MODUL KEGIATAN SIWA
KELAS VII
JILID 2
PELAJARAN
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
JILID 2
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Standar Isi Muatan Lokal
MGMP PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
MODUL SMP/MTs
PLH.VII.1.1.7
s.d
PLH.VII.1.1.8
MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
KEGIATAN SISWA
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Puji serta syukur penulis panjatkan ke hadlirat Allah
SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul PLH
Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini
memuat 6 (enam) modul untuk mata pelajaran PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 4 x 40
menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.
Modul tersebut mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
Mengembangkan Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
|
|||
7
|
PLH VII.1.1.7
|
2 X 40 menit
|
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
|
8
|
PLH VII.1.1.8
|
2 X 40 menit
|
Melestarikan dan Memanfaatkan
SDA
|
Selamat
belajar ! ikuti petunjuk berikut :
ii
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
|
ii
|
|
Daftar isi
|
iii
|
|
PLH VII.1.1.7
|
1
|
|
PLH VII.1.1.8
|
7
|
|
iii
PETUNJUK
BAGI SISWA
1
|
Belajar
dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu
dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
|
|
2
|
Belajar
dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau
di luar Kelas
|
|
3
|
Langkah
langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai
berikut :
|
|
a
|
Usahakan
kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau
pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi
esensial/materi pokok/materi utama.
|
|
b
|
Baca
dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan
materi pokoknya dan uraian materinya.
|
|
c
|
Bila
dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan
teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu
tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.
|
|
d
|
Setelah
kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang
tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku
tulis kamu.
|
|
e
|
Periksalah
hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada
jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua
kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak
mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.
|
|
f
|
Bila
dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai
mempelajari modul berikutnya.
|
|
g
|
Urutan
kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari
modul ini.
|
iv
MODUL SMP/MTs
VII.1.1.7
MATA PELAJARAN :
PEDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : VII (TUJUH)
SEMESTER : 1
(SATU)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
KEGIATAN SISWA
MENCINTAI LINGKUNGAN SEKITAR
PENULIS
|
:
|
DRS. AHAN SAFARI
DRS. SNI RIVA'I
|
EDITOR
|
:
|
Drs. ENDANG HARIS
|
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
A.
PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari tiga hal yaitu Pertama Mencintai Lingkungan Rumah Kedua Mencintai Lingkungan Sekolah Ketiga Mecintai Lingkungan
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya.
Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 12 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
1
B. KEGIATAN
BELAJAR
KEGIATAN
1 :
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
1. Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, kamu
diharapkan dapat Mencintai Lingkungan sekitarnya.
2. Materi Pokok
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus
mempelajari bagaimana Mencintai Lingkungan sekitarnya.
3. Uraian
Bacalah materi berikut dengan seksama !
Bacalah materi berikut dengan seksama !
A.
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar Kita
Setelah
kita mengetahui tentang sumber daya alam beserta pelestarian dan
pemanpaatannya, selanjutnya kita juga harus belajar untuk mencintai lingkungan
di sekitar. Lingkungan ini meliputi lingkungan yang setiap hari kita berada,
yaitu lingkungan rumah, sekolah atau pun lingkungan bermasyarakat. Dengan
mencintai lingkungan sekitar kita berarti kita sudah mulai belajar untuk
sedikit demi sedikit melestarikan sumber daya alam melalui pemeliharaan
lingkungan.
Kecintaan
kita terhadap lingkungan juga harus dibuktikan oleh kita dengan ikut secara
aktif berpartisipasi dalam pelestarian sumber daya alam. Dengan aktifnya kita
melestarikan sumber daya alam, maka kita berarti sudah mensyukuri nikmat Tuhan
YME yang telah dikaruniakan kepada kita.
Kita
harus menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih. Lingkungan yang bersih
akan membuat diri kita selalu sehat.
Berarti, secara tidak langsung kita sendiri memelihara kesehatan kita. Jika
lingkungan tidak bersih, banyak bahaya yang tidak bersih.
Ingin
terhindar dari penyakit? Jagalah
lingkungan sekitar kita. Berikut ini beberapa
upaya menjaga lingkungan.
1.
Membuang sampah pada tempatnya.
2.
Membuang hajat ditempatnya.
3.
Tidak mendirikan bangunan disembarangan tempat.
4.
Bersama-sama memelihara kebersihan.
|
|
Kita harus ingat
serta senang tiasa melaksanakannya bahwa
:
“ Kebersihan itu sebagaian dari pada iman
“.
Di
Negara kita banyak perkembangan kota baru, namun banyak mengabaikan lingkungan.
Tanpa diimbangi daya dukung lingkungan yang akurat serta pertimbangan
kebersihan, keselarasan dan keseimbangan. Tatanan lingkungan yang tidak
dikelola dengan baik dapat menurunkan kualitas hidup. Penataan lingkungan harus
mempertimbangkan 2 komponen utama tata ruang, yaitu wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang.
§ Wujud struktural
adalah pemanfaatan ruang yang merupakan susunan lingkungan alam, lingkungan
sosial dan buataan. Contohnya pusat-pusat kota, prasarana jalan dan ketinggian
bangunan.
§ Pola pemanfaatan
ruang adalah pemanfaatan ruang yang menggambarkan fungsi, ukuran, karakter
kegiatan manusia dan alam. Contohnya tempat kerja, industri, pemukiman,
pertanian, serta penggunaan tanah didesa dan dikota.
B. Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar
1. Memelihara
Lingkungan Rumah
Sebagai
tempat kita tinggal, tempat kita berteduh dari segala cuaca, tempat kita
berkumpul dengan keluarga, rumah perlu kita perhatikan, perlu kita cintai.
Sebagai contoh, wujud cinta tersebut bisa berupa hal-hal beriku:
a. Menjaga Tumbuh-tumbuhan
Dihalaman
depan rumah kita biasanya terdapat banyak tumbuh-tumbuhan bunga. Biasanya bila
bunga-bunga yang menghias halaman depan kita tersebut sampai beberapa hari
tidak tersirami air, maka akan mudah layu dan kering, yang berakibat halaman
depan kita akan di tumbuhi bunga yang layu, hal ini menyebabkan pemandangan
rumah kita jadi kurang asri lagi dan lebih kasihan lagi bunga-bunga kita akan
kekurangan air dan akhirnya mati. Untuk mencegahnya, maka baik sekali bila kita
mau meluangkan waktu kosong kita untuk menyirami mereka dengan air secukupnya.
Ini akan berguana bagi kelangsungan tumbuh-tumbuhan tersebut.
b. Membersihkan Sampah
Kita
bisa mencintai lingkungan hidup di sekitar rumah kita dengan rajin membersihkan
sampah atau pun segala sesuatu yang berserakan di halaman rumah atau pun di
dalam rumah. Dengan upaya pembersihan ini kita telah ikut menjaga kebersihan
dan berarti kita membantu dalam upaya memelihara lingkungan. Untuk itu,
sediakanlah selalu sapu yang siap digunakan untuk membersihkan rumah kita.
c. Menanam
Tanaman
Di
kebun biasanya terdapat lahan tanah yang cukup lebar, agar tanah tersebut bisa
bermanfaat, maka bisa kita bentuk sebuah lingkungan hidup di sana. Misalnya
dengan kita tanami tanaman-tanaman buah di sana.
Bila
tanaman-tanaman buah itu kita jaga dan kita pelihara dengan baik, buahnya tentu
akan baik dan dapat kita manfaatkan. Itulah untungnya mencintai dan mengelola
lingkungan hidup. Dengan menanam tanaman ini kita juga telah ikut dalam upaya
pelestarian tanaman, yang berarti ini adalah bentuk cinta kita kepada
lingkungan yaitu dengan menanam.
2. Memelihara
Lingkungan Sekolah
Sekolah
adalah rumah kedua kita. Disinilah tempat belajar disini pula kita belajar
tentang mencintai lingkungan hidup. Oleh karena itu sudah sepantasnya kdisekolah pun kita harus
bisa mengaplikasikan cinta kita itu melalui hal-hal yang berguna untuk
pelestarian lingkungan hidup, tapi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah
yang bersangkutan. Sebagai bahan
pertimbangan disekolah kita bisa melakukan hal-hal dibawah ini :
a. Menanam
Tanaman
Sebagaimana
dirumah, disekolah pun kita bisa mencitai lingkungan dengan menanam tanaman
disekita kelas dan lingkungan sekolah. Kita pun dalam melaksanakan program ini
harus meminta bantuan kepada seluruh personel sekolha agar bisa bersama-sama
menanam tanaman di seluruh sudut sekolah.
b. Membuat Kebun
Sekolah
Jika
dalam menanam tanaman disekolah secara umum dilakukan ditiap kelas ataupun
seluruh sudut sekolah dilakukan agar lingkungan sekolah terlihat lebih asri dan
bentuk eksperesi kecintaan kita kepada lingkungan, maka dalam kebun sekolah
penanaman ini dimaksudkan bukan hanyan untuk itu saja tapi juga digunakan
sebagai penelitian atau percobaan. Sehingga dalam penanamannya pun harus
ditentukan tanaman apa yang hendak ditanam karena dengan adanya kebun sekolah
ini adalah bentuk nyata dari keikutsertaan kita dalam melestarikan tanaman.
Berbeda
dengan menanam tanaman biasa, maka dikebun sekolah ini diperlukan pengelolaan
yang benar-benar ahli, serta tanaman yang hendak ditanam pun harus dipilih
sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan kebun sekolah ini akan lebih membantu kita
dalam upaya pelestarian lingkungan hidup secara nyata.
c. Membuang
Sampah pada Tempatnya.
Salah
satu hal yang terkadang dianggap biasa namun sebenarnya besar dalam membuang
bekas makanan atau apa saja ke tempat sampah. Hal ini jarang sekali kita
lakukan dan cenderung tidak kita pedulikan padahal ini adalah salah satu wujud
kecintaan kita kepada lingkungan.
d.
Pelestarian Lingkungan Kelas
Mutu
ruangan kelas ditentukan oleh keserasian dan kesimbangan dalam pemanfaatan
ruang. Faktor-faktor lalin yang
menentukan mutu ruangan adalah suasana keterbukaan, persamaan, keadilan dan
perlindungan.
Upaya-upaya menciptakan suasana kelas yang nyaman.
· Menjaga
kebersihan dan ketertiban kelas
· Menyumbang bunga
dan tanaman kelas
· Menghiasi kelas
masing-masing
· Perlombaaan
kelas terasri, terbersih dan terkotor.
e. Pelestarian
Lingkungan Sekolah
Pelestarian
lingkungan sekolah adalah
upaya menjaga fungsi lingkungan
sekolah sebgai sebuah lembaga pendidikan dan mencegahnya dari kerusakan. Hal
ini disebabkan karena manusia, mahluk hidup lainnya, lingkungan dan semua hal
yang terdapat didalamnya tidak dipisahkan.
Upaya-Upaya
dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah
· Menanam pohon
dan memperhatikan kelangsungan pohon
· Menjaga
kebersihan halaman
· Membuasakan
tidak membuang sampah sembarangan
· Menjaga
kebersihan air dan toilet
· Membuat tanaman
sekolah’
· Menjaga
kebersihan kantin
Lingkungan
sekolah memiliki ruangan kepala sekolah, ruangan guru, kelas, tempat bermain,
perpustakaan, kamar mandi, dapur dan gudang kebersihan harus dijaga oleh
seluruh warga sekolah. Warga sekolah adalah orang-orang yang berada di
lingkunga sekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, karyawan tata usaha dan
penjaga sekolah. Semuanya bertanggung jawab untuk meletarikan dan menciptakan
suasana ramah lingkungan. Intinya harus menjaga kebrsihan agar tercipta sekolah
berwawasan lingkungan dan sekolah sehat.
Kesehatan
lingkungan sekolah dapat diawali dengan menjaga kebersihan kantin sekolah dari
sampah plastik yang bersumber dari kantin. Sekolah secara rutin melakukan
pemeriksaan kebersihan, pemeriksaan jenis makanan yang dijual agar memenuhi
syarat kesehatan, serta kerja sama dengan dinas kesehatan. Prilaku hidup bersih
dan sehat (PHBS) akan tertanam dalam diri siswa apabila siswa terlibat langsung
dalam seluruh kegiatan di sekolah. Kegiatan yang tidak kalah pentingnya
adalah menyusun peraturan tentang menjaga kebersihan, keindahan dan
kebersihan sekolah serta membuat sangsi bagi si pelanggar. Dengan demikian,
dalam upaya pelestarian lingkungan sekolah, siswa berperan sebgai pelaku
sekaligus pengawas, baik untuk dirinya sendiri maupun teman yang lain. Kebun
sekolah dapat dijadikan proyek bagi tiap kelas dalam upaya melestarikan
liingkungan sekolah. Kebun sekolah harus kita pelihara sebaik-baiknya, disiram,
diberi pupuk dan sampahnya dibersihkan
supaya kebun sekolah bersih, indah, hijau dan segar. Apakah di sekolahmu
terdapat kebun sekolah? Pernah di sekolahmu diadakan lomba kaplin
3. Memelihara
Lingkungan Sekitar Kota
Bentuk
cinta kita kepada lingkungan yang selanjutnya adalah dengan mengaplikasikannya
di lingkungan kota tempat tinggal kita tinggal. Hanya saja untuk tingkat kota
ini biasanya sudah ditetapkan aturan oleh pemerintah. Oleh karena itu bentuk
kecintaan kita dapat kita lakukan dengan ikut mendukung dan mengingatkan
permerintah kota dalam hal pelestarian lingkungan.
Dilingkungan
kota, kita cukup dengan melaksanakan hal-hal yang telah ditetapkan oleh
pemerintah kota mengenai lingkungan. Bentuk kecintaan kita kepada kota adalah
dengan melakukan pelestarian kota harus diawali dengan pelestarian lingkungan
sekitar kita, dan lingkungan sekitar kita tidak bisa kita lakukan kecuali jika
kita sudah mampu melestarikan lingkungan rumah kita.
4. Tugas 1
1.
Sebutkan 3 (tiga) upaya mencintai lingkungan hidup !
2.
Mengapa
lingkungan harus bersih ?
3.
Jelaskan
upaya dalam memelihara lingkungan rumah !
4.
Jelaskan
upaya dalam memelihara lingkungan kelas !
5.
Tuliskan
2 ( dua) bentuk kecintaan kita kepada kota !
5. Rangkuman
a.
Lingkungan yang bersih akan membuat diri kita selalu sehat. Berarti, secara tidak
langsung kita sendiri memelihara kesehatan kita. Berikut ini beberapa upaya menjaga lingkungan.
1. Membuang
sampah pada tempatnya.
2. Membuang
hajat ditempatnya.
3. Tidak
mendirikan bangunan disembarangan tempat.
4.
Bersama-sama memelihara kebersihan.
b.
Memelihara lingkungan disekitar kita yaitu :
1. Memelihara
Lingkungan Rumah
2. Memelihara
Lingkungan Sekolah
3. Kota
c. Upaya- upaya melestarikannya :
Upaya-upaya menciptakan suasana kelas yang nyaman.
§ Menjaga
kebersihan dan ketertiban kelas
§ Menyumbang bunga
dan tanaman kelas
§ Menghiasi kelas
masing-masing
§
Perlombaaan
kelas terasri, terbersih dan terkotor
Upaya-Upaya
dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah
§ Menanam pohon
dan memperhatikan kelangsungan pohon
§ Menjaga
kebersihan halaman
§ Membuasakan
tidak membuang sampah sembarangan
§ Menjaga
kebersihan air dan toilet
§ Membuat tanaman
sekolah’
§ Menjaga
kebersihan kantin
2
C. KUNCI TUGAS
No. Tugas
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
1
|
a. Membersikan rumah atau sekolah
|
b. Membuang sampah pada tempatnya atau
simpan sampah pada tempat
sampah. |
||
c. Melestarikan tumbukan langka
|
||
2
|
Agar sehat, bersih dan lestari
|
|
3
|
menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan
|
|
4
|
menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kelas
|
|
5
|
a. menjaga dan memelihara kebersihan lingkunan
|
|
b. menjaga dan memelihara kelestarian taman kota
|
3
DAFTAR
PUSTAKA
Mohamad Abas, dkk 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk
SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Mohamad Abas, dkk.2008.Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/ MTs.
Kelas VII.Tasikmalaya: CV. Multipesona Grafika
4
Kunci Tugas Ang ka Kantun, damelnya heu..
BalasHapus