MODUL KEGIATAN SISWA
PELAJARAN
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS VII
JILID 3
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
KTSP 2006
Standar Isi Muatan Lokal
Standar Isi Muatan Lokal
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/MTs
PLH VII.1.1.9
S.D
PLH VII.1.1.12
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1
(SATU)
KEGIATAN SISWA
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini memuat 4 (empat) modul untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas
7
(Tujuh)
Semester 1 (satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam
jangka waktu 8 x 40
menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.
Modul
tersebut mencakup:No
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
|
1.
|
PLH VII.1.1.09
|
2x 40 menit
|
Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat
|
2.
|
PLH VII.1.1.10
|
2x
40 menit
|
Pelestarian hewan-hewan Langka
|
3.
|
PLH VII.1.1.11
|
2x 40 menit
|
Pelestarian Tumbuhan Langka
|
4.
|
PLH VII.1.1.12
|
2x
40 menit
|
Melestarikan dan memanfaatkan
tanaman budi daya
|
Selamat belajar ! ikuti petunjuk
berikut :
i
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
|
i
|
|
Daftar isi
|
ii
|
|
PLH VII.1.1.09
|
1
|
|
PLH VII.1.1.10
|
5
|
|
PLH VII.1.1.11
|
9
|
|
PLH VII.1.1.12
|
13
|
|
ii
PETUNJUK
BAGI SISWA
1
|
Belajar
dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu
dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
|
|
2
|
Belajar
dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau
di luar Kelas
|
|
3
|
Langkah
langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai
berikut :
|
|
a
|
Usahakan
kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau
pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi
esensial/materi pokok/materi utama.
|
|
b
|
Baca
dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan
materi pokoknya dan uraian materinya.
|
|
c
|
Bila
dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan
teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu
tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.
|
|
d
|
Setelah
kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang
tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku
tulis kamu.
|
|
e
|
Periksalah
hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada
jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua
kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak
mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.
|
|
f
|
Bila
dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai
mempelajari modul berikutnya.
|
|
g
|
Urutan
kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari
modul ini.
|
iv
MODUL SMP/MTs
PLH VII.1.1.9
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN LINGKUNGA HIDUP
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1
(SATU)
WAKTU : 2 X 40 MENIT
KEGIATAN SISWA
MEMLIHARA LINGKUNGAN HIDUP SEKITAR
PENULIS :
DRS. ASEP DANI FAUZI
EDITOR : DRS. ENDANG HARIS
EDITOR : DRS. ENDANG HARIS
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
A.
PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari empat hal yaitu Pertama Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat Kedua Pelestarian Hewan Langka Ketiga Pelestarian Tumbuhan Langka Keempat Melestarikan dan Memanfaatkan Tanaman Budi Daya.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya.
Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 8 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
1
B. KEGIATAN
BELAJAR
KEGIATAN 1 : Membiasakan
diri dalam pelestarian dan pemanfaatan Sumber Daya Alam
1.
Tujuan
Memelihara Lingkungan Hidup Terdekat (rumah, Sekolah
dan Sekitarnya)
2.
Materi Pokok
Untuk
mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari pemeliharaan lingkungan hidup terdekat
3.
Uraian
MEMELIHARA LINGKUNGAN HIDUP TERDEKAT
Setiap Makhluk Hidup, terutama manusia telah dikarunia Tuhan atas
kemampuan untuk bertahan hidup (survivel).
Dengan akal dan budinya manusia memanfaatkan dan mengubah keadaan lingkungan
sekitar untuk pemenuhan kehidupannya.
Perilaku manusia memanfaatkan lingkungan menyebabkan perubahan
lingkungan baik secara cepat atau secara lambat. Perubahan tersebut dampaknya
akan dirasakan oleh manusia itu dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian
upaya pemeliharaan, perlindungan, pengawetan dan melestarikan lingkungan
sekitar, untuk keseimbangan alam dan manfaatnya bagi generasi berikutnya.
Untuk melestarikan Sumber Daya
Alam, harus kita mulai dari yang hal kecil lebih dahulu, umpamanya memelihara
kesehatan diri pribadi yang merupakan sumber yang sangat potensial, memelihara
rumah (tempat tinggal mu), kemudian lingkungan sekolah dan lingkungan
masyarakat. Untuk lebih jelas kita bahas di bawah ini .
1. MEMELIHARA
LINGKUNGAN RUMAH
Rumah sebagai
tempat tinggal merupakan kebutuhan primer, memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul, tempat berlindung , tempat istirahat, tempat
bersosialisasi dan tempat membina keluarga. Apakah kamu sudah memperhatikan
suasana di rumahmu ? sudah rapih ? sudah bersih ? bagaimana upaya memelihara
keadaan rumah kita, diantaranya :
mengunakan pot, polybag atau dengan cara digantung disesuaikan dengan kondisi
Rumah.
Tanaman yang di pelihara tidak perlu mahal bias berupa apotek hidup, warung hidup atau
tanaman bunga, disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kita.
c. Membersihkan dan Merawat tanaman
Tanaman yang di pelihara tidak perlu mahal bias berupa apotek hidup, warung hidup atau
tanaman bunga, disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kita.
c. Membersihkan dan Merawat tanaman
Tanaman yang
kita pelihara perlu kita bersihkan dari tanaman rumput, daun yang mongering
atau yang patah, membersihkan solokan dan sanitasinya. Dalam perawatan tanaman
yang kita pelihara perlu dijaga dari hama, penyiraman dan pemberian pupuk.
d.
Menetapkan Tugas
Piket dalam Keluarga
Dalam keluarga perlu memberikan pembagian tugas
dalam memelihara lingkungan rumah kita, secara bersama – sama membersihkan dari
dalam rumah sampai luar rumah, sebagai contoh yang menyapu lantai dalam rumah
Kakak, menyapu halaman rumah adik, menyiram tanaman Ibu dan membersihkan
selokan bapak dan sebagainya.
2
1. MEMELIHARA
LINGKUNGAN SEKOLAH
Sekolah tempat
kita menuntut Ilmu, berkumpul dan bermain. Sekolah yang kita cintai harus
senantiasa pelihara di jaga lingkungannya agar tetap bersih asri dan nyaman,
agarkebersihan sekolah terjaga dengan baik menjadi tanggung jawab semua orang
yang terlibat di dalamnya. Dan kebersihan kelas menjadi tanggungjawab Wali
kelas dan siswa yang ada dalam kelas itu.
a.
Membentuk Piket
Kelas
Lingkungan kelas
kita terjaga, terawat, bersih, indah dan nyaman, maka semua yang terlibat di
kelas itu sama-sama untuk memeliharanya. Dan untuk melaksanakan pemelihara
lingkungan kelas dibentuklah tim secara
bergiliran membagi regu piket kebersihan, agar kebersihan secara kompak dan
bertanggung jawab yang tidak melaksanakan piket harus diberi sanksi yang tegas.
b.
Melakukan
Kebersihan Bersama dan Penyedian Tempat Sampah
Dalam memelihara
lingkungan yang bersih dan terawat
diperlukan kebersamaan, untuk itu sekolah bersama – sama guru, karyawan,
dan siswa melakukan kebersihan, seperti Jumat bersih dilakukan sebelum jam
pelajaran di mulai, atau dilakukan pada waktu dan hari tertentu membersihakan
lingkungan sekolah senantiasa rapi bersih dan rindang. Setiap kelas diwajibkan adanya tanaman yang dipelihara
dalam kelas, atau di halaman kelas, dan wajib merawat dan memeliharanya. Dan
sekolah mewajibkan semua halaman ruangan untuk memelihara tanaman serta
merawatnya.
Semua kotoran
dan sampah bekas pemeliharaan tanaman harus di buang ke tempat sampah dengan
cara pensortiran, pemilihan sampah organik dan an organik sehingga tempat sampah terbagi 3 kelompok,
bisa di daur ulang , dijadikan kompos dan dibuang/dibakar/dikubur. Dengan
tersedianya tempat sampah kita membuang sampah sembarangan.
a.
Lomba
Kebersihan Kelas
Salah satu ajang yang tepat dalam memmbentuk karakter siswa yang
rajin, giat dan selalu menjaga dan memelihara kebersihan dalam kelas atau
lingkungan sekolah, perlu dilakukan penilaian lomba kebersihan kelas baik secara rutin maupun secara
tertentu dalam suasana yang kondusif, diharapkan setiap kelas mampu
menampilkan kelas yang terbaik.
|
|
1. MEMELIHARA
LINGKUNGAN MASYARAKAT
Masyarakat
adalah kumpulan dari setiap keluarga yang membentuk suatu kelompok dalam
wilayah dan lingkungan tertentu.
Memelihara dan menjaga lingkungan di sekitar masyarakat sangat penting
karena lingkungan yang terjaga dan terpelihara dengan baik, maka satu kesatuan
lingkungan masyarakat seluruhnya menjadi baik.
Upaya memelihara
lingkungan masyarakat, dan ikut aktif didalamnya berupa kegiatan pembentukan
tim lingkungan bersih, ikut aktif dalam gotong royong kebersihan (bakti sosial)
a. Tim
lingkungan bersih
Pembentukan tim bukan berarti membentuk organisasi baru,
tetapi mengaktifkan dan menoptimalkan organisasi yang ada di masyarakat, kita
bias ikut aktif didalamya bersam warga lain terus memelihara kebersihan
lingkungan, apabila kita berada di lingkungan masyarakat pedesaan aktif bersama
warga menanam pohon di sepanjang jalan,
menjaga kebersihan saluran air,
membersihkan rumput dan pohon yang
tidak di perlukan, bersama warga membuang sampah. Apabila kita berada di
lingkungan masyarakat perkotaan atau daerha Pabrik/Industri, bersama warga ikut
aktif membersihan saluran air dan selokan, menanam pohon yang dapat menyerap
pencemaran udara, bersama warga ikut
menanam tanaman di sepanjang jalan kecil dengan pot bunga atau tanaman
gantung/hias, membiasakan memelihara kebersihan jalan yang menuju rumah kita.
Apabila kita berada di wilayah pantai ikut aktif bersam warga membersihkan
sanitasi saluran air, ikut aktif menjaga pantai dari sampah/kotoran, ikut aktif menam pohon bakau dan mangrove
agar abrasi air Lut tidak banyak mengikis daratan.
b. Melakukan Kerja Bakti
Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memelihara
lingkungan di sekitar kita melalui kerja bakti, yang di dukung oleh semua
warga, setiap orang terlibat.
Kerja Bakti bisa dilakukan melalui organisasi maupun
secara tugas langsung dari pengurus Warga baik dari RT atau dari RW, kegiatan
kerja bakti (bakti Sosial) seluruh warga aktif, kaum laki-laki bisa langsung ke
lapangan membersihkan atau menanam pohon, kaum perempuan ada yang menyapu atau
menyediakan makanan dan minuman untuk warga masyarakat.
Kerja Bakti di antaranya : Menenanam pohon di
sepanjang jalan dan memebrsikan rumput dan saluran air, membangun tempat umum Mesjid,
Pos Ronda, Gapura, tempat ibadah lainya, mendirikan rumah warga yang tidak
mampu (miskin) dan sebagainya.
3
4.
Tugas 1
Jawablah
pertanyaan in dengan benar !
1.
Sebutkan minimal
3 fungsi rumah ?
2.
Menjaga dan
memelihara kebersihan sekolah menjadi tanggungjawab siapa ?
3.
Apa saja jenis
jenis sampah ?
4.
Setelah sampah
terkumpul di pilih dan dipisahkan menjadi 3 kelompok apa saja ?
5.
Sebutkan 3 cara
untuk melestarikan lingkungan hidup di sekolah ?
5. Rangkuman
a.
Memelihara
lingkunga rumah
·
Upaya memelihara
lingkurang rumah dilakukan denga cara :
·
Membersihkan
dalam rumah
·
Membersihkan
halaman rumah
·
Memelihara
tanaman di halaman rumah
·
Pembagian tugas
kebersihan
b.
Memelihara
lingkungan sekolah
·
Melakukan
pembagian piket kebersihan kelas
·
Melakukan kebersihan
bersama dan penyedian tempat sampah
·
Lomba kebersihan
kelas
c.
Memelihara
Lingkungan masyarakat sekitar
·
Membentuk tim
lingkungan bersih
·
Kerja Bakti
(Bakti Sosial)
C. KUNCI TUGAS
No. Tugas
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
1
|
a. Tempat berlindung
b. Tempat istirahat
c. Tempat bersosialisasi
d. Tempat membina keluarga |
2
|
Seluruh
warga sekolah yang terlibat langsung di sekolah itu.
|
|
3
|
Organik
dan an organik
|
|
4
|
a.
di daur ulang
b. dijadikan kompos
c. dibuang/dibakar/dikubur
|
|
5
|
a.
Membentuk piket kebersihan ruangan kelas sekaligus memelihara tanaman di
area
ruangan kelas
b. Kebersihan kelas bersama sama
dikoordinir wali kelas
c. Kebersih sekolah bersama-sama dipimpin
oleh kepala sekolah contoh jumat
bersih
|
4
DAFTAR PUSTAKA
Abas,
M. dkk. 2012. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Adi Asmara. 2010. Lingkungan
ku Sahabatku Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs kelas VII. Bandung:
CV. Antika Mandiri.
Wijayanti Tatik. 2010. Lingkungan Hidup Kelas VII SMP/MTs. Bandung: Prisma Esta Utama.
Website
5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar