Jumat, 28 September 2012

Menyukai Lingkungan



 
MODUL SMP/MTs


 VII.2.1.7




MATA PELAJARAN     : PLH
KELAS                            : 7 ( TUJUH )
SEMESTER                    : 2 ( DUA )
WAKTU                          : 2 X 40 MENIT



KEGIATAN SISWA

MENYENANGI LINGKUNGAN YANG TIDAK TERCEMAR





PENULIS                                : Dra. IKA KARTIKAWATI
PENYUNTING MATERI     : Drs. Endang Haris







MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH  SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012



B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1  : Menjelaskan Lingkungan yang Sehat
1.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan lingkungan yang sehat

2.  Materi Pokok :
Lingkungan yang sehat

3.  Uraian
LINGKUNGAN YANG SEHAT
Manusia dan lingkungan tidak dapat dipisahkan. Kita membutuhkan komponen lingkungan berupa air, tanah, dan udara. Komponen tersebut akan berguna apabila memenuhi persyaratan tertentu. Kita hanya membutuhkan air dan udara yang bersih bebas dari unsur-unsur yang merugikan.
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi ataupun limbah yang dapat merusak lingkungan. Lingkungan sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.       Udara bersih dan segar
b.      Tanah yang subur
c.       Sumber air yang bersih
d.      Air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih
e.       Sampah tidak berserakan
f.       Banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur

Dengan demikian, pada lingkungan hidup yang sehat dapat kita rasakan, antara lain seperti :
a.       Udara di sekitar kita bersih nyaman dan segar atau bebas dari polusi
b.        Memiliki ventilasi, tempat pembuangan sampah yang terawat
c.   MCK (Mandi Cuci Kakus) dan saluran air tertata dengan baik
d.        Rumah-rumah atau sekolah tampak bersih dari sampah dan debu

Lingkungan Bersih

4.  Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1.      Apakah yang dimaksud dengan lingkungan yang sehat?
2.      Sebutkan ciri-ciri lingkungan yang sehat!
3.      Bagaimana keterkaitan antara manusia dengan lingkungan yang sehat?
4.      Apakah dampak positif dari lingkungan yang sehat bagi kehidupan kita?
5.      Jelaskan manfaat lingkungan yang sehat!
5.  Rangkuman
a.    Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bersih.
b.    Ciri-ciri lingkungan sehat adalah udaranya bersih, airnya bersih, dan tidak ada sampah.
c.    Ciri-ciri lingkungan tidak sehat adalah udaranya kotor, sampah di manamana, dan airnya pun kotor.

GLOSARIUM
Limbah
:  bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya
Lingkungan
:  sesuatu yang berada di luar atau sekitar mahluk hidup
Sampah
:  suatu bahan yang dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktivitas manusia maupun hasil aktivitas alam yang tidak/belum memiliki nilai ekonomis.


KEGIATAN 2  : Mengidentifikasi Perilaku yang Sehat

1.     Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat mengidentifikasi perilaku yang sehat

2.     Materi Pokok :
Perilaku hidup sehat

3.     Uraian
PERILAKU YANG SEHAT

Pencemaran lingkungan pada umumnya disebabkan oleh sikap dan perebuatan manusia, baik perbuatan yang disadari maupun yang tidak disadari yang langsung dapat merusak lingkungan. Pencegahan lingkungan harus dimulai dari membiasakan aktif baik sikap maupun perbuatan kita sehari-hari dalam berbagai kegiatan.
Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan meningkakan kesehatannya. Dengan kata lain merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di lingkungannya.
Kegiatan-kegiatan atau perilaku yang dapat menunjukkan bahwa kita menyenangi lingkungan yang sehat :
a.         Merawat mesin kendaraan bermotor agar asap pembuangan sisa pembakaran menjadi sempurna.
b.        Menyiram halaman pada musim kemarau untuk mencegah agar debunya tidak berterbangan.
c.         Menanam pepohonan di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok.
d.        Membiasakan diri membersihkan lingkungan dari sampah dan limbah yang merugikan.
e.         Tidak membuang limbah yang sembarangan
f.         Tidak menggunakan zat-zat kimia yang melebihi kebutuhan
g.        Memanfaatkan atau mengurangi penggunaan kemasan plastik botol kaleng dan bahan lainnya.
h.        Mengurangi penggunaan radio dengan suara yang keras
i.      Tidak membuang sampah sembarangan
j.     Lebih mengutamakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi
k.   Tidak  mencoret-coret  dinding  atau tembok dengan cat semprot
l.          Berperan serta dalam program penghijauan
m.      Tidak merokok
n.        Berperan aktif dalam kerja bakti
o.       Berperan aktif dalam organisasi pencinta lingkungan
p.   Berusaha memanfaatkan barang bekas menciptakan teknologi sederhana untuk manfaat lingkungan.

Contoh Perilaku Yang Tidak Sehat


4.  Tugas 2
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.      Apakah yang dimaksud dengan pencemaran?
2.      Jelaskan dampak pencemaran bagi lingkungan?
3.      Apakah yang dimaksud dengan perilaku hidup sehat?
4.      Sebutkan beberapa perilaku hidup sehat yang berdampak positif terhadap lingkungan!
5.      Bagaimana sikap kita apabila ada seseorang yang tidak berperilaku yang sehat?

5.  Rangkuman
a.       Kondisi lingkungan berpengaruh terhadap kesehatan. Jika lingkungan bersih, tubuh pun akan sehat. Akan tetapi jika lingkungan kotor, tubuh akan mudah terkena penyakit.
b.       Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan meningkakan kesehatannya.

GLOSARIUM

Pencemaran
:    masuknya unsur-unsur atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup manusia.
Perilaku
:    suatu fungsi dari interaksi antara seseorang individu dengan lingkungannya, baik yang diamati secara langsung ataupun yang diamati secara tidak langsung.
Hidup sehat
:    perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan meningkakan kesehatannya.

C. KUNCI TUGAS

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban



1
1
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi ataupun limbah yang dapat merusak lingkungan.

2
a
Udara bersih dan segar
b
Tanah yang subur
c
Sumber air yang bersih
d
Air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih
e
Sampah tidak berserakan
f
Banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur

3
Manusia dan lingkungan tidak dapat dipisahkan. Manusia membutuhkan komponen lingkungan berupa air, tanah, dan udara. Komponen tersebut akan berguna apabila memenuhi persyaratan tertentu. Manusuia hanya membutuhkan air dan udara yang bersih bebas dari unsur-unsur yang merugikan.

4
a
Udara di sekitar kita bersih nyaman dan segar atau bebas dari polusi
b
Memiliki ventilasi, tempat pembuangan sampah yang terawat
c
MCK (Mandi Cuci Kakus) dan saluran air tertata dengan baik
d
Rumah-rumah atau sekolah tampak bersih dari sampah dan debu

5
Manfaat lingkungan antara lain terhindar dari penyakit, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.



2
1
Pencemaran adalah masuknya unsur-unsur atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup manusia.

2
Dampak pencemaran antara lain gangguan keseimbangan lingkungan, kesuburan tanah berkurang, keracunan dan penyakit, terbentuknya lubang ozon serta efek rumah kaca, dan sebagainya

3
Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan meningkakan kesehatannya.

4
a
Menanam pepohonan di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok.
b
Membiasakan diri membersihkan lingkungan dari sampah dan limbah yang merugikan.
c
Tidak membuang sampah yang sembarangan
d
Mengurangi penggunaan radio dengan suara yang keras
e
Tidak merokok
f
Berusaha memanfaatkan barang bekas menciptakan teknologi sederhana untuk manfaat lingkungan.

5
Bila ada seseorang yang tidak berperilaku hidup sehat, hendaknya kita memberikan saran bahwa sehat itu lebih berharga daripada sakit. Dengan menjaga lingkungan agar senantiasa bersih, secara otomatis akan memberikan dampak positif pada derajat kesehatan kita.


DAFTAR PUSTAKA

Abas, Mohamad, dkk. 2008. Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas VII. Tasikmalaya: CV Multi Pesona Grafika.
Ratnawati, Kania. 2002. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung: CV Thursina.
Wijayanti, Tatik, dkk. 2010. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Prisma Esta Utama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar