MODUL SMP/MTs
VII.2.1.7
MATA PELAJARAN :
PLH
KELAS :
7 ( TUJUH )
SEMESTER :
2 ( DUA )
WAKTU :
2 X 40 MENIT
KEGIATAN SISWA
MENYENANGI LINGKUNGAN YANG TIDAK TERCEMAR
PENULIS : Dra. IKA
KARTIKAWATI
PENYUNTING MATERI :
Drs. Endang Haris
MUSYAWARAH GURU MATA
PELAJARAN PLH SMP/MTs KOTA TASIKMALAYA
2012
B. KEGIATAN BELAJAR
KEGIATAN
1 :
Menjelaskan
Lingkungan yang Sehat
1. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu
diharapkan dapat menjelaskan lingkungan
yang sehat
2. Materi Pokok :
Lingkungan yang sehat
3. Uraian
LINGKUNGAN YANG SEHAT
Manusia
dan lingkungan tidak dapat dipisahkan. Kita membutuhkan
komponen lingkungan berupa air, tanah, dan udara. Komponen
tersebut akan berguna apabila memenuhi persyaratan
tertentu. Kita hanya membutuhkan air dan udara yang bersih bebas dari unsur-unsur yang merugikan.
Lingkungan
sehat adalah lingkungan yang masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi
ataupun limbah yang dapat merusak lingkungan. Lingkungan sehat
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.
Udara
bersih dan segar
b.
Tanah
yang subur
c.
Sumber
air yang bersih
d.
Air
sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih
e.
Sampah
tidak berserakan
f.
Banyak
tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur
4. Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan
tepat !
1.
Apakah yang
dimaksud dengan lingkungan yang sehat?
2.
Sebutkan ciri-ciri
lingkungan yang sehat!
3.
Bagaimana
keterkaitan antara manusia dengan lingkungan yang sehat?
4.
Apakah dampak
positif dari lingkungan yang sehat bagi kehidupan kita?
5.
Jelaskan manfaat
lingkungan yang sehat!
5. Rangkuman
a.
Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan
yang bersih.
b.
Ciri-ciri lingkungan sehat adalah
udaranya bersih, airnya bersih, dan tidak ada sampah.
c.
Ciri-ciri lingkungan tidak sehat
adalah udaranya kotor, sampah di manamana, dan airnya pun kotor.
GLOSARIUM
Limbah
|
: bahan
sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik pada skala
rumah tangga, industri, pertambangan, dan sebagainya
|
Lingkungan
|
: sesuatu
yang berada di luar atau sekitar mahluk hidup
|
Sampah
|
: suatu
bahan yang dibuang atau terbuang sebagai hasil dari aktivitas manusia maupun
hasil aktivitas alam yang tidak/belum memiliki nilai ekonomis.
|
KEGIATAN 2 : Mengidentifikasi
Perilaku yang Sehat
1.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan
dapat mengidentifikasi
perilaku yang sehat
2.
Materi
Pokok :
Perilaku hidup
sehat
3.
Uraian
PERILAKU YANG SEHAT
Pencemaran
lingkungan pada umumnya disebabkan oleh sikap dan perebuatan manusia, baik perbuatan yang disadari maupun yang
tidak disadari yang langsung dapat merusak
lingkungan. Pencegahan lingkungan harus dimulai dari membiasakan aktif
baik sikap maupun perbuatan kita sehari-hari dalam berbagai kegiatan.
Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku
yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan
meningkakan kesehatannya. Dengan kata lain merupakan semua perilaku
kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga dapat menolong dirinya sendiri
dalam bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan
kesehatan di
lingkungannya.
Kegiatan-kegiatan
atau perilaku yang dapat menunjukkan bahwa kita menyenangi lingkungan yang
sehat :
a.
Merawat
mesin kendaraan bermotor agar asap pembuangan sisa pembakaran menjadi sempurna.
b.
Menyiram
halaman pada musim kemarau untuk mencegah agar debunya tidak berterbangan.
c.
Menanam
pepohonan di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok.
d.
Membiasakan
diri membersihkan lingkungan dari sampah dan limbah yang merugikan.
e.
Tidak
membuang limbah yang sembarangan
f.
Tidak
menggunakan zat-zat kimia yang melebihi kebutuhan
g.
Memanfaatkan
atau mengurangi penggunaan kemasan plastik botol kaleng dan bahan
lainnya.
h.
Mengurangi
penggunaan radio dengan suara yang keras
i.
Tidak membuang sampah sembarangan
j. Lebih mengutamakan kendaraan umum daripada
kendaraan pribadi
k. Tidak mencoret-coret dinding atau tembok dengan
cat semprot
l. Berperan serta dalam program penghijauan
m.
Tidak merokok
n.
Berperan aktif dalam kerja bakti
o. Berperan aktif dalam organisasi pencinta lingkungan
p. Berusaha memanfaatkan barang bekas menciptakan
teknologi sederhana untuk manfaat
lingkungan.
|
|
4. Tugas 2
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1.
Apakah yang
dimaksud dengan pencemaran?
2.
Jelaskan dampak
pencemaran bagi lingkungan?
3.
Apakah yang
dimaksud dengan perilaku hidup sehat?
4.
Sebutkan
beberapa perilaku hidup sehat yang berdampak positif terhadap lingkungan!
5.
Bagaimana sikap
kita apabila ada seseorang yang tidak berperilaku yang sehat?
5. Rangkuman
a.
Kondisi lingkungan berpengaruh
terhadap kesehatan. Jika lingkungan bersih, tubuh pun akan sehat. Akan
tetapi jika lingkungan kotor, tubuh akan mudah terkena penyakit.
b.
Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku
yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan
meningkakan kesehatannya.
GLOSARIUM
Pencemaran
|
: masuknya
unsur-unsur atau zat berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan
lingkungan, gangguan kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup
manusia.
|
Perilaku
|
: suatu fungsi dari interaksi antara seseorang
individu dengan lingkungannya, baik yang diamati secara langsung ataupun yang
diamati secara tidak langsung.
|
Hidup sehat
|
: perilaku
yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan
meningkakan kesehatannya.
|
C.
KUNCI TUGAS
No. Tugas
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
Lingkungan
sehat adalah lingkungan yang masih belum tersentuh atau tercemar oleh polusi
ataupun limbah yang dapat merusak lingkungan.
|
|
|
2
|
a
|
Udara bersih
dan segar
|
b
|
Tanah yang
subur
|
||
c
|
Sumber air
yang bersih
|
||
d
|
Air sungai
yang mengalir terlihat bersih dan jernih
|
||
e
|
Sampah tidak
berserakan
|
||
f
|
Banyak
tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur
|
||
|
3
|
Manusia
dan lingkungan tidak dapat dipisahkan. Manusia membutuhkan komponen lingkungan berupa air, tanah, dan udara. Komponen
tersebut akan berguna apabila memenuhi
persyaratan tertentu. Manusuia hanya
membutuhkan air dan udara yang bersih bebas
dari unsur-unsur yang merugikan.
|
|
|
4
|
a
|
Udara
di sekitar kita bersih nyaman dan segar atau bebas dari polusi
|
b
|
Memiliki
ventilasi, tempat pembuangan sampah yang terawat
|
||
c
|
MCK
(Mandi Cuci Kakus) dan saluran air tertata dengan
baik
|
||
d
|
Rumah-rumah
atau sekolah tampak bersih dari sampah dan debu
|
||
|
5
|
Manfaat
lingkungan antara lain terhindar dari
penyakit, lingkungan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air
menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum, lebih
tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.
|
|
|
|
|
|
2
|
1
|
Pencemaran adalah masuknya unsur-unsur atau zat
berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan
kesehatan manusia, dan menurunkan kualitas hidup manusia.
|
|
|
2
|
Dampak pencemaran antara lain gangguan
keseimbangan lingkungan, kesuburan
tanah berkurang, keracunan dan
penyakit, terbentuknya lubang ozon serta efek rumah kaca, dan sebagainya
|
|
|
3
|
Perilaku hidup sehat adalah perilaku-perilaku
yang berkaitan dengan upaya atau kegiatan seorang untuk mempertahankan dan
meningkakan kesehatannya.
|
|
|
4
|
a
|
Menanam
pepohonan di halaman yang masih terisi dengan jenis tanaman yang cocok.
|
b
|
Membiasakan
diri membersihkan lingkungan dari sampah dan limbah yang merugikan.
|
||
c
|
Tidak
membuang sampah yang sembarangan
|
||
d
|
Mengurangi
penggunaan radio dengan suara yang keras
|
||
e
|
Tidak
merokok
|
||
f
|
Berusaha
memanfaatkan barang bekas menciptakan teknologi sederhana untuk manfaat lingkungan.
|
||
|
5
|
Bila ada seseorang yang tidak berperilaku hidup
sehat, hendaknya kita memberikan saran bahwa sehat itu lebih berharga
daripada sakit. Dengan menjaga lingkungan agar senantiasa bersih, secara
otomatis akan memberikan dampak positif pada derajat kesehatan kita.
|
DAFTAR PUSTAKA
Abas,
Mohamad, dkk. 2008. Pendidikan Lingkungan
Hidup Kelas VII. Tasikmalaya: CV Multi Pesona Grafika.
Ratnawati,
Kania. 2002. Pendidikan Lingkungan Hidup
untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung: CV Thursina.
Wijayanti,
Tatik, dkk. 2010. Buku Panduan Pendidikan
Lingkungan Hidup SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Prisma Esta Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar