MODUL
SMP/MTS
VII.2.1.8
MATA
PELAJARAN : PLH
KELAS : VII ( TUJUH )
SEMESTER : 2 (DUA)
WAKTU : 2 X 40
MENIT
KEGIATAN SISWA
PEMANFAATAN
LIMBAH SEKITAR LINGKUNGAN
PENULIS : N.IKA HERTIKA W,SP.d
: DODI SISWANTO, S.Pd
PENYUNTING : Drs. ENDANG HARIS
MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
KATA PENGANTAR
Buku
ini memuat 5 (lima) modul untuk mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidp (PLH)
kelas VII semester satu dan dua. Modul ini harus kamu selesaikan dalam waktu 10
X 40 menit, baik melalui kegiatan belajar di kelas maupun melalui belajar di
luar kelas.
Modul tersebut
mencakup :
No.
|
Kode
Modul
|
Jumlah
Jam
|
Topik
|
1
|
PLH
VII.2.1.8
|
2 X 40 menit
|
Pemanfaatan
limbah di lingkungan sekitar.
|
2
|
PLH
VII.2.1.9
|
2
X 40 menit
|
Pembuatan
kompos dari sampah organik.
|
3
|
PLH
VII.2.1.10
|
2 X 40 menit
|
Pelaksanaan
program kali bersih.
|
4
|
PLH
VII.2.1.11
|
2
X 40 menit
|
Pelaksanaan
program langit biru.
|
5
|
PLH
VII.2.1.12
|
2 X 40 menit
|
Pelaksanaan
program pantai lestari.
|
Selamat
belajar ! ikuti petunjuk berikut !
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar .........................................................................................................
|
i
|
Daftar isi ............................................................................... ...................................
|
ii
|
PLH VII. 2.1.8 ..........................................................................................................
|
1
|
PLH VII.2.1.9 ...........................................................................................................
|
|
PLH
VII. 2. 1.10
.......................................................................................................
|
|
PLH
VII. 2.1.11
........................................................................................................
|
|
PLH
VII. 2.1. 12
......................................................................................................
|
|
A. PENDAHULUAN
Senang
sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Modul pembelajaran yang akan kita pelajari dalam kegiatan belajar
adalah modul keenam pada kelas VII. semester
ke dua. Pada modul ini kamu akan mempelajari “Penanggulangan Pencemaran Lingkungan”.
Dengan
tujuan tersebut kamu perlu mempelajari dua hal. Pertama Pemanfaatan Limbah
Sekitar Lingkungan,
dan Kedua Pembuatan Kompos dari Sampah Organik, Ketiga, Pelaksanaan Program Kali
Bersih, Keempat Program Langit Biru,
Kelima Program Pantai Lestari.
Sebagai
alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu dapat mempergunakan buku paket PLH,
selain itu kamu juga dapat membaca koran, majalah, atau mendengarkan radio dan
TV.
Saya
harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu harus
belajar dengan sungguh-sungguh, kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada. Lebih
baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 10
X 40 menit.
Bila
kamu mendapatkan kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan
langsung pada guru mata pelajaranmu!
Selamat belajar ! Semoga kamu berhasil
dan sukses !
B. KEGIATAN BELAJAR
KEGIATAN
1 : Pemanfaatan limbah
sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan, kertas dan lain-lain)
menjadi barang yang bermanfaat.
1.
Tujuan
Pembelajaran.
Setelah
mempelajari modul ini, kamu diharafkan dapat menjelaskan
pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan,
kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.
2.
Materi
Pokok.
Untuk
mencapai tujuan di atas, maka kamu harus mempalajari materi Pemanfaatan Limbah
Sekitar Lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dll) menjadi
barang yang bermanfaat.
3.
Uraian.
Pemanfaatan
Limbah Sekitar Lingkungan.
Sebagian sampah yang dihasilkan di
Indonesia merupakan sampah basah atau sampah organik yang mencakup 60 – 70 %
dari total volume sampah. Pengelolaan sampah yang terdesentralisasi sangat
membantu dalam meminimalisasi sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan
akhir. Untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh, perlu dilakukan
alternatif-alternatif pengelolaan.
a. Pisahkan
sampah kering (anorganik) dengan sampah basah (organik) dalam wadah pastik yang
berbeda.
b. Buang
sampah dalam wadah plastik yang tertutup agar sampah tidak berserakan.
c. Hindari
tempat sampah menjadi sarang binatang,misalnya tikus, kecoa dan sebagainya.
d. Jangan
membakar sampah karena dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan orang lain.
e. Tempat
sampah harus terlindung dari sinar matahari langsung, hujan dan sebagainya.
f. Tempat
sampah harus tertutup.
Dalam
pengelolaan sampah dikenal dengan prinsip 4R yaitu :
a.
Reduce, artinya
mengurangi jumlah sampah.
b.
Reuse, artinya
pemakaian kembali atau menggunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai,
misalnya memberikan baju-baju bekas, memanfaatkan botol bekas untuk wadah dan
sebagainya.
c.
Recycle,
artinya mendaur ulang sampah.
d.
Replace, artinya
mengganti barang yang kita gunakan dengan barang yang ramah lingkungan.
4.
Tugas.1
Kerjakan soal-soal di bawah ini
dengan benar !
1. Jelaskan
mengapa limbah di sekitar lingkungan kita harus dimanfaatkan!
2. Sebutkan
apa saja yang termasuk 4R dalam pengelolaan sampah!
3. Jelaskan
pengertian dari replace!
4.
Tulis salah satu contoh
yang termasuk replace!
5.
Tulis salah satu contoh
kegiatan yang termasuk reuse !
5.
Rangkuman
·
Sampah yang kita hasilkan setiap hari
jika tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang
sangat merugikan. Sampah yang menumpuk dan membusuk dapat menjadi sarang kuman
dan binatang yang dapat mengganggu kesehatan manusia, baik badan maupun jiwa,
serta mengganggu estetika lingkungan.
·
Pengelolaan dan pengolahan sampah dengan
baik dapat mengurangi resiko timbulnya berbagai jenis penyakit. Kalian tentu
sudah pernah mendengar istilah 4R dalam mengelola sampah. 4R itu adalah Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace.
Kegiatan 2 :
Pemanfaatan limbah sekitar lingkungan (sedotan,botol/gelas bekas kemasan,
kertas dan lain-lain) menjadi barang yang bermanfaat.
1.
Tujuan
Pembelajaran.
Setelah
mempelajari modul ini, kamu diharafkan dapat mendeskripsikan
langkah-langkah pembuatan kertas daur ulang.
2.
Materi
Pokok.
Untuk
mencapai tujuan di atas, maka kamu harus mempalajari materi Pemanfaatan Limbah
Sekitar Lingkungan (sedotan, botol/gelas bekas kemasan, kertas dll) menjadi
barang yang bermanfaat.
3.
Uraian
Pemanfaatan Limbah Sekitar Lingkungan
Daur
ulang (recycle) merupakan kegiatan
pemanfaatan kembali suatu barang melalui kegiatan atau proses tertentu.
Misalnya pemanfaatan kertas daur ulang yang berasal dari kertas-kertas bekas.
Kegiatan pemanfaatan kembali sampah secara garis besar terdiri dari pemanfaatan
sampah organik, misalnya pengomposan
(composting) yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Pemanfaatan
sampah an organik dapat secara langsung maupun tidak langsung. Pemanfaatan
sampah an organik secara langsung
misalnya pembuatan kerajinan dengan
bahan baku dari barang bekas, sedangkan secara tidak langsung misalnya menjual barang bekas
seperti botol, kaleng, koran bekas, dan lain-lain.
Membuat Kertas Daur Ulang
Bagaimana
peran kita dalam melakukan kegiatan recycle
terhadap barang-barang bekas disekitar kita?
Berikut
ini kita akan mempelajari dan mencoba membuatan kertas daur ulang.
Tujuan :
Membuat
kertas daur ulang.
Alat dan bahan:
-
Kertas bekas
-
Kain bekas
-
Wadah /ember
-
Air
-
Blender
Langkah pengerjaan :
1. Kertas
yang telah disobek-sobek sebesar perangko direndam 1-2 jam agar serat-seratnya
menjadi lunak. Perendaman dapat dibantu dengan perebusan untuk mempercepat
proses peresapan air.
2. Kertas
yang telah direndam, diblender dengan perbandingan 1 – 4 (4 bagian air untuk 1
bagian kertas) selama 1 menit. Sebaiknya dilakukan 2 X pemblenderan dengan
interval 30 detik .
3. Bubur
kertas yang diperoleh dari pemblenderan dikumpulkan dalam satu wadah.
Selanjutnya lakukan pencucian untuk mengurangi kadar asam dengan cara menyaring
kertas pada kain yang agak lebar dan meletakkannya di atas ember berisi air,
dengan demikian bubur kertas dapat dicuci sekaligus memisahkan potongan kertas
yang belum hancur akibat pemblenderan.
4. Selanjutnya
bubur kertas siap di olah , dapat dicetak langsung maupun dilakukan pencampuran
warna dan serat.
4.
Tugas
2.
Isilah pertanyaan berikut di bawah ini dengan benar !
1.
Jelaskan pengertian daur ulang (recycle)
2.
Tulis salah satu contoh pemanfaatan
sampah organik!
3.
Tulis salah satu contoh pemanfaatan
sampah an organik secara langsung!
4.
Tulis langkah langkah pembuatan kertas
daur ulang!
5.
Bentuk kelompok belajarmu (satu kelompok lima orang)
a. buat kertas daur ulang beserta kelompok belajarmu
b. Ikuti langkah pembuatan kertas daur ulang sesuai petunjuk di atas
5.
RANGKUMAN
· Daur ulang (recycle) merupakan kegiatan pemanfaatan kembali suatu barang
melalui kegiatan atau proses tertentu.
·
Sampah terdiri dari dua bagian :
a.
Sampah organik,dapat dimanfaatkan
menjadi pupuk organik melalui proses
pengomposan.
b. Sampah an organik,dapat dimanfaatkan
secara langsung misalnya pembuatan kerajinan dari barang bekas, secara tidak
langsung misalnya menjual barang bekas seperti kaleng, botol dan sebagainya.
C. KUNCI TUGAS
No.
Tugas
|
No.
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1.
|
1.
2.
3
4
5.
|
Untuk
mengurangi penumpukan sampah dan mengurangi resiko timbulnya berbagai masalah
lingkungan akibat penumpukan sampah.
a.Reduce
b.Reuse
c.Recycle
d.Replace
Mengganti
barang yang kita gunakan dengan barang yang ramah lingkungan.
Kantung
plastik diganti dengan keranjang.
Memanfaatkan
botol bekas untuk wadah.
|
2.
|
1
2
3.
4
|
Kegiatan
pemanfaatan kembali suatu barang melalui kegiatan / proses tambahan tertentu.
Proes
pengomposan untuk membuat pupuk organik.
Pembuatan
kerajjinan dengan bahan baku dari bararang bekas.
1. Kertas
yang telah disobek-sobek sebesar perangko direndam 1-2 jam agar
serat-seratnya menjadi lunak. Perendaman dapat dibantu dengan perebusan untuk
mempercepat proses peresapan air.
2. Kertas
yang telah direndam, diblender dengan perbandingan 1 – 4 (4 bagian air untuk
1 bagian kertas) selama 1 menit. Sebaiknya dilakukan 2 X pemblenderan dengan
interval 30 detik .
3. Bubur
kertas yang diperoleh dari pemblenderan dikumpulkan dalam satu wadah.
Selanjutnya lakukan pencucian untuk mengurangi kadar asam dengan cara
menyaring kertas pada kain yang agak lebar dan meletakkannya di atas ember
berisi air, dengan demikian bubur kertas dapat dicuci sekaligus memisahkan
potongan kertas yang belum hancur akibat pemblenderan.
4. Selanjutnya
bubur kertas siap di olah , dapat dicetak langsung maupun dilakukan
pencampuran warna dan serat.
|
GLOSARIUM
Limbah
|
: sisa produksi,air buangan produksi.
|
Recycle
|
: daur ulang sampah, kegiatan pemanfaatan kembali
suatu barang/produk melalui kegiatan/proses tambahan tertentu.
|
Reduce
|
: mengurangi semaksimal mungkin kegiatan yang akan
menghasilkan banyak sampah.
|
Reuse
|
: pemakaian kembali atau menggunakan sampah yang
masih bisa dipakai.
|
Replace
|
: mengganti barang yang kita gunakan
dengan barang yang ramah lingkungan.
|
Replant
|
: menanam
kembali, misalnya menanam beberapa pohon perindang.
|
Sampah
organik
|
: sampah yang terdiri dari bahan – bahan yang bisa
terurai srcara alamiah/biologis. Misalnya sisa makanan.
|
Sampah
anorganik
|
: sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit
terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan penanganan lebih
lanjut.
|
DAFTAR PUSTAKA
Ratnawati
Kania, Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk
SMP/MTs Kelas VII, Bandung: CV
Thursina
Abas, M. dkk (2008) Pendidikan
Lingkungan Hidup untuk SMP/Mts Kelas VII. Tasikmalaya: CV. Multipesona.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar