Jumat, 28 September 2012

Mengurangi Pencemaran

 
MODUL SMP/MTs


VII.2.1.6




MATA PELAJARAN     : PLH
KELAS                            : 7 ( TUJUH )
SEMESTER                    : 2 ( DUA )
WAKTU                          : 2 X 40MENIT



KEGIATAN SISWA

BERPERAN AKTIF DALAM MASALAH PENCEMARAN





           PENULIS                     : LENA SUWARTINI, SPd
           PENYUNTING            : Drs. Endang Haris







MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH  SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012



Kata Pengantar


Buku ini memuat 2 (dua) modul untuk mata pelajaran Pendididka Lingkunan Hidup Kelas VII(tujuh) Semester 2 (dua). Modul ini harus kamu pelajari dan kamu selesaikan dalam jangka waktu 20 x 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.
Modul tersebut mencakup:
No
Kode Modul
Jumlah Jam
T o p i k
1.
PLH VII 2.1.6
  2 x 40 menit
Berperan Aktif dalam Mengurangi Pencemaran Lingkungan
2.
PLH VII 2.1.7
  2 x 40 menit
Mencintai Lingkungan Sehat





Selamat belajar ! ikuti petunjuk berikut :

 
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ......................................................................  .......................................
i
Daftar isi ...............................................................................   .......................................
ii
MODUL PLH VII.2.6 ........................................................... .......................................
1
MODUL PLH VI1.2.7 ..........................................................  .......................................
5

A. PENDAHULUAN

Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup.  Sumber bahan ajar yang kita dunakan dalam proses pembelajaran ini  adalah dengan menggunakan modul. Modul pembelajaran ini adalah modul  pertama pada Semester ke 1 di Kelas VII.
Pada modul ini kamu akan mempelajari ”Mencegah Terjadinya Pencemaran Lingkungan”
 Dengan mempelajari topik tersebut kamu perlu mempelajari enam hal yaitu Pertama Berperan Aktif Mengurangi Pencemaran Lingkungan Kedua Mencintai Lingkungan yang Sehat.
 Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu bisa mempergunakan bahan ajar lain seperti buku paket bila kamu memilikinya. Bila kamu tidak mempunyai bahan ajar  tersebut bisa kamu mencari atau pinjaman kepada teman temanmu. Selain itu kamu juga bisa membaca koran, majalah atau mendengar warta berita di Radio atau TV yang materinya masih berhubungan dengan modul ini.
  Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu kamu harus belajar sungguh sungguh. Kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada, lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 4 x 40 menit. !
 Bila kamu mendapat kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu !
Selamat belajar ! Smoga kamu berhasil dengan baik.

B. KEGIATAN BELAJAR


KEGIATAN 1  : Berperan aktif mengurangi pencemaran lingkungan

1.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat :
1.         Mendeskripsikan peran aktif mengurangi pencemaran lingkungan

2.  Materi Pokok :
Berperan aktif mengurangi pencemaran lingkungan

3.  Uraian

Pencemaran lingkungan  semakin hari semakin meningkat. Sebagian dari kegiatan kita memiliki dampak terhadap lingkungan. Kebutuhan makanan, mobil dan motor, perumahan dan sebagainya berkontribusi terhadap perusakan lingkungan. Pencemaran lingkungan semakin hari semakin kronis akibat pertumbuhan laju penduduk.
Pencemaran Lingkungan

  Kita perlu mengupayakan segala tindakan untuk mengurangi dan mencegah pencemaran lingkungan sesegera mungkin, jangan sampai pencemaran lingkungan merusak alam lebih cepat daripada upaya yang kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Siapapun mereka dapat berpartisipasi dan berperan serta dalam upaya mencegah pencemaran lingkungan. Sesungguhnya kita dapat melakukan hal-hal yang sederhana  dalam mencegah dan mengurangi terjadinya polusi di sekitar kita. Partisipasi aktif dalam pencegahan pencemaran lingkungan di mulai dari diri kita sendiri, di rumah, sekolah, masyarakat lokal, hingga global.

4.  Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1.    Tuliskan 2 contoh bentuk partisipasi kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan sekolah !
2.    Sebutkan 2 contoh kegiatan manusia yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan !
3.    Bagaimana bentuk partisipasi kamu dalam mengurangi pencemaran di lingkungan  masyarakat ?
4.    Sebutkan 2 fakta menjadi isu permasalah lingkungan !
5.    Apa yang di maksud dengan pencemaran lingkungan ?

5.  Rangkuman
 
1.  Pencemaran lingkungan merupakan ancaman terbesar bagi mahluk hidup. Pencemaran lingkungan semakin hari semakin meningkat. Sebagian dari kegiatan kita memiliki dampak terhadap lingkungan.
2. Pencemaran lingkungan merupakan masalah bersama dan penting untuk di upayakan penanggulangannya. Pencemaran adalah masalah lingkungan yang tidak akan hilang dengan sendirinya dan kita perlu melakukan tindakan pencegahan sesegera mungkin. Mencegah pencemaran atau polusi lingkungan berarti kita tidak menciptakan polusi sejak kali pertama, di manapun, dan kapanpun.

 KEGIATAN 2   : Upaya mengurangi pencemaran lingkungan

1.Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat :
Mengidentifikasi upaya mengurangi pencemaran lingkungan

2.Materi Pokok :
    Upaya mengurangi pencemaran lingkungan

3.Uraian
Ketika kita berupaya untuk menyelamatkan bumi atau lingkungan alam, sebaiknya kita mengetahui fakta-fakta lingkungan yang terjadi, yaitu dimulai dari lingkungan sekitar dan terdekat. Dengan demikian, kita dapat menyadari hal-hal yang paling tepat untuk menanganinya. Berikut merupakan fakta-fakta lingkungan yang terjadi di permukaan bumi ini antara lain:

   
1.
Pencemaran udara (smog) yang terjadi pada tahun 1952 di London menewaskan lebih dari 4000 jiwa.
2.
Peristiwa pencemaran air oleh limbah merkuri di Teluk Minamata , Jepang menewaskan sekitar 1800 jiwa selama 30 tahun. Hal serupa juga pernah dialami di Danau Ontario, Kanada pada tahun 1970 tetapi tidak menelan korban jiwa.
3.
Setiap hari diperkirakan bahwa 50 – 100 spesies flora dan fauna akan punah sebagai akibat dari campur tangan manusia.
4.
Sekitar 50 juta ton produk kertas atau setara dengan 850 juta pohon digunakan oleh masyarakat dunia
5.
400.000 jiwa anak-anak meninggal dunia setiap harinya akibat gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan.
6.
Sekitar 80% atau setara dengan 7 buah lapangan sepak bola, hutan di bumi hancur. Sebanyak 2000 pohon ditebang setiap harinya di dunia.
7.
Sumber air tidak layak di konsumsi mahluk hidup, terutama manusia.
8.
Banyaknya sumber makanan modern yang banyak mengandung zat kimia dan bersifat karsinogenik
9.
Pembangunan lahan untuk bangunan semakin meningkat.
10.
Pertumbuhan penduduk semakin meningkat sehingga berkontribusi terhadap sampah.
    
Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi lingkungan.
 
1.
Sosialisasi bersepeda, berjalan kaki atau menggunakan transpormasi massal. 
2.
Mengurangi penggunaan freon (CFC)
3.
Melakukan upaya reboisasi atau penghijauan.
4.
Menghematan kertas dan plastik
5.
Mengelola dan memilah sampah
6.
Memanfaatkan situs ramah lingkungan
7.
Menghemat energi
8.
Mengurangi atau menghilangkan kadar karbon di udara
9.
Berpartisipasi dalam komunitas gerakan peduli lingkunganrapkan
10.
Menerapkan konsep 5R

4.Tugas 2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.      Apa saja hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam kaitannya dengan upaya pencemarani lingkungan di sekolah ?
2.      Apa yang akan kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan freon ?
3.      Jelaskan istilah 5R dan beri contoh !
4.      Tuliskan cara-cara mengurangi pencemaran udara !
5.      Bagaimana upaya kamu untuk mengurangi kadar karbon di udara ?

5.  Rangkuman
Kita harus berupaya untuk mengurangi sumber-sumber penyebab pencemaran atau polusi lingkungan. Tindakan yang dapat kita lakukan setiap hari untuk memastikan pencemaran lingkungan berkurang atau dapat dicegah, sebagai berikut:
          1.      Sosialisasi bersepeda, berjalan kaki atau menggunakan transpormasi massal. 
          2.      Mengurangi penggunaan freon (CFC)
          3.      Melakukan upaya reboisasi atau penghijauan.
          4.      Menghematan kertas dan plastik
          5.      Mengelola dan memilah sampah
          6.      Memanfaatkan situs ramah lingkungan ( www.blackle.com)
          7.      Menghemat energi
          8.      Mengurangi atau menghilangkan kadar karbon di udara
          9.      Berpartisipasi dalam komunitas gerakan peduli lingkunganrapkan
1        10.     Menerapkan konsep 5R

C. KUNCI JAWABAN

No Tugas
No Soal
Kunci Jawaban
1
1
-      Berangkat ke sekolah bila dekat dengan berjalan kaki atau bersepeda
-      Menanam tumbuhan di lingkungan sekolah
-      Mengadakan lomba kebersihan antar kelas
-      Memilah sampah dan mendaur ulang sampah
2
-       Jawaban alternatif
-       Menebang hutan secara besar-besaran tanpa tebang pilih
-       Membuang limbah berbahaya ke tempat terbuka
-       M embuang sampah ke sungai
3
-      Jawaban alternatif
-      Melakukan gotong royong membersihkan sungai atau kali
-      Sosialisasi penanaman tumbuhan di setiap pekarangan rumah
-      Membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan
4
-      Jawaban alternatif
-      Terjadinya pemanasan global
-      Terjadinya pengalih fungsian hutan
-      Masuk masuk atau di masukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga tingkat tertentu                                                                      
5

2
1
-      Membuang sampah pada tempatnya
-      Mengadakan lomba kebersihan antar kelas
-     Mendaur ulang sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat
2
-      Memilih alat rumah tangga free CFC
-      Mengganti AC dengan kipas angin
-      Merancang ventilasi udara yang cukup
3
-      Reduce = mengurangi sampah,contoh menggunakan produk isi ulang
-      Reuse =menggunakan kembali, contoh menggunakan baterai isi ulang
-      Recycle =mendaur ulang, contoh mengubah sampah organik menjad pupuk kompos
-      Replant =menanam kembali, contoh berkebun
-      Replace =menggantikan, contoh mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik dengan kantong kain
4
-      Gerakan menanam 1000 pohon
-      Beralih menggunakan transportasi massal
-      Sosialisasi bersepeda
5
Menanam pohon / tumbuhan lebih banyak

      
GLOSARIUM
CFC / freon    
: Chlorofluorocarbons;suatu bahan yang menghasilkan dingin
Karsinogenik  
: suatu zat yang bisa menyebabkan / memicu terhadap kanker
Lingkungan  
: segala sesuatu yang ada di sekitar kita baik biotic maupun abiotik.
Pencemaran lingkungan
: masuk atau di masukannya mahluk hidup,zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan yang berakibat penurunan kualitas lingkungan hingga tingkat tertentu.
Smog
: pencemaran udara yang disebabkan kabut asap

DAFTAR PUSTAKA

Abas, M. dkk. 2012. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta:Erlangga
Irianto, Sugeng Yuli. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/ MTs Kelas Vll. Departemen Pendidikan Nasional










Tidak ada komentar:

Posting Komentar