Komentar