Jumat, 28 September 2012

Prokasih


MODUL SMP/MTs



VII.2.1.10



MATA PELAJARAN        : PLH
KELAS                              : 7 (TUJUH)
SEMESTER                      : 2 (DUA)
WAKTU                            : 2 X 40 MENIT



KEGIATAN SISWA

PROGRAM KALI BERSIH





PENULIS                                  : ENDANG MULYATI, S.Pd
PENGKAJI MATERI              : Drs. ENDANG HARIS









MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PLH SMP/MTs
KOTA TASIKMALAYA
2012
 
A. PENDAHULUAN
Senang sekali kita bisa bertemu lagi pada pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Modul pembelajaran yang akan kita pelajari dalam kegiatan belajar adalah modul keenam pada kelas VII. semester ke dua. Pada modul ini kamu akan mempelajari “Program Kali Bersih”.
Dengan tujuan tersebut kamu perlu mempelajari dua hal. Pertama Makna Program Kali bersih, dan Kedua Tujuan dan Sasaran Program Kali Bersih.
Sebagai alat bantu dalam mempelajari modul ini kamu dapat mempergunakan buku paket PLH, selain itu kamu juga dapat membaca koran, majalah, atau mendengarkan radio dan TV.
Saya harapkan kamu bisa menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Untuk itu harus belajar dengan sungguh-sungguh, kamu dapat memanfaatkan waktu yang ada. Lebih baik lagi apabila kamu dapat menyelesaikan pelajaran ini dalam waktu 2 X 40 menit.
Bila kamu mendapatkan kesulitan dalam mempelajari modul ini, cobalah kamu diskusikan langsung pada guru mata pelajaranmu!

Selamat belajar ! Semoga kamu berhasil dan sukses !

B. KEGIATAN BELAJAR

KEGIATAN 1           :  Melaksanakan Program Kali Bersih

1.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat menjelaskan makna program kali bersih

2.    Materi Pokok       
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari Program Kali Bersih

3.    Uraian
PROGRAM KALI BERSIH

Air seperti halnya energi, adalah hal yang esensial bagi pertanian, industri dan rumah tangga maupun kegiatan produktif lainnya.  Air merupakan sumber daya alam yang dibutuhkan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak, sehingga perlu dilindungi agar dapat tetap bermanfaat bagi hidup dan kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Air sebagai komponen lingkungan hidup akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh komponen lainnya. Manusia tidak dapat hidup tanpa air, di samping itu air akan semakin sulit dii dapat bila siklus air terganggu air yang memiliki kualitas yang buruk akan mengakibatkan kondisi lingkungan hidup menjadi buruk, sehingga akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan keselamatan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Penataan Kali Bersih Bisa Menjadi Aset Pariwisata di Perkotaan

Air sungai pada saat ini sangat mencemaskan, air sungai keruh cokelat kehitaman, ditambah sampah dan limbah lain yang mengapung di atas aliran, kumuh dan berbau, akan mengakibatkan sungai meluap jika hujan turun. Dari genangannya akan menjadi sarang penyakit, terutama menjangkiti anak-anak kecil, seperti berjangkitnya diare, penyakit kulit, bahkan wabah demam berdarah.                                                                  
Banyak peraturan dan kebijakan pemerintah yang mengatur tentang air, demi kelestariannya, demi keberadaannya. Semua itu tinggal bagaimana kearifan dan kebijaksanaan manusia dalam mengelolanya. Tetapi disisi lain kita masih sering melihat sebuah sungai yang alirannya menyempit karena di sekitarnya terdapat gundukan buangan-buangan sampah atau bahkan di sungai ikut mengalir. 

Kali atau sungai merupakan sumber daya air yang sangat penting bagi kebutuhan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Kualitas air sungai cenderung menurun karena akibat meningkatnya beban pencemaran yang bersumber dari kegiatan sepanjang daerah aliran sungai. Untuk itu, maka perlu adanya pengelolaan air, agar kualitas maupun kuantitasnya aman, dan bermanfaat bagi kehidupan dan perikehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.


Kebiasaan warga, dari individu hingga masyarakat, membuang sampah/limbah ke sungai memang memprihatinkan. Sampah-sampah organik bisa segera terurai, tetapi sampah anorganik, seperti sandal jepit, plastik dan gelas/botol kemasan, dan barang lainnya memenuhi permukaan sungai bagian hilir.
Air yang kita gunakan harus memenuhi kualitas sesuai dengan peruntukannya. Masing-masing memiliki baku mutunya,baku mutu air minum lebih ketat dari pada baku mutu untuk peruntukan yang lain. Syarat-syarat air yang dipandang baik secara umum dibedakan atas tiga hal, yakni fisik, bakteriologis, dan kimia.
-       Syarat fisik, air yang sebaiknya dipergunakan untuk minum ialah air yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, jernih dengan suhu sebaiknya di bawah suhu udara.
-       Syarat bakteriologis, secara teoritis semua air minum hendaknya dapat terhindar dari kemungkinan terkontaminasi dengan bakteri, terutama yang bersifat patogen.
-       Syarat kimia, air minum yang baik ialah air yang tidak tercemar secara berlebihan oleh zat-zat kimia ataupun mineral yang berbahaya bagi kesehatan.

Latar belakang Prokasih
1.    Kebutuhan air untuk berbagai keperluan cenderung meningkat. Air yang dibutuhkan tersebut adalah air yang berkualitas baik atau masih layak guna
2.    Kebutuhan air tersebut sebagian besar didapat dari air sungai
3.    Ketersediaan air sungai cenderung menurun, antara lain karena mutu airnya tidak layak guna (kotor atau tercemar)
4.    Penurunan kualitas air sungai antara lain disebabkan oleh buangan limbah.
Salah satu program pemerintah dalam pengendalian pencemaran air yaitu adanya penyuluhan dan melibatkan peran serta masyarakat, dalam hal bantuan teknis, pemberian insentif, penghargaan dan finansial, pembangunan prasarana/sarana umum serta penegakan hukum, maka pemerintah mengeluarkan surat keputusan No. 35/MENLH/7/1995 tentang Program Kali Bersih (Prokasih).                                              

Program Kali Bersih (Prokasih) merupakan program kerja pengendalian pencemaran air sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya.
Sungai Prokasih adalah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ditetapkan akan dikendalikan pencemaran airnya melalui kegiatan Prokasih.
Ruas Sungai Prokasih adalah bagian dari Sungai Prokasih yang ditetapkan sebagai batas ruang lingkup kegiatan Prokasih.

4.    Tugas 1
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar !
1.      Jelaskan hubungan sungai yang tercemar dengan penyebaran penyakit?
2.      Sebutkan 3 kriteria air bersih?
3.      Apa yang melatar belakangi dibentuknya prokasih?
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan program kali bersih?
5.      Apa yang dimaksud sungai Prokasih?

5.    Rangkuman
a.  Program Kali Berih (Prokasih) merupakan program kerja pengendalian pencemaran air sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya.
b. Sungai Prokasih adalah Daerah Pengaliran Sungai (DPS) yang ditetapkan akan dikendalikan pencemaran airnya melalui kegiatan Prokasih.
c.   Ruas Sungai Prokasih adalah bagian dari Sungai Prokasih yang ditetapkan sebagai batas ruang lingkup kegiatan Prokasih.
d.  Undang-undang yang mengatur tentang pelaksanaan Prokasih yaitu surat keputusan No. 35/MENLH/7/1995 tentang Program Kali Bersih (Prokasih).            



KEGIATAN 2     :  Mendeskripsikan azas, tujuan dan sasaran program kali bersih

1.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari modul ini, kamu diharapkan dapat mendeskripsikan azas, tujuan dan sasaran program kali bersih

2.  Materi Pokok 
Untuk mencapai tujuan diatas kamu harus mempelajari Program Kali Bersih

3.  Uraian
PROGRAM KALI BERSIH

Azas Prokasih yaitu pelestarian fungsi lingkungan  perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.
Tujuan dari Prokasih adalah sebagai berikut :
a. Terciptanya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi air sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
b. Terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien.
c.    Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalian pencemaran air.

Sasaran dari Prokasih yaitu :
a. Menngkatnya kualitas air sungai pada setiap sungai prokasih minimal memenuhi baku mutu air sesuai dengan peruntukkannya.
b. Menurunkan beban limbah dari setiap sumber pencemar sampai minimal memenuhi baku mutu air limbah.
c. Menguatkan sistem kelembagaan dalam pelaksanaan prokasih.
Pemeliharaan Kali Bersih Merupakan Kewajiban Bagi Seluruh Masyarakat

Sumber penyebab Indonesia krisis air :
1.    Jumlah penduduk yang meningkat pesat
2.  Terjadinya degradasi lingkungan sebagai akibat pembabatan hutan yang dilakukan di Daerah Aliran Sungai (DAS)
3.    Terjadinya kemarau panjang
4.    Kualitas air yang mengalami penurunan cukup tajam di berbagai daerah karena kegiatan manusia

Upaya yang dapat kita lakukan dalam menunjang Prokasih yaitu:

1.    Melestarikan hutan di hulu sungai
2.    Tidak buang air di sungai atau kali
3. Tidak membuang sampah ke sungai atau kali
4. Tidak membuang limbah rumah tangga dan industri
5. Membuat septic tank untuk tempat pembuangan limbah cair yang sukar terurai
Kurangnya Kesadaran Sebagian Warga Untuk Memelihara Kali Bersih

         6.    Mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan kali
          7.  Menyadarkan teman akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya
4. Tugas 2
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.    Sebutkan azas pelaksanaan Prokasih?
2.    Sebutkan tujuan dari prokasih?
3.    Sebutkan sasaran dari prokasih?
4.    Sebutkan 3 sumber penyebab Indonesia menjadi krisis air?
5.    Berikan 3 contoh kegiatan yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan Prokasih?

5.    Rangkuman
a.     Azas Prokasih yaitu pelestarian fungsi lingkungan  perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.
b.        Tujuan dari Prokasih adalah sebagai berikut :
a.    Terciptanya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi air sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
b.    Terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien.
c.    Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalian pencemaran air.
c.       Sasaran dari Prokasih yaitu :
a.    Menngkatnya kualitas air sungai pada setiap sungai prokasih minimal memenuhi baku mutu air sesuai dengan peruntukkannya.
b.    Menurunkan beban limbah dari setiap sumber pencemar sampai minimal memenuhi baku mutu air limbah.
c.    Menguatkan sistem kelembagaan dalam pelaksanaan prokasih.


C. KUNCI TUGAS
NO TUGAS
NO SOAL
KUNCI JAWABAN
1
1.
Apabila air tercemar maka akan menjadi sarang penyakit, terutama menjangkiti anak-anak kecil, seperti berjangkitnya diare, penyakit kulit, bahkan wabah demam berdarah.

2.
Kriteria air bersih yaitu :
1.    Dari segi Fisis, yaitu pada kejernihan air, perubahan suhu, perubahan rasa, dan perubahan warna air.
2.    Dari segi Kimia, yaitu adanya zat kimia yang terlarut dan perubahan pH.
3.    Dari segi Biologi, yaitu, adanya mikroorganisme di dalam air tersebut.

3.
Kebutuhan air untuk berbagai keperluan cenderung meningkat. Air yang dibutuhkan tersebut adalah air yang berkualitas baik atau masih layak guna
Kebutuhan air tersebut sebagian besar didapat dari air sungai. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka pemerintah mengelurkan surat keputusan No. 35/MENLH/7/1995 tentang Program Kali Bersih (Prokasih).

4.
Program Kali Berih (Prokasih) merupakan program kerja pengendalian pencemaran air sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya

5.
Sungai Prokasih adalah Daerah Pengaliran Sungai (DPS) yang ditetapkan akan dikendalikan pencemaran airnya melalui kegiatan Prokasih.

2.
1.
Azas Prokasih yaitu pelestarian fungsi lingkungan  perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

2.
Tujuan dari Prokasih adalah sebagai berikut :
1.    Terciptanya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi air sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan.
2.    Terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien.
3.    Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalian pencemaran air.

3.
Sasaran dari Prokasih yaitu :
1.    Meningkatnya kualitas air sungai pada setiap sungai prokasih minimal memenuhi baku mutu air sesuai dengan peruntukkannya.
2.    Menurunkan beban limbah dari setiap sumber pencemar sampai minimal memenuhi baku mutu air limbah.
3.    Menguatkan sistem kelembagaan dalam pelaksanaan prokasih

4.
Penyebab Indonesia krisis air :
1.   Jumlah penduduk yang meningkat pesat
2.   Terjadinya degradasi lingkungan sebagai akibat pembabatan hutan yang dilakukan di Daerah Aliran Sungai (DAS)
3.   Terjadinya kemarau panjang

5.
Contoh kegiatan dalam melaksanakan Prokasih
1.    Melestarikan hutan di hulu sungai
2.    Tidak buang air di sungai atau kali
3.    Tidak membuang sampah ke sungai atau kali






 
GLOSARIUM


Program Kali Berih
: Merupakan program kerja pengendalian pencemaran air sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya.
Sungai Prokasih

: Daerah Aaliran Sungai (DAS) yang ditetapkan akan dikendalikan pencemaran airnya melalui kegiatan Prokasih.
Ruas Sungai Prokasih
: Bagian dari Sungai Prokasih yang ditetapkan sebagai batas ruang lingkup kegiatan Prokasih.
Azas Prokasih

: Pelestarian fungsi lingkungan  perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

 
DAFTAR PUSTAKA
Wijayati, Tatik.,dkk. 2010. Pendidikan Lingkungan Hidup kelas VII SMP/MTs.Bandung : Prisma Esta Utama
 Abas,Mohamad.,Herawan,Dedi. 2008. Pendidikan Lingkungan Hidup 1. Tasikmalaya: CV. MULTIPESONA GRAFIKA
 Ratnawati, Kania. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk SMP/MTs kelas VII. Bandung : CV.THURSINA

Website :
http://www.jatengprov.go.id                 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar