MODUL SMP/MTs
VII.2.1.6
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS :
7 ( TUJUH )
SEMESTER :
2 ( DUA )
WAKTU :
2 X 40MENIT
KEGIATAN SISWA
BERPERAN AKTIF
DALAM MASALAH PENCEMARAN
PENULIS :
LENA SUWARTINI, SPd
PENYUNTING : Drs. Endang Haris
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
Kata Pengantar
Buku
ini memuat 2 (dua) modul untuk mata pelajaran Pendididka Lingkunan Hidup Kelas VII(tujuh)
Semester 2 (dua). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam
jangka waktu 20 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun
melalui belajar di luar kelas.
Modul tersebut
mencakup:
No
|
Kode Modul
|
Jumlah Jam
|
T o p i k
|
1.
|
PLH VII 2.1.6
|
2 x 40 menit
|
Berperan Aktif dalam Mengurangi
Pencemaran Lingkungan
|
2.
|
PLH
VII 2.1.7
|
2 x 40 menit
|
Mencintai
Lingkungan Sehat
|
|
|
|
|
Selamat
belajar ! ikuti petunjuk berikut :
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
...................................................................... .......................................
|
i
|
Daftar isi
............................................................................... .......................................
|
ii
|
MODUL PLH VII.2.6
........................................................... .......................................
|
1
|
MODUL PLH VI1.2.7
.......................................................... .......................................
|
5
|
A.
PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam
proses pembelajaran ini adalah dengan
menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada
modul ini kamu akan mempelajari ”Mencegah Terjadinya Pencemaran Lingkungan”
Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu
mempelajari enam hal yaitu Pertama Berperan
Aktif Mengurangi Pencemaran Lingkungan Kedua
Mencintai Lingkungan yang Sehat.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini
kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu
memilikinya. Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman
kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau
mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan
modul ini.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan
pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu
dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat
menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 4 x 40 menit. !
Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari
modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat
belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.
B.
KEGIATAN BELAJAR
KEGIATAN
1 : Berperan aktif
mengurangi pencemaran lingkungan
1. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu
diharapkan dapat :
1.
Mendeskripsikan
peran aktif mengurangi pencemaran lingkungan
2. Materi Pokok :
Berperan aktif mengurangi pencemaran
lingkungan
3. Uraian
Kita perlu mengupayakan segala tindakan untuk
mengurangi dan mencegah pencemaran lingkungan sesegera mungkin, jangan sampai
pencemaran lingkungan merusak alam lebih cepat daripada upaya yang kita lakukan
untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Siapapun mereka dapat berpartisipasi dan
berperan serta dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan. Sesungguhnya kita dapat melakukan hal-hal yang
sederhana
dalam mencegah
dan mengurangi terjadinya polusi di sekitar kita. Partisipasi aktif dalam
pencegahan pencemaran lingkungan di mulai dari diri kita sendiri, di rumah,
sekolah, masyarakat lokal, hingga global.
4. Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
tepat !
1.
Tuliskan 2
contoh bentuk partisipasi kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan
sekolah !
2.
Sebutkan 2 contoh
kegiatan manusia yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan !
3.
Bagaimana bentuk
partisipasi kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan masyarakat ?
4.
Sebutkan 2 fakta
menjadi isu permasalah lingkungan !
5.
Apa yang di
maksud dengan pencemaran lingkungan ?
5. Rangkuman
1. Pencemaran
lingkungan merupakan ancaman terbesar bagi mahluk hidup. Pencemaran
lingkungan semakin hari semakin meningkat. Sebagian dari kegiatan kita
memiliki dampak terhadap lingkungan.
|
2. Pencemaran
lingkungan merupakan masalah bersama dan penting untuk di upayakan
penanggulangannya. Pencemaran adalah masalah lingkungan yang tidak akan
hilang dengan sendirinya dan kita perlu melakukan tindakan pencegahan
sesegera mungkin. Mencegah pencemaran atau polusi lingkungan berarti kita
tidak menciptakan polusi sejak kali pertama, di manapun, dan kapanpun.
|
KEGIATAN
2 : Upaya
mengurangi pencemaran lingkungan
1.Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat :
Mengidentifikasi
upaya mengurangi pencemaran lingkungan
2.Materi
Pokok :
Upaya mengurangi pencemaran lingkungan
3.Uraian
Ketika
kita berupaya untuk menyelamatkan bumi atau lingkungan alam, sebaiknya kita
mengetahui fakta-fakta lingkungan yang terjadi, yaitu dimulai dari lingkungan
sekitar dan terdekat. Dengan demikian, kita dapat menyadari hal-hal yang
paling tepat untuk menanganinya. Berikut merupakan fakta-fakta lingkungan
yang terjadi di permukaan bumi ini antara lain:
|
|
1.
|
Pencemaran
udara (smog) yang terjadi pada
tahun 1952 di London menewaskan lebih dari 4000 jiwa.
|
2.
|
Peristiwa
pencemaran air oleh limbah merkuri di Teluk Minamata , Jepang menewaskan
sekitar 1800 jiwa selama 30 tahun. Hal serupa juga pernah dialami di Danau
Ontario, Kanada pada tahun 1970 tetapi tidak menelan korban jiwa.
|
3.
|
Setiap hari
diperkirakan bahwa 50 – 100 spesies flora dan fauna akan punah sebagai akibat
dari campur tangan manusia.
|
4.
|
Sekitar 50
juta ton produk kertas atau setara dengan 850 juta pohon digunakan oleh
masyarakat dunia
|
5.
|
400.000 jiwa
anak-anak meninggal dunia setiap harinya akibat gangguan kesehatan yang
diakibatkan oleh pencemaran lingkungan.
|
6.
|
Sekitar 80%
atau setara dengan 7 buah lapangan sepak bola, hutan di bumi hancur. Sebanyak
2000 pohon ditebang setiap harinya di dunia.
|
7.
|
Sumber air
tidak layak di konsumsi mahluk hidup, terutama manusia.
|
8.
|
Banyaknya
sumber makanan modern yang banyak mengandung zat kimia dan bersifat
karsinogenik
|
9.
|
Pembangunan
lahan untuk bangunan semakin meningkat.
|
10.
|
Pertumbuhan
penduduk semakin meningkat sehingga berkontribusi terhadap sampah.
|
Berikut
adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi lingkungan.
1.
|
Sosialisasi
bersepeda, berjalan kaki atau menggunakan transpormasi massal.
|
2.
|
Mengurangi
penggunaan freon (CFC)
|
3.
|
Melakukan
upaya reboisasi atau penghijauan.
|
4.
|
Menghematan
kertas dan plastik
|
5.
|
Mengelola dan
memilah sampah
|
6.
|
Memanfaatkan
situs ramah lingkungan
|
7.
|
Menghemat
energi
|
8.
|
Mengurangi
atau menghilangkan kadar karbon di udara
|
9.
|
Berpartisipasi
dalam komunitas gerakan peduli lingkunganrapkan
|
10.
|
Menerapkan
konsep 5R
|
4.Tugas
2
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Apa saja hal-hal
yang dapat kamu lakukan dalam kaitannya dengan upaya pencemarani lingkungan di
sekolah ?
2.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan freon ?
3.
Jelaskan
istilah 5R dan beri contoh !
4.
Tuliskan
cara-cara mengurangi pencemaran udara !
5.
Bagaimana
upaya kamu untuk mengurangi kadar karbon di udara ?
5. Rangkuman
Kita harus
berupaya untuk mengurangi sumber-sumber penyebab pencemaran atau polusi lingkungan.
Tindakan yang dapat kita lakukan setiap hari untuk memastikan pencemaran
lingkungan berkurang atau dapat dicegah, sebagai berikut:
1.
Sosialisasi
bersepeda, berjalan kaki atau menggunakan transpormasi massal.
2.
Mengurangi
penggunaan freon (CFC)
3.
Melakukan
upaya reboisasi atau penghijauan.
4.
Menghematan
kertas dan plastik
5.
Mengelola
dan memilah sampah
6.
Memanfaatkan
situs ramah lingkungan ( www.blackle.com)
7.
Menghemat
energi
8.
Mengurangi
atau menghilangkan kadar karbon di udara
9.
Berpartisipasi
dalam komunitas gerakan peduli lingkunganrapkan
1 10.
Menerapkan
konsep 5R
C. KUNCI JAWABAN
No Tugas
|
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
1
|
-
Berangkat ke sekolah bila dekat dengan berjalan
kaki atau bersepeda
-
Menanam tumbuhan di lingkungan sekolah
-
Mengadakan lomba kebersihan antar kelas
-
Memilah sampah dan mendaur ulang sampah
|
2
|
-
Jawaban alternatif
-
Menebang hutan secara besar-besaran tanpa tebang
pilih
-
Membuang limbah berbahaya ke tempat terbuka
-
M embuang sampah ke sungai
|
|
3
|
-
Jawaban alternatif
-
Melakukan gotong royong membersihkan sungai atau
kali
-
Sosialisasi penanaman tumbuhan di setiap
pekarangan rumah
-
Membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan
|
|
4
|
-
Jawaban alternatif
-
Terjadinya pemanasan global
-
Terjadinya pengalih fungsian hutan
-
Masuk
masuk atau di masukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain ke
dalam lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga tingkat
tertentu
|
|
5
|
|
|
2
|
1
|
-
Membuang sampah pada tempatnya
-
Mengadakan lomba kebersihan antar kelas
- Mendaur ulang
sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat
|
2
|
-
Memilih alat rumah tangga free CFC
-
Mengganti AC dengan kipas angin
-
Merancang ventilasi udara yang cukup
|
|
3
|
-
Reduce = mengurangi sampah,contoh menggunakan
produk isi ulang
-
Reuse =menggunakan kembali, contoh menggunakan
baterai isi ulang
-
Recycle =mendaur ulang, contoh mengubah sampah
organik menjad pupuk kompos
-
Replant =menanam kembali, contoh berkebun
-
Replace =menggantikan, contoh mengubah kebiasaan
menggunakan kantong plastik dengan kantong kain
|
|
4
|
-
Gerakan menanam 1000 pohon
-
Beralih menggunakan transportasi massal
-
Sosialisasi bersepeda
|
|
5
|
Menanam
pohon / tumbuhan lebih banyak
|
GLOSARIUM
CFC
/ freon
|
: Chlorofluorocarbons;suatu bahan yang
menghasilkan dingin
|
Karsinogenik
|
: suatu zat
yang bisa menyebabkan / memicu terhadap kanker
|
Lingkungan
|
: segala sesuatu yang ada di sekitar kita baik biotic maupun abiotik.
|
Pencemaran lingkungan
|
: masuk atau
di masukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain ke dalam
lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga tingkat
tertentu.
|
Smog
|
: pencemaran udara yang disebabkan
kabut asap
|
DAFTAR PUSTAKA
Abas, M. dkk. 2012. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs
Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Irianto, Sugeng Yuli. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/ MTs
Kelas Vll. Departemen Pendidikan Nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar