Jumat, 28 September 2012

Mencintai Lingkungan Hidup


MODUL KEGIATAN SIWA
PELAJARAN
PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP 
 
KELAS VII
JILID 2 
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Standar Isi Muatan Lokal


                                         

MGMP  PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KOTA TASIKMALAYA
2012
                                                       


MODUL SMP/MTs

PLH.VII.1.1.7
s.d
PLH.VII.1.1.8


MATA PELAJARAN : PLH
KELAS : 7 (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)





KEGIATAN SISWA





MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012


Kata Pengantar
Puji serta syukur penulis panjatkan ke hadlirat Allah SWT, karena atas rahmat dan inayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Modul PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu).
Modul ini memuat 6 (enam) modul untuk mata pelajaran PLH Kelas VII (tujuh) Semester 1 (satu). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 4 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.
Modul tersebut mencakup:

No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k



Mengembangkan Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
7
PLH VII.1.1.7
2 X 40 menit
Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar
8
PLH VII.1.1.8
2 X 40 menit
Melestarikan dan Memanfaatkan SDA
Selamat belajar ! ikuti petunjuk berikut :  

ii

 DAFTAR ISI
        
Kata Pengantar

ii
Daftar isi

iii
PLH VII.1.1.7

1
PLH VII.1.1.8

7












 iii



 PETUNJUK BAGI SISWA

1
Belajar dengan modul keberhasilannya tergantung dari kedisiplinan dan ketekunan kamu dalam memahami dan mematuhi langkah langkah belajarnya.
2
Belajar dengan modul dapat dilakukan secara mendiri atau kelompok, baik di Kelas atau di luar Kelas
3
Langkah langkah yang perlu kamu ikuti secara berurutan dalam modul ini adalah sebagai berikut :

a
Usahakan kamu (bila memungkinkan) memiliki buku paket sebagai bahan pengayaan atau pendalaman materi. Karena dalam modul ini di utamakan pada materi esensial/materi pokok/materi utama.

b
Baca dan pahami benar benar tujuan yang terdapat dalam modul ini. Perhatikan materi pokoknya dan uraian materinya.

c
Bila dalam mempelajari materi tersebut mengalami kesulitan diskusikan dengan teman-teman yang lain. Dan bila inipun belum terpecahkan sebaiknya kamu tanyakan pada guru mata pelajaran pada waktu tatap muka.

d
Setelah kamu merasa memahami materi pelajaran tersebut kerjakan tugas tugas yang tercantum dalam modul ini dalam lembar jawaban yang terpisah atau pada buku tulis kamu.

e
Periksalah hasil pemeriksaan tugas tersebut melalui kunci yang tersedia, dan bila ada jawaban yang betul, pelajari sekali lagi materi yang bersangkutan, bila semua kegiatan dalam satu modul sudah dapat diselesaikan dengan baik kamu berhak mengikuti tes akhir modul yang diselenggarakan oleh guru mata pelajaran.

f
Bila dalam tes akhir modul kamu dapat mencapai 75 (KKM) maka kamu dapat mulai mempelajari modul berikutnya.

g
Urutan kegiatan ini harus kamu taati, agar kamu lebih cepat berhasil mempelajari modul ini.

iv

MODUL SMP/MTs


 VII.1.1.7 
 
MATA PELAJARAN : PEDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
KELAS : VII (TUJUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
WAKTU : 2 X 40 MENIT



KEGIATAN SISWA

MENCINTAI LINGKUNGAN SEKITAR



PENULIS
:
DRS. AHAN SAFARI
DRS. SNI RIVA'I
EDITOR
:
Drs. ENDANG HARIS









MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012

A. PENDAHULUAN
Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.  Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam proses pembelajaran ini  adalah dengan menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul  pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada modul ini kamu akan mempelajari ”Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu mempelajari tiga hal yaitu Pertama Mencintai Lingkungan Rumah Kedua Mencintai Lingkungan Sekolah Ketiga Mecintai Lingkungan
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya. Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar  tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 12 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.

1

B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1        :  Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar

1.  Tujuan
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat Mencintai Lingkungan sekitarnya.

2.  Materi Pokok  
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari bagaimana Mencintai Lingkungan sekitarnya.

3.  Uraian 
    Bacalah materi berikut dengan seksama !
A. Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar Kita
Setelah kita mengetahui tentang sumber daya alam beserta pelestarian dan pemanpaatannya, selanjutnya kita juga harus belajar untuk mencintai lingkungan di sekitar. Lingkungan ini meliputi lingkungan yang setiap hari kita berada, yaitu lingkungan rumah, sekolah atau pun lingkungan bermasyarakat. Dengan mencintai lingkungan sekitar kita berarti kita sudah mulai belajar untuk sedikit demi sedikit melestarikan sumber daya alam melalui pemeliharaan lingkungan.
Kecintaan kita terhadap lingkungan juga harus dibuktikan oleh kita dengan ikut secara aktif berpartisipasi dalam pelestarian sumber daya alam. Dengan aktifnya kita melestarikan sumber daya alam, maka kita berarti sudah mensyukuri nikmat Tuhan YME yang telah dikaruniakan kepada kita.
Kita harus menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih. Lingkungan yang bersih akan membuat  diri kita selalu sehat. Berarti, secara tidak langsung kita sendiri memelihara kesehatan kita. Jika lingkungan tidak bersih, banyak bahaya yang tidak bersih.
Ingin terhindar dari  penyakit? Jagalah lingkungan sekitar kita. Berikut ini beberapa  upaya menjaga lingkungan.
 
1. Membuang sampah pada tempatnya.
2. Membuang hajat ditempatnya.
3. Tidak mendirikan bangunan disembarangan tempat.
4. Bersama-sama  memelihara kebersihan.
Gb.   Mari Bersama-sama Menjaga Kebersihan
Kita harus ingat serta senang tiasa melaksanakannya  bahwa : 
Kebersihan itu sebagaian dari pada iman “. 
Di Negara kita banyak perkembangan kota baru, namun banyak mengabaikan lingkungan. Tanpa diimbangi daya dukung lingkungan yang akurat serta pertimbangan kebersihan, keselarasan dan keseimbangan. Tatanan lingkungan yang tidak dikelola dengan baik dapat menurunkan kualitas hidup. Penataan lingkungan harus mempertimbangkan 2 komponen utama tata ruang, yaitu wujud struktural dan pola  pemanfaatan ruang.
§   Wujud struktural adalah pemanfaatan ruang yang merupakan susunan lingkungan alam, lingkungan sosial dan buataan. Contohnya pusat-pusat kota, prasarana jalan dan ketinggian bangunan.
§  Pola pemanfaatan ruang adalah pemanfaatan ruang yang menggambarkan fungsi, ukuran, karakter kegiatan manusia dan alam. Contohnya tempat kerja, industri, pemukiman, pertanian, serta penggunaan tanah didesa dan dikota.

B.  Memelihara Lingkungan Hidup Sekitar

1. Memelihara Lingkungan Rumah
Sebagai tempat kita tinggal, tempat kita berteduh dari segala cuaca, tempat kita berkumpul dengan keluarga, rumah perlu kita perhatikan, perlu kita cintai. Sebagai contoh, wujud cinta tersebut bisa berupa hal-hal beriku:
a.  Menjaga Tumbuh-tumbuhan
Dihalaman depan rumah kita biasanya terdapat banyak tumbuh-tumbuhan bunga. Biasanya bila bunga-bunga yang menghias halaman depan kita tersebut sampai beberapa hari tidak tersirami air, maka akan mudah layu dan kering, yang berakibat halaman depan kita akan di tumbuhi bunga yang layu, hal ini menyebabkan pemandangan rumah kita jadi kurang asri lagi dan lebih kasihan lagi bunga-bunga kita akan kekurangan air dan akhirnya mati. Untuk mencegahnya, maka baik sekali bila kita mau meluangkan waktu kosong kita untuk menyirami mereka dengan air secukupnya. Ini akan berguana bagi kelangsungan tumbuh-tumbuhan tersebut.
b.  Membersihkan Sampah
Kita bisa mencintai lingkungan hidup di sekitar rumah kita dengan rajin membersihkan sampah atau pun segala sesuatu yang berserakan di halaman rumah atau pun di dalam rumah. Dengan upaya pembersihan ini kita telah ikut menjaga kebersihan dan berarti kita membantu dalam upaya memelihara lingkungan. Untuk itu, sediakanlah selalu sapu yang siap digunakan untuk membersihkan rumah kita.
c.  Menanam Tanaman
Di kebun biasanya terdapat lahan tanah yang cukup lebar, agar tanah tersebut bisa bermanfaat, maka bisa kita bentuk sebuah lingkungan hidup di sana. Misalnya dengan kita tanami tanaman-tanaman buah di sana.
Bila tanaman-tanaman buah itu kita jaga dan kita pelihara dengan baik, buahnya tentu akan baik dan dapat kita manfaatkan. Itulah untungnya mencintai dan mengelola lingkungan hidup. Dengan menanam tanaman ini kita juga telah ikut dalam upaya pelestarian tanaman, yang berarti ini adalah bentuk cinta kita kepada lingkungan yaitu dengan menanam.

2. Memelihara Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah rumah kedua kita. Disinilah tempat belajar disini pula kita belajar tentang mencintai lingkungan hidup. Oleh karena itu  sudah sepantasnya kdisekolah pun kita harus bisa mengaplikasikan cinta kita itu melalui hal-hal yang berguna untuk pelestarian lingkungan hidup, tapi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah yang bersangkutan. Sebagai  bahan pertimbangan disekolah kita bisa melakukan hal-hal dibawah ini :

a. Menanam Tanaman
Sebagaimana dirumah, disekolah pun kita bisa mencitai lingkungan dengan menanam tanaman disekita kelas dan lingkungan sekolah. Kita pun dalam melaksanakan program ini harus meminta bantuan kepada seluruh personel sekolha agar bisa bersama-sama menanam tanaman di seluruh sudut sekolah.
b. Membuat Kebun Sekolah
Jika dalam menanam tanaman disekolah secara umum dilakukan ditiap kelas ataupun seluruh sudut sekolah dilakukan agar lingkungan sekolah terlihat lebih asri dan bentuk eksperesi kecintaan kita kepada lingkungan, maka dalam kebun sekolah penanaman ini dimaksudkan bukan hanyan untuk itu saja tapi juga digunakan sebagai penelitian atau percobaan. Sehingga dalam penanamannya pun harus ditentukan tanaman apa yang hendak ditanam karena dengan adanya kebun sekolah ini adalah bentuk nyata dari keikutsertaan kita dalam melestarikan tanaman.
Berbeda dengan menanam tanaman biasa, maka dikebun sekolah ini diperlukan pengelolaan yang benar-benar ahli, serta tanaman yang hendak ditanam pun harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan kebun sekolah ini akan lebih membantu kita dalam upaya pelestarian lingkungan hidup secara nyata.
c. Membuang Sampah pada Tempatnya.
Salah satu hal yang terkadang dianggap biasa namun sebenarnya besar dalam membuang bekas makanan atau apa saja ke tempat sampah. Hal ini jarang sekali kita lakukan dan cenderung tidak kita pedulikan padahal ini adalah salah satu wujud kecintaan kita kepada lingkungan.
d.  Pelestarian Lingkungan Kelas
Mutu ruangan kelas ditentukan oleh keserasian dan kesimbangan dalam pemanfaatan ruang. Faktor-faktor  lalin yang menentukan mutu ruangan adalah suasana keterbukaan, persamaan, keadilan dan perlindungan.
Upaya-upaya  menciptakan suasana kelas yang nyaman.
·      Menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
·      Menyumbang bunga dan tanaman kelas
·      Menghiasi kelas masing-masing
·      Perlombaaan kelas terasri, terbersih dan terkotor.
e. Pelestarian Lingkungan Sekolah
Pelestarian lingkungan sekolah adalah  upaya  menjaga fungsi lingkungan sekolah sebgai sebuah lembaga pendidikan dan mencegahnya dari kerusakan. Hal ini disebabkan karena manusia, mahluk hidup lainnya, lingkungan dan semua hal yang terdapat didalamnya tidak dipisahkan.
Upaya-Upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah
·      Menanam pohon dan memperhatikan kelangsungan pohon
·      Menjaga kebersihan halaman
·      Membuasakan tidak membuang sampah sembarangan
·      Menjaga kebersihan air dan toilet
·      Membuat tanaman sekolah’
·      Menjaga kebersihan kantin

Lingkungan sekolah memiliki ruangan kepala sekolah, ruangan guru, kelas, tempat bermain, perpustakaan, kamar mandi, dapur dan gudang kebersihan harus dijaga oleh seluruh warga sekolah. Warga sekolah adalah orang-orang yang berada di lingkunga sekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, karyawan tata usaha dan penjaga sekolah. Semuanya bertanggung jawab untuk meletarikan dan menciptakan suasana ramah lingkungan. Intinya harus menjaga kebrsihan agar tercipta sekolah berwawasan lingkungan dan sekolah sehat.
Kesehatan lingkungan sekolah dapat diawali dengan menjaga kebersihan kantin sekolah dari sampah plastik yang bersumber dari kantin. Sekolah secara rutin melakukan pemeriksaan kebersihan, pemeriksaan jenis makanan yang dijual agar memenuhi syarat kesehatan, serta kerja sama dengan dinas kesehatan. Prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) akan tertanam dalam diri siswa apabila siswa terlibat langsung dalam seluruh kegiatan di sekolah. Kegiatan yang tidak kalah  pentingnya  adalah menyusun peraturan tentang menjaga kebersihan, keindahan dan kebersihan sekolah serta membuat sangsi bagi si pelanggar. Dengan demikian, dalam upaya pelestarian lingkungan sekolah, siswa berperan sebgai pelaku sekaligus pengawas, baik untuk dirinya sendiri maupun teman yang lain. Kebun sekolah dapat dijadikan proyek bagi tiap kelas dalam upaya melestarikan liingkungan sekolah. Kebun sekolah harus kita pelihara sebaik-baiknya, disiram, diberi  pupuk dan sampahnya dibersihkan supaya kebun sekolah bersih, indah, hijau dan segar. Apakah di sekolahmu terdapat kebun sekolah? Pernah di sekolahmu diadakan lomba kaplin

3.  Memelihara Lingkungan Sekitar Kota
Bentuk cinta kita kepada lingkungan yang selanjutnya adalah dengan mengaplikasikannya di lingkungan kota tempat tinggal kita tinggal. Hanya saja untuk tingkat kota ini biasanya sudah ditetapkan aturan oleh pemerintah. Oleh karena itu bentuk kecintaan kita dapat kita lakukan dengan ikut mendukung dan mengingatkan permerintah kota dalam hal pelestarian lingkungan.
Dilingkungan kota, kita cukup dengan melaksanakan hal-hal yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota mengenai lingkungan. Bentuk kecintaan kita kepada kota adalah dengan melakukan pelestarian kota harus diawali dengan pelestarian lingkungan sekitar kita, dan lingkungan sekitar kita tidak bisa kita lakukan kecuali jika kita sudah mampu melestarikan lingkungan rumah kita.

4.  Tugas 1
1.      Sebutkan  3 (tiga) upaya mencintai lingkungan hidup !
2.      Mengapa lingkungan harus bersih ?
3.      Jelaskan upaya dalam memelihara lingkungan rumah !
4.      Jelaskan upaya dalam memelihara lingkungan kelas !
5.      Tuliskan 2 ( dua) bentuk kecintaan kita kepada kota !

5.  Rangkuman
a.  Lingkungan yang bersih akan membuat  diri kita selalu sehat. Berarti, secara tidak langsung kita sendiri memelihara kesehatan kita. Berikut ini beberapa  upaya menjaga lingkungan.
1. Membuang sampah pada tempatnya.
2. Membuang hajat ditempatnya.
3. Tidak mendirikan bangunan disembarangan tempat.
4. Bersama-sama  memelihara kebersihan.
b. Memelihara lingkungan disekitar kita yaitu :
1. Memelihara Lingkungan Rumah
2. Memelihara Lingkungan Sekolah
3. Kota
c. Upaya- upaya melestarikannya  :                       
Upaya-upaya  menciptakan suasana kelas yang nyaman.
§  Menjaga kebersihan dan ketertiban kelas
§  Menyumbang bunga dan tanaman kelas
§  Menghiasi kelas masing-masing
§  Perlombaaan kelas terasri, terbersih dan terkotor
Upaya-Upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah
§  Menanam pohon dan memperhatikan kelangsungan pohon
§  Menjaga kebersihan halaman
§  Membuasakan tidak membuang sampah sembarangan
§  Menjaga kebersihan air dan toilet
§  Membuat tanaman sekolah’
§  Menjaga kebersihan kantin

2


 
C. KUNCI TUGAS

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban



1
1
a. Membersikan rumah atau sekolah
b. Membuang sampah pada tempatnya atau simpan sampah pada tempat  
    sampah.
c. Melestarikan tumbukan langka

2
Agar sehat, bersih dan lestari

3
menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan

4
menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kelas

5
a. menjaga dan memelihara kebersihan lingkunan
b. menjaga dan memelihara kelestarian taman kota

3

DAFTAR PUSTAKA

Mohamad Abas, dkk 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Mohamad Abas, dkk.2008.Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/ MTs. Kelas VII.Tasikmalaya: CV. Multipesona Grafika


4





1 komentar: