Jumat, 28 September 2012

Pemanfaatan Limbah


 
                                   
MODUL SMP/MTS


VII.2.1.8




                               MATA PELAJARAN    : PLH
                                               KELAS                          : VII ( TUJUH )
                                               SEMESTER                  :  2 (DUA)
                                               WAKTU                         :  2 X 40 MENIT






KEGIATAN SISWA

PEMANFAATAN
 LIMBAH SEKITAR LINGKUNGAN





                                      PENULIS                   :  N.IKA HERTIKA W,SP.d
                                                                                   :  DODI SISWANTO, S.Pd
                                               PENYUNTING          :  Drs. ENDANG HARIS






MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
 
KATA PENGANTAR
Buku ini memuat 5 (lima) modul untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidp (PLH) kelas VII semester satu dan dua. Modul ini harus kamu selesaikan dalam waktu 10 X 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di luar kelas.

Modul tersebut mencakup :

No.
Kode Modul
Jumlah Jam
Topik
1
PLH VII.2.1.8
2 X 40 menit
Pemanfaatan limbah di lingkungan sekitar.
2
PLH VII.2.1.9
2 X 40 menit
Pembuatan kompos dari sampah organik.
3
PLH VII.2.1.10
2 X 40 menit
Pelaksanaan program kali bersih.
4
PLH VII.2.1.11
2 X 40 menit
Pelaksanaan program langit biru.
5
PLH VII.2.1.12
2 X 40 menit
Pelaksanaan program pantai lestari.

Selamat belajar ! ikuti petunjuk berikut !

DAFTAR ISI
Kata Pengantar  .........................................................................................................
i
Daftar isi  ...............................................................................            ...................................
ii
PLH VII. 2.1.8 ..........................................................................................................
1
PLH VII.2.1.9 ...........................................................................................................

PLH VII. 2. 1.10 .......................................................................................................

PLH VII. 2.1.11 ........................................................................................................

PLH VII. 2.1. 12  ......................................................................................................


A. PENDAHULUAN
Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Modul pembelajaran yang akan kita pelajari dalam kegiatan belajar adalah modul keenam pada kelas VII. semester ke dua. Pada modul ini kamu akan mempelajari “Penanggulangan Pencemaran Lingkungan”.
Dengan tujuan tersebut kamu perlu mempelajari dua hal. Pertama Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan, dan Kedua Pembuatan Kompos dari Sampah Organik, Ketiga, Pelaksanaan Program Kali Bersih, Keempat Program Langit Biru, Kelima Program Pantai Lestari.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu dapat mempergunakan buku paket PLH, selain itu kamu juga dapat membaca koran, majalah, atau mendengarkan radio dan TV.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu harus belajar dengan sungguh-sungguh, kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada. Lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 10 X 40 menit.
Bila kamu mendapatkan kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu!

Selamat belajar ! Semoga kamu berhasil dan sukses !

B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1 : Pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.                
1.        Tujuan Pembelajaran.
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharafkan dapat menjelaskan pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.

2.        Materi Pokok.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka kamu harus mempalajari materi Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dll) menjadi barang yang bermanfaat.

3.        Uraian.
Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan.
Sebagian sampah yang dihasilkan di Indonesia merupakan sampah basah atau sampah organik yang mencakup 60 – 70 % dari total volume sampah. Pengelolaan sampah yang terdesentralisasi sangat membantu dalam meminimalisasi sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan akhir. Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh, perlu dilakukan alternatif-alternatif pengelolaan.

Pengelolaan dan pemisahan sampah antara sampah organik dengan sampah an organik merupakan tanggung jawab setiap orang karena setiap orang ikut memproduksi sampah. Selain itu kita juga bisa mengolah sampah baik sampah organik maupun sampah an organik menjadi sesuatu yang bermanfaat.
Berikut ini adalah hal-hal yang yang wajib diperhatikan dalam mengelola tempat sampah rumah tangga dan tempat pembuangan sampah di rumah-rumah:

Pemanfaatan Limbah

a.       Pisahkan sampah kering (anorganik) dengan sampah basah (organik) dalam wadah pastik yang berbeda.
b.      Buang sampah dalam wadah plastik yang tertutup agar sampah tidak  berserakan.
c.       Hindari tempat sampah menjadi sarang binatang,misalnya tikus, kecoa dan sebagainya.
d.      Jangan membakar sampah karena dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain.
e.       Tempat sampah harus terlindung dari sinar matahari langsung, hujan dan sebagainya.
f.       Tempat sampah harus tertutup.

Dalam pengelolaan sampah dikenal dengan prinsip 4R yaitu :
a.    Reduce, artinya mengurangi jumlah sampah.
b.    Reuse, artinya pemakaian kembali atau menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai, misalnya memberikan baju-baju bekas, memanfaatkan botol bekas untuk wadah dan sebagainya.
c.    Recycle, artinya mendaur ulang sampah.
d.    Replace, artinya mengganti barang yang kita gunakan dengan barang yang ramah lingkungan.

4.        Tugas.1
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar !         
             1.      Jelaskan mengapa limbah di sekitar lingkungan kita harus dimanfaatkan!
             2.      Sebutkan apa saja yang termasuk 4R dalam pengelolaan sampah!
             3.      Jelaskan pengertian dari replace!
             4.      Tulis salah satu contoh yang termasuk replace!
             5.      Tulis salah satu contoh kegiatan yang termasuk reuse !

5.        Rangkuman
·         Sampah yang kita hasilkan setiap hari jika tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang sangat merugikan. Sampah yang menumpuk dan membusuk dapat menjadi sarang kuman dan binatang yang dapat mengganggu kesehatan manusia, baik badan maupun jiwa, serta mengganggu estetika lingkungan.
·         Pengelolaan dan pengolahan sampah dengan baik dapat mengurangi resiko timbulnya berbagai jenis penyakit. Kalian tentu sudah pernah mendengar istilah 4R dalam mengelola sampah. 4R itu adalah Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace.

Kegiatan 2 : Pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.

1.        Tujuan Pembelajaran.
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharafkan dapat mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan kertas daur ulang.

2.        Materi Pokok.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka kamu harus mempalajari materi Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dll) menjadi barang yang bermanfaat.

3.        Uraian
Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan
Daur ulang (recycle) merupakan kegiatan pemanfaatan kembali suatu barang melalui kegiatan atau proses tertentu. Misalnya pemanfaatan kertas daur ulang yang berasal dari kertas-kertas bekas. Kegiatan pemanfaatan kembali sampah secara garis besar terdiri dari pemanfaatan sampah organik, misalnya pengomposan  (composting) yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Pemanfaatan sampah an organik dapat secara langsung maupun tidak langsung. Pemanfaatan sampah  an organik secara langsung misalnya pembuatan kerajinan dengan  bahan baku dari barang bekas, sedangkan secara tidak  langsung misalnya menjual barang bekas seperti botol, kaleng, koran bekas, dan lain-lain.

Membuat Kertas Daur Ulang
Bagaimana peran kita dalam melakukan kegiatan recycle terhadap barang-barang bekas disekitar kita?
Berikut ini kita akan mempelajari dan mencoba membuatan kertas daur ulang.

Tujuan :
Membuat kertas daur ulang.

Alat dan bahan:
-        Kertas bekas
-        Kain bekas
-        Wadah /ember
-        Air
-        Blender

Langkah pengerjaan :
1.    Kertas yang telah disobek-sobek sebesar perangko direndam 1-2 jam agar serat-seratnya menjadi lunak. Perendaman dapat dibantu dengan perebusan untuk mempercepat proses peresapan air.
2.    Kertas yang telah direndam, diblender dengan perbandingan 1 – 4 (4 bagian air untuk 1 bagian kertas) selama 1 menit. Sebaiknya dilakukan 2 X pemblenderan dengan interval 30 detik .
3.    Bubur kertas yang diperoleh dari pemblenderan dikumpulkan dalam satu wadah. Selanjutnya lakukan pencucian untuk mengurangi kadar asam dengan cara menyaring kertas pada kain yang agak lebar dan meletakkannya di atas ember berisi air, dengan demikian bubur kertas dapat dicuci sekaligus memisahkan potongan kertas yang belum hancur akibat pemblenderan.
4.    Selanjutnya bubur kertas siap di olah , dapat dicetak langsung maupun dilakukan pencampuran warna dan serat.

4.        Tugas 2.
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
           1.    Jelaskan pengertian daur ulang (recycle)
           2.    Tulis salah satu contoh pemanfaatan sampah organik!
           3.    Tulis salah satu contoh pemanfaatan sampah an organik secara langsung!
           4.    Tulis langkah langkah pembuatan kertas daur ulang!
           5.    Bentuk kelompok belajarmu (satu kelompok lima orang)
           a. buat kertas daur ulang beserta kelompok belajarmu
           b. Ikuti langkah pembuatan kertas daur ulang sesuai petunjuk di atas

5.        RANGKUMAN
·        Daur ulang (recycle) merupakan kegiatan pemanfaatan kembali suatu barang melalui kegiatan atau proses tertentu.
·           Sampah terdiri dari dua bagian :
a.         Sampah organik,dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik  melalui proses pengomposan.
b.    Sampah an organik,dapat dimanfaatkan secara langsung misalnya pembuatan kerajinan dari barang bekas, secara tidak langsung misalnya menjual barang bekas seperti kaleng, botol dan sebagainya.

 
C. KUNCI TUGAS

No. Tugas
No. Soal
Kunci Jawaban
1.
1.

2.



3
4
5.
Untuk mengurangi penumpukan sampah dan mengurangi resiko timbulnya berbagai masalah lingkungan akibat penumpukan sampah.
a.Reduce
b.Reuse
c.Recycle
d.Replace
Mengganti barang yang kita gunakan dengan barang yang ramah lingkungan.
Kantung plastik diganti dengan keranjang.
Memanfaatkan botol bekas untuk wadah.
2.
1

2
3.
4
Kegiatan pemanfaatan kembali suatu barang melalui kegiatan / proses tambahan tertentu.
Proes pengomposan untuk membuat pupuk organik.
Pembuatan kerajjinan dengan bahan baku dari bararang bekas.
1.    Kertas yang telah disobek-sobek sebesar perangko direndam 1-2 jam agar serat-seratnya menjadi lunak. Perendaman dapat dibantu dengan perebusan untuk mempercepat proses peresapan air.
2.    Kertas yang telah direndam, diblender dengan perbandingan 1 – 4 (4 bagian air untuk 1 bagian kertas) selama 1 menit. Sebaiknya dilakukan 2 X pemblenderan dengan interval 30 detik .
3.    Bubur kertas yang diperoleh dari pemblenderan dikumpulkan dalam satu wadah. Selanjutnya lakukan pencucian untuk mengurangi kadar asam dengan cara menyaring kertas pada kain yang agak lebar dan meletakkannya di atas ember berisi air, dengan demikian bubur kertas dapat dicuci sekaligus memisahkan potongan kertas yang belum hancur akibat pemblenderan.
4.    Selanjutnya bubur kertas siap di olah , dapat dicetak langsung maupun dilakukan pencampuran warna dan serat.

 
GLOSARIUM
Limbah
: sisa produksi,air buangan produksi.
Recycle
: daur ulang sampah, kegiatan pemanfaatan kembali suatu barang/produk melalui kegiatan/proses tambahan tertentu.
Reduce
: mengurangi semaksimal mungkin kegiatan yang akan menghasilkan banyak sampah.
Reuse
: pemakaian kembali atau menggunakan sampah yang masih bisa dipakai.
Replace
: mengganti barang yang kita gunakan dengan barang yang ramah lingkungan.
Replant
: menanam kembali, misalnya menanam beberapa pohon perindang.
Sampah organik
: sampah yang terdiri dari bahan – bahan yang bisa terurai srcara alamiah/biologis. Misalnya sisa makanan.
Sampah anorganik
: sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan penanganan lebih lanjut.

 DAFTAR PUSTAKA
Ratnawati Kania, Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk SMP/MTs Kelas VII, Bandung: CV Thursina
Abas, M. dkk  (2008) Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/Mts Kelas VII. Tasikmalaya: CV. Multipesona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar